Alat Penghemat Listrik PLN Rumah

Membengkaknya biaya listrik sudah menjadi masalah klasik dalam rumah tangga, kalau sudah seperti itu biasanya masyarakat mensiasatinya dengan cara membeli barang rumah tangga yang memiliki kapasitas watt yang tidak terlalu besar atau dengan memasang alat penghemat listrik. Namun sebenarnya ada acara lain yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik salah satunya dengan membeli alat penghemat daya listrik. Di pasaran sebenarnya ada beberapa produk yang diklaim sebagai penurun daya listrik dan berikut ini adalah beberapa alat yang di klaim dapat menghemat daya listrik, berikut cara kerjanya dan efektivitasnya.

Pengertian Alat Penghemat Listrik / Kompensator Daya

Kompensator daya, atau biasa juga yang disebut dengan energy saver adalah alat yang biasa digunakan untuk menghemat listrik, dipasaran ada dua jenis kompensator yang dijual yaitu kompensator yang dipasang secara paralel dengan beban dan kompensator yang dipasang seri dengan beban.   

Harga alat penghemat listrik ini dijual dengan harga yang sangat bervariatif,  mulai dari Rp100 ribu-an hingga Rp2 juta-an, produsennya pun tidak hanya didominasi oleh produk asing saja, tetapi juga banyak dari dalam negeri.

Prinsip Cara Kerja Alat Penghemat Listrik / Penurun Daya Listrik

Lalu bagaimana prinsip cara kerja alat penghemat listrik / kompensator daya? Untuk kompensator berjenis paralel biasanya di dalamnya berisi kapasitor. Nah, kapasitor ini lah yang dapat berfungsi sebagai penurun daya listrik untuk mereduksi atau menurunkan lonjakan listrik ketika perangkat elektronik rumah tangga dinyalakan. Karena seperti kita ketahui, setiap peralatan elektronik di dalam rumah dinyalakan akan memunculkan lonjakan listrik sesaat, dan hal ini lah yang membuat daya listrik menjadi membengkak.

Jika alat penurun daya listrik ini dipasang pada rumah, penghematan yang dapat cukup bervariatif mulai dari 10 % hingga 40 %. Kondisi ini pun dapat dicapai jika faktor daya dari beban listrik di rumah tersebut sangat jelek.

Nah, untuk jenis kompensator daya yang dipasang seri dengan beban adalah sebuah alat penurun kerja beban, dengan cara menurunkan catu daya yang menyuplai peralatan elektronik yang terhubung dengan listrik.

Harapannya, dengan mengurangi suplai energi listrik ke barang-barang elektronik akan membuat hemat penggunaan listrik, jadi sebenarnya justru akan membuat performa alat elektronik menjadi kurang maksimal, bahkan akan membuat peralatan rumah tangga menjadi rusak.

 

Cara Membuat Alat Penghemat Listrik Sendiri 

Bagi Anda yang ingin menghemat biaya listrik, mungkin ada baiknya jika Anda membuat sendiri kompensator daya sendiri, karena sebenarnya membuat kompensator sangatlah mudah, caranya Anda hanya menyiapkan kotak box plastik yang dilengkapi dengan saklar dan sebuah steker yang dihubungkan dengan jala-jala PLN. Setelah itu, di dalam box, Anda pasang sebuah kapasitor dengan kapasitas 10uF dengan kapasitas hingga tegangan 400V, setelah dipasang baru kompensator bisa digunakan.