Teknologi di Olimpiade RIO 2016 Terinovatif yang Pernah Ada

Beberapa minggu ke depan, pelaksanaan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, akan segera dilaksanakan. Dalam ajang tersebut, publik tidak hanya dapat menyaksikan beragam pertandingan olahraga menarik, namun juga akan menikmati penggunaan beragam teknologi canggih yang dapat membantu kenyamanan saat menonton acara. Contohnya seperti digunakannya virtual reality, penghitung lap digital bawah air, video reviews, dan berbagai macam penemuan terbaru akan mengubah cara pengalaman kita menonton olahraga di era digital.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui teknologi canggih apa saja yang akan digunakan dalam event empat tahunan tersebut, berikut ini alasannya :    

Teknologi Virtual Reality

Satu bentuk inovasi yang saat ini sedang mengubah dunia dalam berbagai hal adalah Virtual Reality, VR. Dalam industri real estate, kami melihat bagaimana virtual reality memulai gelombang dan mentransformasi pengalaman dalam mencari hunian baru. Pergerakan yang sama sedang terjadi pada dunia olahraga. Tahun Olimpiade 2016 adalah Olimpiade  pertama yang akan menggunakan teknologi VR untuk menyiarkan tidak hanya upacara pembukaan maupun penutupan, namun juga beberapa acara olahraga di beberapa lokasi. Setiap hari, satu acara akan ditransmisi kepada audiens menggunakan VR. Yang Anda butuhkan hanyalah perlengkapan yang tepat dan sepasang kacamata VR!

Teknologi Pembayaran Contactless Payment Dengan Wearables

Mereka yang mengikuti Rio Games yang akan melakukan pembayaran di venue Olimpiade akan diarahkan untuk membayar menggunakan contactless payment, yang seringkali dicapai melalui penggunaan wearables. Diantaranya adalah gelang yang didesain spesial dengan tujuan untuk menjadikan pembayaran semakin efisien. Sponsor Visa dan teknologi Near Field Communications (NFC) membuatnya menjadi nyata.

Teknologi Playback  Pertandingan Bola Voli

Tahun ini bola voli akan menggunakan video review ketika panggilan wasit dipertanyakan. Adu argumen dihindari dengan menggunakan kemajuan teknologi playback. Wasit kedua akan melihat rekaman dari televisi pada saat yang tepat dalam permainan untuk memverifikasi poin yang ditantang. Replay akan ditampilkan di layar besar di arena ketika juri kedua mengulas tantangan tersebut, yang semakin menambah ketegangan acara.

Teknologi Pada Cabang Renang Olimpiade Rio

Di kolam renang Olimpiade Rio, penghitung lap otomatis (diproduksi oleh Omega) akan memungkinkan perenang untuk fokus dalam kecepatan mereka dan preforma mereka daripada menghitung lap. Dengan playback yang lebih baik dari sebelumnya, dan digital software di tangan, renang akan bergantung kepada perenang, akan tetapi teknologi yang mengatasi keseluruhannya. Setiap saat perenang berbalik, mereka dapat melihat hitungan lap mereka, mengurangi kekuatan mental mereka untuk menghitung diri mereka sendiri, dan memungkinkan mereka untuk secara komplit berada di zona dan siap melakukan yang terbaik.

Teknologi di Cabang Kano dan Dayung

Olahraga seperti kano dan dayung akan menggunakan teknologi GPS untuk tingkat yang lebih besar dari yang sebelumnya. Penonton akan memiliki akses singkat mengenai data balapan diantaranya seperti kecepatan tim, arah, dan seberapa baik mereka melakukan sesuatu yang berbeda dari lawan. Ini membuat olahraga semakin menarik untuk ditonton dan dimengerti.

Teknologi Laser di Cabang Tembak

Dalam tembak, teknologi laser pertama kalinya akan menggeser teknologi akustik. Terima kasih kepada sistem penilaian elektronik dan teknologi laser yang tepat, karena nilai dapat dikalkulasi ke millimeter. Sebagai pelengkap, teknologi ini digunakan dalam tembak untuk menjamin keamanan; (RFID) tags (menggunakan teknologi frekuensi radio) memungkinkan penyelenggara Olimpiade untuk memantau keberadaan yang pasti dari setiap senjata pada saat tertentu.

Teknologi di Olimpiade Angkat Beban

Mengenai angkat beban, kini akan memungkinkan untuk melihat performa dari atlet angkat beban hampir dari setiap sudut, terima kasih kepada penggunaan “camera dolly”. Penonton dapat melihat setiap gerakan dari pengangkat beban, dan sekali lagi, ini membuat pengalaman menonton yang lebih menarik dan menghibur.

Mengapa fokus menggunakan teknologi di Rio 2016?

Teknologi terbaru akan digunakan di Olimpiade dengan tujuan untuk membuat kompetisi lebih adil dan aman, yang secara bersamaan meningkatkan pengalaman pada pengunjung dan penonton. Alasan lainnya untuk menggunakan teknologi modern yang lebih baik adalah untuk mengurangi tapak jejak karbon dari Olimpiade. Banyak operasi di Rio yang akan dicapai melalui secure cloud. Lebih sedikit server yang akan digunakan, maka ini berkontribusi kepada Olimpiade untuk berdampak yang lebih sedikit bagi lingkungan dibandingkan dengan Olimpiade sebelumnya.