Tips Membeli Rumah Subsidi

Rumah subsidi memang bisa dijadikan solusi bagi mereka yang belum memiliki rumah karena mahalnya harga rumah yang dijual. Dengan membeli rumah subsidi, masyarakat bisa mendapatkan rumah dengan harga yang cukup terjangkau serta fasilitas kredit yang mudah.

Kendati dijual dengan harga terjangkau, sebaiknya Anda jangan asal membeli rumah subsidi, karena banyak rumah subsidi yang dijual dengan kondisi ala kadarnya. Contohnya seperti infrastruktur menuju lokasi yang kurang baik, atau masalah sanitasi.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada diri Anda, sebaiknya sebelum membeli rumah, Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini :

Pilih rumah yang tidak terlalu jauh dari kantor

Pilih lah lokasi rumah yang tidak terlalu jauh dari tempat bekerja, hal ini sangat penting, karena jangan sampai Anda harus mengeluarkan biaya besar untuk ongkos pergi kekantor atapun stress karena keletihan.

Lihat track record pengembang

Saat ini banyak sekali pengembang yang memproduksi rumah subsidi, pastikan bahwa pengembang tersebut memang memiliki pengalaman yang baik membangun rumah. Tanyakan kepada pengembang kapan rumah yang sudah dibeli akan selesai dibangun. Biasanya pembuatan rumah subsidi cukup cepat tidak sampai satu tahun.

Periksa kondisi air

Saat selesai dibangun, biasanya rumah subsidi tidak langsung dipasang jaringan listrik ataupun air, untuk itu pastikan kepada pihak pengembang agar segera memasangkan aliran air dan listrik, jangan sampai setelah ditinggali Anda akan bingung untuk mencari air.

Pastikan kualitas bangunan baik

Pastikan rumah memiliki kualitas material yang baik, bagi mereka yang membeli rumah subsidi dengan cara inden, sebaiknya harus sering datang ke lokasi dibangun rumah. Di sana Anda bisa memantau langsung proses dibangunnya rumah dan melihat secara langsung apakah bahan material yang digunakan sudah sesuai dengan yang dijanjikan oleh pengembang.  

Periksa septic tank

Selain itu yang perlu diperhatikan adalah urusan sanitasi, pastikan septic tank dibuat dengan ukuran yang selayaknya yakni minimal 1,5 meter ke bangunan.Sementara jarak dari septic tank ke sumur pompa air bersih minimal 10 meter.

Pilih rumah jauh dari banjir

Pilihlah rumah subsidi yang jauh dari lokasi rawan banjir, karena kendati dibeli dengan harga yang terjangkau, pasti Anda tidak mau setiap musim hujan harus kerja bakti membersihkan rumah bukan? Selain itu, guna memudahkan aktifitas Anda sebaiknya pilihlah lokasi rumah yang dapat dilalui oleh alat transportasi umum.

Lihat juga : Daftar Rumah Subsidi Terlengkap di Indonesia

Picture by Novriyadi/Lamudi