Daftar Tanaman Aquascape, Mudah Dirawat Pemula!

tanaman aquascape
Ilustrasi foto: shutterstock

Saat membangun aquascape, banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah tanaman yang akan diletakkan di dalamnya. Misalnya, Anda melihat tanaman aquascape cantik di internet. Kemudian ingin juga diletakkan pada aquascape Anda. Tetapi ternyata tangki Anda terlalu kecil sehingga tanaman tersebut tidak dapat masuk.

Tidak hanya itu, tidak semua tanaman mudah dirawat. Ada jenis tanaman yang harus Anda perhatikan dari sisi suhu air, pencahayaan, cara merawat, hingga waktu perawatan tersebut.

Maka dari itu, sebaiknya Anda membaca artikel ini terlebih dahulu untuk mengetahui tanaman aquascape yang cocok untuk pemula. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

Java Moss

Sumber: pinterest

Pertama ada Java Moss. Sebelum lebih dalam, Anda harus tahu tanaman aquascape jenis Moss. Tanaman ini biasanya berbentuk lumut dan biasanya menempel pada kayu dan batu. Nah Java Moss adalah satu dari banyak Moss Aquascape. 

Tanaman aquascape tanpa CO2 ini cocok digunakan pemula karena perawatannya mudah. Java Moss dapat beradaptasi di berbagai macam pencahayaan dan suhu. Biasanya, mereka tumbuh cantik di suhu 22-24 derajat celcius. Karena lumut, mereka dapat tumbuh menyesuaikan pada kayu apung dan batuan. Jika sudah lebat, Java Moss digunakan ikan-ikan untuk bersembunyi, berlindung hingga bertelur. Sangat cantik!

Bucephalandra Black Phantom

Sumber: pinterest

Kedua adalah Bucephalandra Black Phantom. Sering dijumpai di toko aquascape dan rata-rata penjual akan merekomendasikan tanaman ini. Hal tersebut dikarenakan Bucephalandra Black Phantom tidak membutuhkan CO2 berlebih untuk bisa hidup. Warnanya yang cantik dapat diletakkan bagian depan aquascape.

Christmas Moss

Sumber: aquascape batang

Selanjutnya ada Christmas Moss. Tanaman ini sangat diminati banyak aquascaper karena tanpa CO2 pun, dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, pertumbuhannya sangat cepat. Semakin terang pencahayaan, semakin cepat tumbuhnya. Sementara dari bentuk, Christmas Moss mirip tanaman Peacock Moss yang sangat cantik. 

Lilaeopsis

Sumber: 3bp

Keempat ada Lilaeopsis. Jenis tanaman aquascape ini berbentuk rumput yang sering Anda temui di sekitar rumah. Bedanya, rumput ini sangat cepat tumbuh di dalam aquarium, dan bahkan panjangnya bisa mencapai 5 cm. Maka dari itu, Anda harus rajin memangkasnya secara berkala. 

Amazon Sword

Sumber: lovedfish

Amazon Sword adalah sebuah pohon aquascape yang tumbuh menjulur ke atas. Sama seperti namanya, daun pohon ini berbentuk pedang. Sangat cantik, Anda dapat meletakkan pohon ini di bagian belakang tanaman lainnya.

Bacopa SP Colorata

Sumber: sukaikan

Kalau aquascape Anda sudah dipenuhi tanaman hijau, percantik lagi dengan Bacopa SP Colorata ini. Tanaman ini berwarna merah maroon dan dapat Anda letakkan di tengah-tengah aquarium. Cara perawatannya pun mudah. Anda hanya memerlukan cahaya dan CO2 dengan intensitas sedang.

Hygrophila Polysperma

Sumber: fishlaboratory

Pohon aquascape terakhir adalah Hygrophila Polysperma.Tanaman ini juga menjadi salah satu yang paling diminati aquascaper, terutama pemula. Hal tersebut karena Anda tidak memerlukan intensitas cahaya terlalu tinggi untuk tumbuh. Selain itu, Hygrophila Polysperma juga dapat hidup meski bagian atasnya tidak terkena air aquarium.

Baca Juga: Daftar Desain Aquarium Menarik