9 Jenis Ikan Mas Koki untuk Dipelihara di Rumah

jenis ikan mas koki
Ilustrasi Foto: pixabay

Jenis ikan mas koki yang cocok dipelihara di rumah.

Banyak hobi yang dapat Anda lakukan di rumah, salah satunya adalah memelihara hewan. Kalau kucing atau anjing terlalu sulit, Anda dapat mencoba ikan mas koki. Ya, memelihara ikan menjadi hobi paling favorit saat ini.

Mengapa? alasannya adalah perawatan ikan mas koki jauh lebih mudah. Anda hanya perlu membersihkan aquarium satu atau dua minggu sekali. Itu pun tidak memakan waktu lama. Selain itu, dalam sebuah studi mengatakan bahwa memiliki aquarium dengan beragam ikan di dalamnya dapat merelaksasikan pikiran dan meningkatkan mood Anda.

Berbagai ikan dapat Anda pilih. 80% datang dari ikan air tawar dan sisanya air payau atau laut. Tetapi sebaiknya Anda memilih ikan air tawar supaya lebih mudah merawatnya. Nah salah satu ikan yang menjadi favorit semua orang adalah ikan mas koki.

Anda mungkin berpikir bahwa jenis ikan mas koki hanya itu-itu saja. Padahal, kalau dilihat lebih dalam ada lebih dari lima jenis! Apa saja? Berikut ini adalah penjelasan jenis jenis ikan mas koki beserta harganya:

Jenis Ikan Mas Koki Oranda

Sumber: ivanruna

Bentuknya yang unik dan cantik membuat jenis Ikan Mas Koki Oranda digemari banyak orang. Unik karena terdapat gumpalan merah di kepala serta warnanya putih mendominasi. Ekornya yang panjang membuat Oranda sangat cantik. 

Harga Ikan Mas Koki Oranda: Rp 40.000 – Rp 50.000 per ekor

Jenis Ikan Mas Koki Mutiara

Sumber: duniaq

Selanjutnya adalah Ikan Mas Koki Mutiara atau sering disebut sebagai pearlscale. Jenis ini tidak hanya digemari para amatur aquascape, tetapi sampai para profesional. Terdapat ciri khas dari Mas Koki Mutiara, yakni memiliki sisik berbentuk mutiara. Cantik, ditambah lagi bentuknya yang kecil membuat ikan koki ini lucu saat berenang.

Harga Jenis Ikan Mas Koki Mutiara: Rp 10.000 – Rp 50.000 per ekor

Jenis Ikan Mas Koki Hitam (Black Moor)

Sumber: anakmadiun

Sesuai namanya, jenis Ikan Mas Koki Hitam memiliki warna hitam pekat di seluruh tubuhnya. Ikan koki ini cocok dipelihara pemula karena sangat tangguh. Mereka dapat hidup hingga 25 tahun! Meski menyatu dengan jenis ikan lain, black moor akan tetap terlihat menawan karena sangat menonjol. 

Harga Jenis Ikan Mas Koki Hitam: Rp 5.000 – Rp 25.000 per ekor

Ikan Mas Koki Lionhead

Sumber: infoikan

Jenis mas koki ini juga laku di pasaran. Bentuknya lucu karena memiliki ujung kepala seperti buah berry. Selain itu, lionhead juga tidak memiliki sirip atas. Anda yang ingin memeliharanya di rumah tidak perlu khawatir cepat mati, karena lionhead dapat hidup lama. Bahkan semakin lama badannya semakin panjang dan gemuk.

Harga Jenis Ikan Mas Lionhead: Rp 50.000 per ekor

Ikan Mas Koki Ekor Mackerel

Sumber: fishkeepingnews

Bentuk Ikan Mas Koki Mackerel tidak jauh berbeda seperti Ryunin. Hanya saja kalau ikan ini lebih mudah ditemukan di toko-toko ikan terdekat. Sesuai namanya, bentuk ekornya mirip dengan mackerel. Hal ini membuat harganya relatif tinggi.

Harga Jenis Ikan Mas Mackerel: Rp 40.000 – Rp 45.000 per ekor

Ikan Mas Koki Telur (The Egg Fish)

Sumber: kingkoigoldfish

Egg fish menjadi salah satu ikan mas koki yang paling digemari pemula aquascape. Hal tersebut dikarenakan harganya yang terjangkau. Selain itu mereka dapat bertahan hidup lama. Dari bentuknya, tubuhnya bulat serta tidak memiliki sirip. Kalau berada di aquarium berukuran besar, cara mereka berenang sangat lucu.

Harga Ikan Mas Koki Telur: Rp 10.000 per ekor

Ikan Mas Koki Mini

Sumber: arafuru

Sesuai namanya, Ikan Mas Koki Mini memiliki tubuh yang kecil. Kalau Anda ingin membelinya, sebaiknya dalam jumlah banyak. Kalau hanya membeli satu, Anda tidak bisa melihat keindahan mereka di dalam aquarium. Dengan sirip mereka yang sedikit serta bentuknya bulat nan gemuk, ikan mas koki mini ini sangat lucu.

Harga Ikan Mas Koki Mini: Rp 20.000 per ekor

Fantail Goldfish

Sumber: aquariumsource

Menjadi primadona dalam dunia ikan mas koki, fantail goldfish sangat diminati banyak kalangan. Bentuknya sangat menawan karena ekornya yang memiliki ekor empat kali lebih panjang dari tubuhnya. Bahkan kalau diukur, bisa mencapai 20 cm. 

Harga Fantail Goldfish: Rp 30.000 per ekor

Jenis Ikan Mas Koki Ryukin

Sumber: dictio

Terakhir ada jenis Ryukin. Jenis ikan mas koki ini berasal dari Jepang dan masuk ke dalam kategori langka, tidak semua tempat jual beli ikan menjualnya. Bentuknya yang seperti ikan koi membuat Ryukin sangat cantik. Ditambah lagi sirip yang lebar membuat Ryukin nikmat dipandang terus menerus.

Harga Jenis Ikan Mas Koki Ryukin: Rp 100.000 – Rp 200.000 per ekor

Baca Juga: Daftar Tanaman Aquascape, Mudah Dirawat Pemula!