Interview: Alek Lisefski pada Proyek Rumah Mini

Akhir tahun lalu, Alex lisefski dan rekannya merampingkan kehidupannya secara dramatis. Mereka terinspirasi untuk menyederhanakan kehidupannya, mengurangi biaya dan berhubungan kembali dengan alam, keduanya pindah ke sebuah rumah yang dibangun dibelakang trailer berukuran 2.4 x 6.1 meter.

Dengan terbatasnya ruang gerak dan penyimpanan, pasangan ini percaya kalau hal ini dapat memaksa mereka untuk memiliki lebih sedikit, mengkonsumsi lebih sedikit, dan menghabiskan waktu lebih banyak lagi diluar. Properti tersebut – jika bisa dibilang seperti itu – memiliki hampir semua kenyamanan rumah layak yang dijejali ke seperempat ukuran normal. Rumah ini dirancang dengan memikirkan keramahan lingkungan, dengan fitur seperti kamar mandi pengomposan buatan sendiri dan atap lipat untuk menaungi jendela dari teriknya sorotan cahaya matahari.

Alek, seorang web desainer yang berbasis di Amerika mendokumentasikan Tiny Project online dengan harapan untuk memberi inspirasi kepada orang lain untuk membangun rumah miniaturnya sendiri. Hari ini, ia membagi ceritanya dengan Lamudi tentang bagaimana proyek ini telah mengubah hidupnya ke arah yang lebih baik.

Berapa lama Anda telah tinggal di rumah mungil ini? Bagaimana kabarnya?

© Alek Lisefski
© Alek Lisefski

Kami telah tinggal disini semenjak bulan Desember 2013. Semuanya berjalan dengan baik. Kami dapat membiasakan diri dengan kecilnya ruang tinggal ini dengan cepat, dan memiliki semua keperluan pokok dimana sekarang kami parkir. Kami telah bertemu dengan pasangan baik yang mengizinkan kami untuk tinggal di halaman belakang rumahnya, dengan melakukan pekerjaan untuk halaman belakang rumah sebagai ganti izin parkirnya.

 

Anda berkata kalau tinggal di tempat kecil seperti ini akan memaksa untuk hidup “lebih sederhana, lebih terorganisir dan efisien” Apakah itu telah berhasil dicapai?

© Alek Lisefski
© Alek Lisefski

Saya rasa hal ini benar. Hidup saya telah banyak berubah dibandingkan sebelumnya – Saya masih memiliki semua yang saya perlukan, tetapi saya merasa telah berhasil meninggalkan hal yang dirasa tidak perlu. Ini membuat saya berpikir tentang apa yang sebenarnya perlu di dalam hidup dan mencari tahu kemanakah harus saya bawa prioritas perhatian saya.

 

Efek lain apa dari proyek ini yang Anda rasakan?

© Alek Lisefski
© Alek Lisefski

Tidak semua efek baik, terkadang ini memperburuk beberapa hal. Sebagai contoh, proyek ini mengingkatkan intensitas hubungan yang berada di dalam ruang sempit setiap waktu. Tidak ada tempat untuk bersembunyi, yang juga merupakan sebuah hal yang baik karena ini memaksa kami untuk menyelesaikan masalah yang ada pada saat itu juga. Untuk membantu menemukan keseimbangan, saya dan pacar saya harus pandai mengatur waktu bergantian mengambil waktu di luar rumah pada waktu tertentu, untuk memberikan privasi dan ruang tenang kepada satu sama lain. Kami melakukan aktivitas di rumah pada sebagian waktu hari kami, jadi saling berbagi tempat ini juga merupakan tantangan.

 

Apakah tren rumah mungil semakin marak?

© Alek Lisefski
© Alek Lisefski

Respon dari orang-orang sangatlah positif. Banyak sekali yang tertarik pada rumah mungil kami, dan rumah mungil pada umumnya. Saya rasa hal ini akan menjadi besar! Saya percaya rumah mungil akan memainkan suatu peran yang menciptakan tempat tinggal yang lebih berkesinambungan dan terjangkau di kemudian hari.

Kemana arah mana prospek yang Anda lihat tentang proyek ini?

© Alek Lisefski
© Alek Lisefski

Sejauh ini saya telah mulai menjual rencana dan ide untuk rumah ini lewat website dan juga album foto saya. Saya berencana untuk terus menambah ide ini ke website sebagai sumber yang selalu berkembang untuk orang lain yang tertarik pada konsep rumah mungil. Pada rumah saya, akan saya tambahkan atap lipat ke sisi lain dari rumah, untuk menambahkan ruang tinggal di luar rumah. Suatu hari nanti saya juga berencana untuk menambahkan panel tenaga surya untuk mengarahkan konsep ke arah kemandirian energi. Saya mau terus melibatkan diri dengan cara apapun untuk membantu orang lain yang memiliki kesamaan proyek, dan yang ingin belajar untuk hidup lebih sederhana dan berkelanjutan; juga yang mendukung orang di sekitar saya, dan planet ini sepenuhnya.