Di dalam kastil dongeng di kehidupan nyata yang menginspirasikan Disney

Jika kita menyebut kata ‘Kastil Disney’ maka kebanyakan orang akan membayangkan istana megah negeri dongeng beserta dengan putri dan pangerannya. Tetapi negeri khayalan Disney menawarkan lebih dari itu: istana dimodel dari Taj Mahal, benteng bawah air penyihir laut jahat dan kastil yang menyimpan sejuta misteri.

Hari ini kita akan melihat beberapa properti yang memberikan inspirasi kepada kastil dan istana yang terdapat di film layar lebar dan taman bermain Disney.

 

Kastil Neuschwanstein, Jerman

© Shutterstock
© Shutterstock

Inspirasi untuk:  Kastil Sleeping Beauty, Disneyland

Istana abad ke 19 di Fussen ini dibangun oleh Ludwig II dari Bavaria sebagai tempat peristirahatan dan untuk menghormati komposer Richard Wagner. Kastil ini telah difitur pada beberapa film dan telah menjadi inspirasi bagi Kastil Putri Tidur Disneyland. Walt Disney telah dilaporkan terinspirasi untuk membangun taman bermain bertema kastil sekembalinya dari perjalanannya ke Eropa bersama dengan istrinya Lilian.

 

The Taj Mahal, India

© Shutterstock
© Shutterstock

Inspirasi untuk: Istana Sultan Aladdin

Coba jujur, gadis berumur 10 tahun mana pada tahun 1990 yang tidak mau hidup seperti Putri Jasmine? Dan tidaklah heran: berdasarkan Taj Mahal, istana ayahnya ini berkuasa di atas kota khayalan Agrabah. Dengan didominasi oleh warna putih yang mencerminkan marmer putih makam megah di India, istana Sultan ini dihiasi dengan beberapa seri atap emas, yang berlokasi diantara dinding istana dan dikelilingi dengan taman yang cantik.

 

Alcázar di Segovia, Spain

© Shutterstock
© Shutterstock

Inspirasi untuk: Kastil Cinderella

Berbentuk seperti haluan kapal, susunan bebatuan yang luar biasa ini adalah salah satu titik sejarah yang dilindungi UNESCO. Kastil Segovia adalah satu dari banyak yang menginspirasikan Kastil di kisah Cinderella Disney yang sangat terkenal. Kastil ini menjadi pusat perhatian di dua taman bermain Disney: The Magic Kingdom di Amerika dan Tokyo Disneyland. Kepala designer Herbert Ryman juga mendapatkan inspirasinya dari istana pada film Cinderella mula-mula di tahun 1950.

 

Ice Hotel, Quebec

© Simon le nippon/Flickr
© Simon le nippon/Flickr

Inspirasi untuk: Frozen

Hotel yang terbuat dari es, atau Hotel de Glace dalam bahasa Perancis, memberikan inspirasi kepada salah satu film Disney yang paling mengesankan akhir-akhir ini. Interior istana es di film Frozen ini diinspirasikan dari Ice Hotel di Quebec, bangunan yang terbuat sepenuhnya dari balok- balok es – satu-satunya di Amerika Utara.