7 Cara Mengusir Tokek di Rumah, Bahannya Mudah Ditemukan!

cara mengusir tokek
Ilustrasi cara mengusir tokek di rumah (Sumber: Freepik)

Kehadiran tokek di dalam rumah tentunya sangat mengganggu, binatang yang masih satu famili dengan cicak ini akan sering mengeluarkan suara berisik sehingga dapat mengganggu pemilik rumah. Nah, bagi Anda sering terganggu dengan tokek, berikut ini adalah cara mengusir tokek di rumah. 

Cara Mengusir Tokek 

Serbuk Tembakau 

Tahukah Anda ternyata tokek sangat takut dengan tembakau, bau tembakau yang menyengat akan membuat tokek segera lari keluar rumah. Caranya mengusir tokek dengan tembakau sangat mudah, Anda bisa menaburkan serbuk tembakau ditempat yang biasa dilalui oleh tokek. 

Cangkang Telur 

Tokek juga tidak menyukai bau amis dari telur, untuk itu Anda bisa memanfaatkan cangkang telur untuk mengusir tokek. Caranya hancurkan cangkang telur hingga halus, kemudian masukan ke dalam plastik yang telah dilubangi, lalu ikat plastik tersebut dan gantung di setiap sudut ruangan.   

Bawang Merah dan Putih 

Bau menyengat bawang merah dan putih ternyata bisa membuat tokek lari. Anda bisa memotong satu siung bawah merah dan putih letakan di setiap sudut ruangan.    

Lada 

Cara mengusir tokek lainnya adalah dengan menggunakan lada, bau lada yang pedas akan membuat tokek pergi. Caranya  masukan bubuk lada ke dalam plastik yang telah dilubangi kemudian gantung pada bagian rumah yang sering dilalui tokek. 

Kapur Barus 

Kapur barus atau kamper juga tidak disukai oleh tokek, aroma kapur barus akan membuat tokek lari. Cara mengusir tokek dengan menggunakan kapur barus sangat mudah, cukup taburkan kapur barus pada tempat yang sering dilalui tokek. 

Cabai

Tokek juga tidak menyukai aroma cabai, Anda bisa menggunakan bubuk cabai untuk mengusir tokek, atau juga bisa menggunakan air campuran cabai dan kemudian menyemprotkannya pada bagian rumah yang sering dilewati oleh tokek.  

Ampas Kopi 

Bau kopi juga tidak disukai oleh tokek, taruhlah bubuk kopi di piring kecil kemudian diletakkan pada tempat-yang sering dilalui tokek. Anda juga bisa menggunakan biji kopi yang diikat pada plastik yang telah dilubangi.      

Baca Juga : Bahan Alami! Berikut 7 Cara Mengusir Semut Ampuh