86

Tanah Dijual di Pontianak | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter
  1. Pontianak
  2. Lahan
  3. Jual

Kelonggaran Investasi Jual Beli Tanah di Pontianak

Tanah Dijual di Pontianak

Terletak pada lintasan garis khatulistiwa dengan topografi yang didominasi oleh dataran rendah, Kota Pontianak terletak di kawasan pantai barat Provinsi Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Selat Karimata. Kota yang dijuluki Kota Khatulistiwa ini terbagi atas tiga belahan karena pemisahan wilayah dari tiga sungai (Sungai Kapuas besar, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Landak).

Selama lima tahun terakhir, jumlah penduduk di Pontianak terus bertambah. Selain jumlah penduduk, beberapa pembangunan infrastruktur pun juga kian tumbuh. Pembangunan infrastruktur Pontianak kini berfokus pada penambahan, peningkatan, dan pemeliharaan jalan dan jembatan, pemasangan jaringan pipa air bersih, pembangunan ruang terbuka hijau (RTH), pembangunan waterfront dan sebagainya.

Dalam sejumlah pembangunan infrastruktur, Pontianak juga membenahi tata ruang di kotanya. Hingga kini kawasan kumuh di Pontianak hanya tinggal 0,6% atau sekitar 60 hektare berkat program pengentasan kawasan kumuh dalam 100-0-100 (100% akses air bersih, 0% kawasan kumuh, 100 % sanitasi).

Terobosan dalam pengembangan kota juga diikuti oleh beberapa segmen lain, contohnya adalah mengenai perizinan pembangunan rumah dan jual beli lahan. Dalam perizinan pembangunan rumah, Pontianak merupakan salah satu wilayah yang memberikan kelonggaran perizinan pembangunan rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sedangkan dalam segmen jual beli lahan, Pontianak telah membebaskan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) bagi beberapa golongan.

 

Ragam Tanah Dijual di Pontianak

Kavling Dijual di Kawasan Bisnis Pontianak

Dua poin kelonggaran berdampak pada manuver investasi jual beli lahan di Pontianak maupun di areal yang berada di dekatnya. Berdasarkan penelusuran Lamudi, areal jual lahan yang terletak di Kota paling banyak ditemukan di kecamatan Pontianak Selatan dan Pontianak Barat, sedangkan untuk areal di luar kota Pontianak, diantaranya adalah Sungai Pinyuh, Sungai Raya, dan sekitaran Jalan Arteri Supadio.

Berikut adalah beberapa harga jual tanah di Pontianak:

  • Harga lahan murah di sekitaran Pontianak berlokasi di kecamatan Sungai Pinyuh, dijual seharga Rp130.000 per meter persegi. Lokasi lahan berada dekat Jalan Sungai Purun (Jalan Sei) dan tidak jauh dari Jalan Lintas Kalimantan Poros Tengah (Trans Kalimantan).
  • Lahan murah di tengah kota berada di kawasan strategis Jalan Ahmad Yani, Pontianak Barat, seluas 200m2 (10mx20m). Harga dibanderol Rp25.000.000, hanya tersisa 11 Kavling.
  • Dijual lahan untuk membangun rumah mewah, kos-kosan, atau hotel budget, seluas 1.500 m2 (30 m x 50 m) dengan status Sertifikat Hak Milik (SHM). Berlokasi di kawasan elit Jalan Ahmad Yani, dekat pusat pemerintahan dan pusat perkantoran serta akses jalan utama ke Bandara Supadio. Lahan dapat dimiliki dengan harga Rp5.000.000.000.
  • Ingin membangun rukan di pusat kota Pontianak? Dijual tanah seluas 4.210 m2 SHM di Jalan Ayani 2 dekat akses jalan penghubung ke Jalan Trans Kalimantan dan jalan ke Bandara Supadio. Lokasi berada di dalam kawasan bisnis dan dekat dengan Mall Trans Mart baru. Harga dibanderol Rp2.500.000 per meter persegi

 

Memuat Hasil