86

Tanah Dijual di Jatinangor , Kota Sumedang | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter Hapus semua
  1. Jatinangor
  2. Lahan
  3. Jual

Memuat Hasil

Jual Tanah Jatinangor - Kini Jadi Tempat Berdiri Kampus Ternama

tanah dijual di jatinangor

Sebuah kecamatan di Kabupaten Sumedang bernama Jatinangor dulunya adalah areal perkebunan teh juga karet. Pada zaman penjajahan, perkebunan tsb dikuasai oleh perusahaan swasta milik Belanda yg berdiri pada tahun 1841 dan luasnya mencapai 962 hektar. Tahun 1916, dibangunlah jalur kereta awalnya digunakan hanya untuk mempermudah pengangkutan hasil dari kebun teh juga karet, tetapi karena pihak militer meminta bahwa kereta api itu bisa untuk dijadikan alat transportasi umum maka dari rencana awal rute hanya dari Rancaekek ke Jatinangor, diperpanjang jadi Rancaekek - Tanjungsari.

Namun pada masa kemerdekaan, perkebunan itu dinasionalisasikan menjadi milik pemerintah Indonesia dan mulai tahun 1990, mulailah dibangun kampus - kampus. Ada empat perguruan tinggi yang dibangun dlm wilayah Jatinangor yakni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Institut Koperasi Manajemen Indonesia (IKOPIN), Universitas Padjajaran serta Universitas Winaya Mukti. Sejak pembangunan itulah kemudian pemanfaatan tanah dijual Jatinangor kemudian banyak mengalami perubahan dari perkebunan menjadi rumah, ruko jg pusat perbelanjaan. Tanah mulai diperjualbelikan pd Jatinangor dan berhasil menggaet banyak peminat.

Pemanfaatan Tanah Dijual di Jatinangor yang Makin Menipis

Jika pada zaman dulu pemanfaatan tanah di Jatinangor sebagian besar ialah untuk perkebunan serta pertanian, maka kini berbeda. Lahan yang digunakan untuk kebun juga bertani jumlahnya sudah berkurang drastis. Tentu ada kelebihan jg kekurangannya. Kelebihannya, jual tanah Jatinangor semakin berkembang dan kawasan tsb semakin gencar dipenuhi oleh pembangunan. Sedangkan kekurangannya adalah menjadi sulit untuk menggarap bisnis pertanian dan perkebunan Jatinangor karena lahan tersedianya tak terlalu banyak. Sehingga menyebabkan lahan tersisa tuk pertanian harus dpt digarap seefektif juga seefisien mungkin. Apalagi dengan slogan yg selama ini digaungkan bahwa Indonesia adalah negara agraris.

Selain itu, pemanfaatan lahan buat perkebunan juga bisa mendukung ketahanan pangan. Tapi pada 2005 lalu, Jatinangor dikukuhkan menjadi salah satu kota metropolitan. Tak pelak, jumlah tanah dijual di Jatinangor juga makin banyak serta jadi incaran. Apalagi ditengah gempuran pembangunan rumah murah, makin banyak tanah dijual kemudian dibeli lalu diubah jadi pemukiman layak huni buat banyak keluarga kelas menengah kebawah agar bisa memiliki rumah sendiri. Selain itu, tentu saja ada yg beli tanah tuk membangun tempat bisnis selanjutnya. Misalnya pabrik, ruko, atau pertokoan.

Ragam Opsi dan Variasi Tanah Dijual di Jatinangor

jual beli tanah jatinangor

Jual tanah Jatinangor daerah KORPRI seluas 400 meter dgn harga hanya 1.2 juta per meternya. Hanya 5 menit saja dari kampus - kampus ternama. Saat ini bentuk jual tanah masih berupa persawahan, tapi kedepannya akan sangat prospektif jika dibangun usaha kos - kosan. Akses jalan pun dilewati oleh jalur angkot, sehingga tidak akan sulit melakukan mobilisasi disini. Jika Anda tidak mau membangun kos, jual beli tanah tsb juga prospektif buat dijual kembali satu saat nanti.

Jual tanah berikutnya juga berada tak jauh dari kawasan kampus. Sangat dekat ke pusat perbelanjaan Yogya dan juga Jatos. Lingkungan nyaman, udara sejuk dan juga segar. Sangat baik dijadikan opsi investasi, area sekitar sudah dipenuhi oleh kos - kosan eksklusif dengan harga kontrak 12 - 15 juta setahun. Bentuk tanah kotak dan matang. Sertifikat sudah SHM. Kondisi tanah dijual sudah siap bangun. Luas total 150 meter persegi dan dibanderol 525 jt. Lokasi premium, luas jual beli tanah mumpuni serta banderol harga tak terlalu tinggi membuatnya jadi magnet bagi banyak investor.

Berjarak hanya 400 meter dari Kampus Unpad, sebidang lahan seluas 340 meter persegi dipasarkan kepada khalayak dengan banderol 1.1 miliar saja. Tentu ini merupakan jarak yg sangat dekat dan apabila tanah dijual ini dijadikan indekos, pasti akan selalu ramai peminat. Untuk mahasiswa juga mahasiswi Unpad, lahan ini akan jadi incaran buat kamar kos. Karena hanya perlu jalan kaki, mereka sudah bisa mencapai kampus. Bila tidak dibangun kos, maka opsi bangun ruko kecil untuk buka usaha seperti laundry pun patut diperhitungkan.

Jual tanah Jatinangor area Hegarmanah dengan penawaran 4 jutaan per meter. Tentu saja dekat ke kawasan pendidikan. Juga tak jauh dari Jalan Provinsi. Luas jual beli tanah tsb adalah 307 meter persegi. Akses jalan tak masuk mobil, hanya bisa dilalui motor. Kurang cocok dibangun ruko karena keterjangkauannya tidak begitu fleksibel. Tapi tetap menjanjikan buat dibangun rumah tinggal atau indekos. Area sekitar sudah dipenuhi bangunan tempat tinggal.

Jual tanah belakang apartemen Skyland dgn luas 845 m persegi di angka 2.1 miliar. Akses jalan tak hanya satu tapi banyak. Legalitas sudah berupa SHM, siap bangun. Diperjualbelikan tanpa perantara. Kenaikan harganya pun cukup signifikan dari tahun ke tahun, bisa dijual lagi per kavling nantinya oleh Anda. Pemanfaatannya cukup beragam sebab luas tanahnya jg sangat besar, berbeda dgn opsi sebelumnya yang hanya 100 sampai 200 meter saja.