4366

Jual Tanah di Bogor Termurah & Terlengkap | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter
  1. Bogor
  2. Lahan
  3. Jual

Cari Harga Jual Tanah di Bogor Lainnya

Rp 200.000.000 Rp 300.000.000 Rp 400.000.000 Rp 500.000.000
Rp 600.000.000 Rp 700.000.000 Rp 800.000.000 Rp 900.000.000 

 

Tentang Kota & Bisnis Jual Tanah di Bogor

Bogor merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Barat, area ini menjadi bagian dari kota penyangga Jakarta, jaraknya hanya 59 km dari ibu kota negara. Daerah berjuluk Kota Hujan ini memiliki luas area mencapai 118.50 kilometer persegi dengan jumlah penduduk mencapai 1.030.720 jiwa.     

Kota Bogor terletak pada ketinggian 190 sampai 330 meter dari permukaan laut, cuaca disana terasa sangat sejuk dengan rata-rata  26 °C dan kelembaban udaranya kurang lebih 70%. Ademnya cuaca diBogor memang tidak terlepas dari seringnya kawasan ini diguyur hujan, terutama dibulan September - Februari.     

Dari sektor ekonomi, bisa dibilang pertumbuhan perekonomian kota ini terus meningkat. Contohnya pada tahun 2002 lalu pertumbuhan ekonomi disana 5,78% kemudian meningkat menjadi 6,07% pada tahun 2003. PDRB (Nilai Produk Domestik regional Bruto Bogor) Bogor adalah sektor keuangan, penyewaan dan jasa perusahaan 12,35, pertanian 0,40%, komunikasi 10,62%, industri pengolahan 26,44%, listrik, gas dan air bersih 3,06%, perdagangan, hotel dan restoran 31,27%, sektor bangunan sebesar 8,50%.

Salah satu bisnis yang menjanjikan untuk dijalankan di sana adalah properti, terutama urusan jual-beli tanah, belakangan saat ini banyak investor yang mulai memburu tanah disana untuk membangun pemukiman ataupun perdagangan. Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat mengapa bisnis jual tanah pada kota ini begitu diminati, salah satunya seperti dekatnya jarak antara lokasi dengan Jakarta serta murahnya harga lahan.

Tingginya potensi bisnis jual tanah pada kota Bogor akhir membuat harga tanah diarea tersebut terus terkerek naik. Setiap tahunnya harga tanah disana naik 10% hingga 45%. Kenaikan tersebut ternyata tidak hanya terjadi pada kawasan kota, namun juga sudah merambat hingga wilayah kabupaten.

Trend Pencarian Jual Tanah di Bogor

Portal properti Lamudi, sepanjang tahun 2018 lalu melakukan survei untuk mengetahui minat membeli tanah diBogor. Dari sana dapat diketahui, bahwa setiap bulannya ada sekitar 2.704 orang yang mencari informasi tentang jual tanah dikota Bogor. Rata-rata usia mereka kisaran 25-32 tahun (64,29%), 18-25 tahun (21,43%) dan diatas 35 tahun (14,29%).    

Berdasarkan data, pada tahun 2001 penyebaran penggunaan tanah pada Bogor lebih banyak diperuntukan sebagai pemukiman 69,88%, pertanian 10,05%, jalan 5,31%, jasa perdagangan 3,52%, badan sungai 2,89%. Untuk wilayah Bogor bagian selatan, kebanyakan tanah disana digunakan untuk pemukiman dan ruang terbuka hijau, bagian utara banyak digunakan sebagai daerah industri non-polutan, pemukiman serta perdagangan. Dibagian barat mayoritas tanah banyak digunakan untuk penunjang pariwisata, bagian timur rata-rata untuk pemukiman, bagian tengah banyak digunakan untuk perkantoran dan perdagangan.

Infrastruktur Pendorong Bisnis Jual Tanah di Bogor

Keberadaan infrastruktur menjadi tulang punggung menggeliatnya industri properti,  termasuk urusan jual beli tanah, berikut ini adalah beberapa infrastruktur yang tersedia dikota hujan tersebut.

  • Tol Lingkar Luar Bogor

Tol ini juga biasa disebut sebagai Bogor Outer Ring Road (BORR), jalur bebas hambatan tersebut dibangun sepanjang 11 kilometer yang menghubungkan antara Sentul Selatan hingga Simpang Salabenda. Tol BORR diresmikan pada tahun 2019 dengan menghabiskan dana sebesar Rp 1,61 triliun, jalur ini dibuat melintasi 11 kelurahan pada Kota Bogor serta  1 desa diKabupaten Bogor.

  • Stasiun Bogor

Stasiun Bogor merupakan stasiun utama dikota Bogor, tempat ini telah lama dibangun tepatnya diera kolonial belanda pada tahun 1881. Hingga sekarang, Stasiun Bogor masih kokoh berdiri melayani perjalanan kereta commuter line menuju Jakarta, Angke, Kampung Bandan serta Jatinegara. Stasiun Bogor memiliki delapan jalur kereta api dengan jalur 3 sebagai sepur lurus jalur ganda arah Jakarta Kota-Manggarai dan juga jalur tunggal arah Cianjur-Padalarang serta jalur 5 sebagai sepur lurus jalur ganda dari arah Manggarai-Jakarta Kota.

  • Terminal Baranangsiang

Terminal Baranangsiang terletak diJalan Manggis, Baranangsiang, Bogor Timur, Jawa Barat. Tempat tersebut telah dibangun sejak tahun 1974, lokasinya sangat strategis karena berada di tepat di ujung jalan tol pertama Indonesia , yaitu Jagorawi. Posisi terminal berada disebelah kanan dijalan Pajajaran, yang merupakan salah satu jalan tersibuk diBogor. Terminal ini melayani rute bus dalam kota dan luar kota.    

Kebutuhan Tanah Dijual di Bogor Makin Melambung

Tanah Dijual di Bogor

Kota yang terkenal dengan kawasan wisata Puncak ini terus menunjukkan potensinya disegala sektor bidang usaha. Mulai dari kerajinan, kuliner, industri, perdagangan, juga pengembangan pasar jual beli propertinya (tanah dijual). Berbagai kemudahan ditawarkan, seperti moda transportasi, akses tol Jagorawi dan Outer Ring Road membuat lokasi ini cukup mudah dijangkau dari ibu kota, serta kawasan sekitarnya.

Berbagai fasilitas, seperti mal, rumah sakit, sampai universitas negeri pun sudah tersedia pada Kota Hujan ini. Kondisi tersebut ikut mempengaruhi tumbuhnya nilai investasi jual tanah di Bogor. Baik untuk investasi jangka panjang atau untuk dibangun rumah tapak, membeli kavling merupakan langkah cermat mengingat sektor properti seperti perumahan murah kian menjamur. Selain itu, kepemilikan lahan pertanian juga mambuka peluang bisnis sewa tanah Bogor.

Jual Tanah di Bogor Untuk Residensial Hingga Lahan Industri

Kebutuhan tanah dijual diBogor saat ini banyak diperuntukkan untuk membangun kawasan hunian, unit bisnis dan industri, pertanian, untuk kebutuhan unit usaha. Seperti yang terlihat sekarang, sejumlah pengembang tampaknya jeli melihat prospek daerah ini sehingga makin banyak kompleks perumahan yg hadir, baik untuk segmen menengah ke bawahmenengah dan menengah ke atas, bahkan perumahan mewah. Begitupun geliat bisnis komersial yang menderek kebutuhan lahan untuk membangun unit ruko dan ritel. Berikut kisaran harga jual tanah di Bogor:

  • Daerah pusat kota, seperti Jalan Pajajaran dan bilangan Soleh Iskandar, adalah salah satu area premium untuk mencari lahan, dimana harga kavling disini sudah mencapai Rp 10 juta sampai Rp 20 jutaan /m2 persegi.
  • Jual Tanah di Bogor Kota yang terkenal ialah Lakeside (Danau Bogor Raya) dan Bogor Nirwana Residence yg menawarkan pilihan kavling residensial dalam tipe klaster.
  • Lahan komersial juga dapat ditemukan pada deretan Orcard Walk yang menawarkan 71 unit retail di UFO Building yg memiliki 2 lantai.
  • Penawaran lahan lain ada disekitar area Pakuan, Batu Tulis, Rancamaya, dan Cipaku dengan kisaran harga kavling mencapai Rp 500 ribu sampai Rp 2 jutaan /m2 persegi.

harga jual tanah di Bogor

  • Harga jual beli tanah di kota ini bernilai tinggi yakni sekitar 7 juta hingga 9 juta Rupiah per meter persegi. Tingginya harga jual tanah di Bogor tersebut juga disebabkan karena lokasinya yang banyak diincar karena letaknya dekat dengan akses tol Jagorawi.
  • Daerah lain yg akan terus tumbuh pesat adalah kawasan Bogor Barat, seperti Bubulak, Semplak, dan Curug Mekar, dimana nilainya masih cukup murah berkisar Rp 150.000-Rp 2 juta/m2 persegi.

Dinamika Pasar Jual Tanah di Bogor

Untuk wilayah luar pusat kota Bogor, Sentul dan Citeureup menjadi salah satu pilihan yang cukup menjanjikan. Pesatnya pembangunan kawasan hunian, serta adanya kawasan industri, serta dilengkapi dengan akses jalan bebas hambatan membuat lokasi ini mengalami peningkatan nilai properti. Berikut skema harga jual tanah pada kota Bogor, diluar pusat kota:

Untuk kavling di perumahan terkemuka, seperti Sentul City, harga tanah dijual disini sudah mencapai Rp 9 jutaan per meter persegi. Sementara pada lokasi lainnya, ada juga tanah dijual dengan harga relatif murah sekitar Rp 200 ribuan /m2 persegi. Gunung Putri, Citeureup, dan Parung yg memiliki lokasi dekat dengan kawasan penyanggah lain yaitu Depok dan Tangerang Selatan merupakan tujuan yang menarik untuk disasar.

Investasi Menguntungkan Jual Tanah di Bogor

Menyimpan aset dalam bentuk benda tak bergerak seperti tanah memang lebih menguntungkan dibandingkan menyimpannya dalam bentuk uang rupiah. Dalam waktu kewaktu nilai tukar rupiah terus mengalami penurunan, setiap tahunnya bisa mencapai 2-4%. Perlahan namun pasti hasil jerih payah Anda secara pelahan terus mengalami pelemahan. Oleh karenanya menyimpan hasil kerja keras dengan membeli salah satu iklan jual tanah di Bogor merupakan pilihan bijak. Terlebih lagi bagi Anda jika belum memiliki rumah, perjalanan memiliki rumah bisa dimulai dari membeli tanah terlebih dahulu baru kemudian mulai membangunnya secara perlahan. Cara ini terbukti lebih murah dibandinkan langsung membeli rumah jadi ataupun rumah sekunder, terkecuali jika ada orang dalam kondisi terdesak hendak menjual rumahnya dalam harga murah.

Namun sedikit catatan dari kami sebelum melakukan investasi pada properti, yaitu seperti kita ketahui bahwasannya likuiditas properti tak sama jika hendak dibandingkan jenis investasi lainnya seperti saham, surat berharga, obligasi ataupun emas. Artinya hanya gunakanlan uang diam dalam rekening tabungan maksimal sebesar 70% saja. Sisa 30% tersebut diperlukan untuk memenuhi kebutuhan harian yg tak bisa kita tunda, serta uang jaga-jaga ketika muncul kebutuhan tak terduga. Sebagai tamabahan catatan, perlu diingat bahwa investasi lain yang memiliki likuiditas lebih tinggi memiliki resiko yang tinggi juga. Bermain saham ada kemungkinan nilainya turun kemudian Anda mengalamai kerugian. Sedankan investasi pada jual tanah kecil sekali resikonya mengalami kerugian oleh penurunan nilai jual.

Faktor yang Membuat Bisnis Jual Tanah di Bogor Meningkat

Selain infrastruktur, faktor lainnya yang dapat meningkatkan usaha jual tanah pada kota Bogor melesat adalah adanya fasilitas pusat perbelanjaan serta pariwisata. Dan berikut ini adalah beberapa tempat perbelanjaan dan pariwisata yang berada diBogor.   

Pusat Perbelajaan   

  • Botani Square

Botani square merupakan pusat perbelanjaan pertama yang dibangun diBogor, lokasi sangat strategis karena berada di pintu masuk dan keluar  Tol Jagorawi dan terintegrasi dengan IPB dan Hotel Santika. Tempat ini menjadi salah satu lokasi favorit untuk hangout anak-anak muda Bogor karena di dalamnya terdapat beragam fasilitas menarik seperti area bermain dan tempat makan.  

  • Cibinong City Mall

Cibinong City Mall merupakan tempat belanja & lifestyle terbesar diBogor. Lokasinya di Jalan Tegar Beriman, di sana disediakan beragam tenant ternama seperti Cinema XXI, Gramedia, Starbucks, The Body Shop dan lain-lain.

Pariwisata

  • Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan tempat wisata yang menampilkan 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Luas area kawasan ini mencapai 80 hektar dan saat ini menjadi kebun penelitian terbesar di Indonesia

  • Istana Bogor

Istana Presiden Bogor merupakan salah satu bangunan bersejarah di Indonesia, gedungnya didirikan oleh Belanda, saat ini tempat ini digunakan untuk menjamu tamu kenegaraan. Di sana juga terdapat banyak rusa-rusa yang didatangkan langsung dari Nepal dan tetap terjaga dari dulu sampai sekarang.

  • Prasasti Batutulis

Prasasti Batutulis berada di Jalan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, sesuai namanya, prasasti tersebut merupakan peninggalan zaman Kerajaan Pajajaran yang dibuat dalam bahasa aksara sunda kuna yang menobatkan Raja Pakuan Pajajaran yakni Prabu Purnama sebagai raja.

 

Memuat Hasil