803

Rumah Dijual di Makassar | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter
  1. Makassar
  2. Rumah
  3. Jual
  • Lokasi
  • Tipe Penawaran
  • Harga ( Rp )
    -
  • Jenis Properti
  • Subkategori
  • Ukuran Gedung
    -
  • Luas Tanah
    -
  • Kamar tidur
  • Kamar Mandi
  • Fasilitas

Pilihan Harga Rumah dijual di Makassar Lainnya 

Rp 200.000.000 Rp 300.000.000 Rp 400.000.000 Rp 500.000.000
Rp 600.000.000 Rp 700.000.000 Rp 800.000.000 Rp 900.000.000

 

Pilihan Fasilitas Rumah dijual di Makassar Lainnya

Garasi Taman Kolam Renang Keamanan 24 Jam
Balkon  Pagar Kitchen Set  Pendingin Ruangan (AC)

 

Tentang Kota dan Potensi Bisnis Rumah dijual di Makassar

Makassar merupakan ibu kota dari Provinsi Sulawesi Selatan, daerah ini menjadi kota terbesar di kawasan Indonesia bagian timur dan menjadi kota kelima terbesar diIndonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan. Makassar berbatasan langsung dengan Selat Makassar dibagian barat, kabupaten Pangkajene diutara, Kabupaten Maros dibagian timur dan Gowa disebelah selatan.

Luas wilayah Makassar sendiri sebesar 199,26 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 1.651.146 jiwa. Bisa dibilang penduduk kota ini sangat multi etnik, karena disana terdapat beragam suku dan budaya, seperti dari Makassar, Bugis, Jawa, Toraja, Buton hingga Tionghoa. Sementara mayoritas agama penduduk disana memeluk Islam 82,39%, Kristen Protestan 9,61%, Katolik 5,56%, Budha 1,41%, Hindu 0,76% dan Konghucu 0,27%.

Makassar menjadi salah satu kota dengan laju pertumbuhan tertinggi diIndonesia, sejak tahun 2014 laju pertumbuhan ekonomi disana terus meningkat tajam, bahkan menyentuh angka 8,23% mengalahkan pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2018. Pendapatan Per Kapita masyarakat Kota Masyarakat Makassar pada tahun 2018 rata-rata adalah RP 108,04 juta per tahun. Meningkat jika dibandingkan tahun 2014 yang sebesar Rp 70,24 juta.

Perekonomian Makassar juga menjadi tulang punggung ekonomi diSulawesi Selatan, tercatat kontribusinya mencapai 34,17% serta kontribusi untuk Pulau Sulawesi sebesar 25,37%. Capaian ini memang tidak terlepas dari peran Pemerintah Kota yang berperan aktif menjaga kenaikan harga, hasilnya tingkat inflasi dapat diturunkan dari 8,51 persen pada 2014 menjadi terkendali diangka 3,48 persen pada 2018.

Meroketnya perekonomian kota ternyata juga berdampak kepada menggeliatnya bisnis properti disana, salah satu jenis yang banyak diminati adalah bisnis rumah dijual. Saat ini disana banyak dibangun perumahan dengan konsep yang sangat menarik yang menyasar pembeli untuk disemua segmen. Belakangan pengembang-pengembang besar macam PT Lippo Karawaci Tbk, Ciputra Group, PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) menggarap Makassar dengan membangun proyek skala besar. Kondisi ini pun akhirnya membuat harga rumah dijual di Makassar ikut terkerek naik, kenaikannya bahkan bisa mencapai 20 persen per tahunnya.

Para developer besar ini menawarkan rumah dijual di Makassar dengan rentan harga mulai dari Rp 500 juta hingga diatas Rp 1 miliar. Peluang ini pun banyak dimainkan oleh para investor, mereka buru-buru membeli rumah dijual di Makassar yang kemudian dijual kembali atau disewakan untuk mendapatkan keuntungan, kebanyakan mereka membeli rumah dijual di Makassar yang berdekatan dengan sarana transportasi massal ataupun fasilitas publik.  

Minat Membeli Rumah dijual di Makassar

 

Tahun  Jumlah Pencarian Rumah Persentase Kenaikan
2015 2.750  -
2016 3.225 17%
2017 3.870 20%
2018  4.179 7,9

*Sumber Lamudi

Portal properti Lamudi.co.id sempat melakukan survei terhadap pencari rumah melalui google, dari hasil survei tersebut ternyata minat membeli rumah dijual di Makassar setiap tahunnya ternyata terus meningkat. Contohnya pada tahun 2015 menyebutkan angka pencarian rumah dijual dikota Makassar mencapai 2.750 orang, kemudian tahun 2016 meningkat menjadi 3.225 orang atau meningkat sebesar 17%, tahun 2017 menjadi 3.870 orang naik 20% dan tahun 2018 menjadi 4.179 atau naik 7,9%.           

Ada banyak hal yang membuat mengapa minat membeli rumah dijual di Makassar meningkat tajam, salah satunya adalah masifnya pembangunan infrastruktur seperti perluasan Bandara Sultan Hasanuddin dan pelabuhan laut. Tidak hanya itu lokasi kota ini juga terbilang sangat strategis sehingga dapat menarik minat para calon pembeli rumah untuk mau membeli hunian di sana, mayoritas peminat tertarik untuk membeli hunian dengan harga dibawah Rp 500 juta dengan luas lahan 90 meter persegi.

Potensi bisnis jual beli rumah di Makassar juga semakin tinggi seiring dengan daya beli masyarakat yang tinggi, berdasarkan data jumlah kelas menengah disana terus meningkat. Para investor  properti di Kota Anging Mammiri tersebut sebelumnya telah banyak membeli properti diJakarta bahkan kerap membelanjakan uangnya dipusat-pusat belanja Singapura.

Prospek Unit Jual Rumah Makassar 2019

rumah dijual di makassar sulawesi

Jika saja selama ini pembangunan dalam segala aspek masih berkutat di sekitar Pulau Jawa, kini pertumbuhan pasar jual rumah maupun properti komersial mulai menggeliat diluar Jawa. Keberadaan ibukota Jakarta sebagai sentral aktifitas perekonomian dan pemerintahan tak ayal menyebabkan pemekaran pembangunan yang merembet hampir keseluruh Pulau Jawa.

Namun demikian, seperti yang dilansir oleh Sinarharapan.co akhir tahun 2015 lalu, Ali Tranghada sebagai Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch memprediksi bahwa ditengah perlambatan ekonomi dan indikasi perkembangan infrastruktur, keberadaan sejumlah kota besar diluar Jawa kini diprediksi sebagai pelopor kebangkitan properti salah satunya mengerucut ke Pulau Sulawesi, sebuah kota menjadi salah satu raising star lokasi yang kini dilirik bagi para investor yaitu rumah dijual di Makassar.

Sektor pariwisata dan pebaikan infrastruktur dengan pembangunan pelabuhan besar yg digembar-gemborkan dalam kawasan industri Makassar dan KA Trans Makassar-Parepare yg diperkirakan selesai  pada tahun 2017, merupakan beberapa faktor yang menyebabkan pertumbuhan jual beli rumah Makassar melaju cukup pesat. Masih menurut Ali Tranghada, perkembangan properti yang terjadi juga merupakan hasil dari permintaan baru yg muncul berkaitan tak hanya dengan berkembangnya pariwisata, namun juga dari industri, serta eksplorasi SDM dan komoditas.

Banderol tanah dijual Makassar yang masih lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Jabodetabek dan Banten menyebabkan harga jual rumah Makassar masih terbilang terjangkau namun tak hanya terbatas dengan pasokan rumah murah tapi juga tipe mewah. Ditambah lagi, seperti dilansir pada fajaronline.com, pertumbuhan harga rumah dijual di Makassar nyatanya yang paling tinggi di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2015. Setelah tahun 2014 silam menempati posisi kedua tertinggi setelah Manado, sektor properti residensial termasuk hunian tapak mengalami lonjakan sebesar 5,05 persen, sedangkan banderol harga apartemen dijual naik 3,01 persen. Tentu hal tsb merupakan sinyal bagus bagi kondisi pertumbuhan properti kota itu. Tak heran apabila kini semakin banyak org jg investor berbondong - bondong dtg tuk menanamkan modalnya serta terus membangun juga mendukung perkembangan bidang properti hingga maju. Lagipula, dlm bidang industri pun Makassar sdh maju sehingga kesempatan properti buat berkembang pun lebih luas.

Menentukan Harga Rumah Dijual di Makassar

jual rumah makassar murah

Berada pada area pesisir pantai dengan pariwisata dan Trans Studio, Indoor Themepark terbesar, wilayah ini menjadi lahan bisnis yang cukup menggiurkan. Rentetan perbaikan infrastruktur pun semakin melengkapi sehingga kota ini semakin memantapkan Anda untuk dipilih sebagai investasi maupun mencari rumah dijual sebagai tempat tinggal pribadi.

Moda transportasi yng akan dirampungkan pada 2017 mendatang, dapat menjadi tolak ukur bahwa kota ini semakin maju.Meskipun kenaikan harga yng tinggi terjadi dikawasan ini, jual rumah murah masih banyak ditemukan.

Harga rumah dijual di Makassar untuk unit satu lantai dibawah 200 juta Rupiah di Taman Soltahana Barombong yang berjarak 12 menit ke Trans Studio misalnya, dapat dimiliki dengan mempersiapkan budget 190 jutaan untuk unit rumah dua kamar tidur di atas tanah seluas 72 m2.

Jika Anda mencari ruang lebih leluasa untu keluarga, tersedia hunian 2 lantai yg terdiri dari 3 kamar tidur di lahan seluas 120 m2 ditawarkan dengan harga 695 jutaan. Mendambakan unit perumahan di Makassar kelas atas, Anda bisa melirik Fortune Garden. Unit perumahan Makassar 2 lantai berkelas mewah yang terdiri dari 3 kamar tidur dengan luas lahan 112 m2 bisa Anda miliki diangka 775 jutaan Rupiah saja.

Menginginkan unit jual rumah dengan bangunan bergaya klasik mediterania nan megah di BTP yg terletak dikawasan eksklusif Tamalanrea, unit 2 lantai dengan luas bangunan 116 m2 yng terdiri dari 3 kamar tidur dan 3 kamar mandi ini bisa dimiliki diangka 1,25 M.

Apabila Anda ingin memiliki sebuah hunian 2 lantai diRoyal Spring, bisa dimiliki diangka 2,1 M. Dengan jumlah kamar 5 buah dengan luas bangunan 200 m2 tersebut, tentu cukup untuk mengakomodasi Anda dan keluarga.

Pilihan Rumah Murah di Makassar

Bagi mereka yang mencari perumahan murah di Makassar, jangan khawatir karena disana banyak sekali terdapat perumahan dengan harga yang bersahabat dikantong Sehingga calon pembeli kelas menengah kebawah pun bisa dengan leluasa memilih lalu memiliki tempat tinggal sendiri. Berikut ini adalah pilihan rumah murah di Makassar

  • Tamangapa Royale Palace

Bagi Anda yang ingin mencari rumah subsidi, perumahan Tamangapa Royale Palace bisa menjadi pilihan yang menarik, harga unit rumah disana 136 juta rupiah. Perumahan ini dibangun oleh PT Tamangapa Raya Permai. Cicilan rumah disana terbilang cukup murah yakni hanya 800 ribu per bulannya. Nah, bagi Anda yang berminat untuk membeli unit disana, saat ini pihak pengembang sedang mengadakan promo menarik, yakni pembayaran Down Payment hanya 2,5 juta rupiah.          

  • Griya Zan Zan 2

Untuk disegmen menengah ada pilihan rumah Griya Zan Zan 2 yang berlokasi diJalan AMD, Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, harga jual unit hunian disana dibanderol mulai dari 500 juta rupiah dengan tipe 60/105. Perumahan tersebut juga menyediakan beragam fasilitas yang lengkap. Contohnya seperti taman bermain, tempat bermain untuk anak dan sistem keamanan 24 jam.

  • Patra Residence Barombong        

Perumahan menengah lainnya adalah Patra Residence Barombong yang berlokasi diJalan Perjanjian Bongaya, Barombong. Harga unit disana adalah 575 juta rupiah dengan tipe 70/120. Masing-masing unit disana memiliki tiga kamar tidur dan dua kamar mandi. Perumahan ini juga menyediakan fasilitas jogging track, taman, tempat ibadah dan sistem keamanan 24 jam.

Infrastruktur diMakassar

Keberadaan infrastruktur menjadi salah satu pendorong bisnis jual beli rumah di kota Makassar, kebedaraan pembangunan infrastruktur akan berdampak kepada naiknya harga hunian disekitar lokasi, serta mempermudah mobilisasi masyarakat. Berikut ini adalah beberapa infrastruktur yang tersedia dikota Daeng tersebut.  

  • Bandar Udara Sultan Hasanuddin

Bandar Udara Sultan Hasanuddin merupakan lapangan udara terbesar diPulau Sulawesi, tempat ini memiliki dua landasan dengan ukuran 3.100 m x 45 m dan 2.500 m x 45 m. Setiap tahunnya tempat ini melayani perjalanan 7 juta penumpang. Bandara ini tidak hanya melayani perjalanan domestik saja tetapi juga internasional ke berbagai negara.  mulai 1 Juni 2011.

  • Paotere

Paotere merupakan pelabuhan perahu tua diMakassar, tempat ini berada didaerah Ujung Tanah, Paotere dibangun pada abad 14 hingga sekarang masih aktif digunakan sebagai tempat bersandar perahu-perahu tradisional. Lokasi ini juga menjadi tempat niaga hasil tangkapan nelayan seperti ikan, cumi-cumi, gurita, udang dll. Tempat ini juga terdapat restoran seafood yang menyajikan makanan laut.

  • Kereta Api Makassar - Parepare

Pemerintah provinsi Makassar saat ini tengah membangun jalur kereta api yang menghubungkan kota tersebut dengan Parepare. Rencananya kereta ini akan selesai dibangun tahun 2020. Pemasangan rel pertama telah dilakukan pada Jumat, 13 November 2015 diDesa Lalabata. Rencananya kereta api ini akan dibangun sebanyak 23 stasiun.   

 

Memuat Hasil