496

Sewa Rumah di Batam - Kontrakan Disewakan Murah

Urutkan dari:
Terapkan Filter
  1. Batam
  2. Rumah
  3. Sewa
  • Lokasi
  • Tipe Penawaran
  • Harga ( Rp )
    -
  • Jenis Properti
  • Subkategori
  • Ukuran Gedung
    -
  • Luas Tanah
    -
  • Kamar tidur
  • Kamar Mandi
  • Fasilitas

Tentang Kota & Potensi Bisnis Rumah Kontrakan di Batam

Batam menjadi salah satu kota terbesar di Kepulauan Riau. luas wilayah kota ini mencapai 960 km2, jumlah penduduk di sana mencapai 1.062.250 jiwa dengan tingkat kepadatan mencapai 1.100/km2. Lokasi Batam sangat strategis karena berdekatan dengan Singapura dan Malaysia, jarak antara Batam dengan negara tetangga tersebut hanya dibatasi selat selebar 20 km.

Karena lokasinya yangstrategis, tak heran laju pertumbuhan ekonomi Batam terus naik, bahkan kenaikannya melampaui pertumbuhan ekonomi nasional. Naiknya perekonomian disana memang tidak lepas dari dorongan dari industri disektor komunikasi, listrik, air, gas perbankan, perdagangan, jasa dan ekspor.

Strategisnya lokasi Batam ini juga akhirnya memicu pergerakan bisnis properti. Banyak pengembang-pengembang besar yan membangun proyek properti disana, mulai dari perumahan, apartemen, hotel, perkantoran dan lain-lain. Salah satu jenis bisnis yang banyak digemari di sana adalah sewa rumah, belakangan saat ini banyak investor dari Jakarta, Medan, Surabaya yangmembeli rumah diBatam dan kemudian disewakan. Kondisi ini pun akhirnya membuat harga rumah kontrakan di Batam ikut terkerek naik.

Target penyewa rumah kontrakan di Batam adalah para Warga Negara Asing yang bekerja diBatam, populasi mereka di Kota Bandar Dunia Madani tersebut memang banyak, kebanyakan mereka bekerja disektor komunikasi, listrik dan ekspor, kebanyakan para WNA tersebut menyewa rumah disana sebagai tempat transit atau bisnis.    

Tren Pencarian Rumah Disewa di Batam

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei terhadap minat mencari rumah kontrakan di Batam, dari survei tersebut diketahui ternyata minat mencari rumah kontrakan pada kota tersebut meningkat setiap tahunnya. Contohnya pada tahun 2015 orang yangmencari informasi tentang rumah kontrakan di Batam ada 1.040 orang, kemudian tahun 2016 meningkat menjadi 1.329, pada 2017 kembali naik jadi 1.522 orang dan tahun 2018 menjadi 2.020 orang.

Meningkatnya jumlah pencarian ini memang tidak terlepas meningkat jumlah WNA yangmasuk ke Batam, para investor sangat yakin bahwa kota ini akan berkembang dengan jumlah pariwisata yang terus menanjak. Sejak tahun 2010 kota ini menggelar acara tahunan dengan nama Visit Batam - Experience it yangkemudian mendongkrak jumlah wisman yang masuk ke kota tersebut.

Membidik Rumah Kontrakan di Batam

Penawaran Sewa Rumah Batam

Sebagai salah satu kawasan yangberada di perbatasan terluar Indonesia, Batam merupakan salah satu pulau dengan lokasi yangbegitu strategis. Berada di sebelah utara Indonesia dan terletak persis dijalur pelayaran internasional. Menjadi bagian dari kotamadya Kepulauan Riau, Kota Bisnis ini awalnya hanya dihuni sekitar 6.000 penduduk pada awal 1970-an. Namun semakin lama dengan perkembangan kota yangpesat membuat banyak pendatangyang mengunjungi pulau ini, peningkatan permintaan unit rumah disewakan di Batam membuat banyak orang yang mulai berinvestasi akan properti tempat tinggal.

Selain keindahan alamnya yangmemukau, tidak dapat dipungkiri daya tarik kota ini memang diperkuat dengan kedekatan lokasi dengan Singapura. Kurang lebih dua tempat ini hanya berjarak 12,5 mil laut atau sekitar 20 kilometer. Maka tak sedikit pelancong yangketika berada diKota Bisnis ini juga mengunjungi Singapura, dan sebaliknya. Perkembangan kotanya pun begitu modern, sebut saja Batam Centre yang dilengkapi dengan fasilitas publik dan sederet pusat perbelanjaan. Hal ini pun membuat banyak pengunjung yang tertarik membidik kota ini dan berburu unit jual beli dan rumah kontrakan di Batam.

Bisnis Sewa Rumah di Batam

Banyaknya ekspatriat yangmemilih berlibur dikawasan ini membuat unit sewa rumah dikota Batam berkembang dengan begitu pesat. Salah satunya ialah villa, yang memiliki bentuk arsitektur seperti hunian mewah kelas atas yang dapat disewakan harian maupun bulanan. Pada musim liburan dan high season seperti tahun baru, imlek, serta akhir pekan penyerapannya cukup tinggi. Beberapa villa diBatam yang favorit seperti Nongsa Point Villa, Villa Bukit Indah. Rata-rata, harga sewa tempat tinggal dikota ini dipatok mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 1 juta per meter persegi per tahunnya.

Sedangkan untuk rumah kontrakan, atau unit yang cukup luas ditempati keluarga. Sebut saja dikawasan Orchird Park, Bandar Sri mas dan penawaran sewa rumah dikota Batam Centre. Banderol untuk rental pun berkisar mulai dari Rp 180.000 hingga Rp300.000 per meter persegi untuk satu tahun.

Villa di Batam

Pengembangan Unit Perumahan Strategis

Dengan fasilitas pelengkap, seperti Bandar udara Hang Nadim International (BTH) maupun pelabuhan membuat kota ini menjadi lokasi transaksi perdagangan produk impor maupun ekspor. Keindahan pantainya pun begitu memukau dan banyak dikenal sebagai destinasi liburan yang sempurna. Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang meningkat, permintaan unit tempat tinggal pun tak dapat dielakkan lagi.

Dengan terus berkembang sebagai kota metropolitan yang padat, namun tata kotanya begitu rapi. Pernah dua kali meraih penghargaan Adipura, Kota Industri ini juga merupakan kota yang dianggap baik untuk pembangunan perumahan dan permukiman masyarakat berpenghasilan rendah. Sejumlah pengembang pun mengembangkan unit perumahan dikawasan Barelang, Rempang dan Galang sebagai kawasan strategis untuk tempat tinggal.

Memuat Hasil