78473

Properti Disewakan di Indonesia | Lamudi

Urutkan dari:
Terapkan Filter
  1. Sewa

Ruko di Indonesia

Sewa Properti di Indonesia

Bagi sebagian orang, menyewa properti dianggap menjadi pilihan terbaik karena didasari oleh beberapa faktor. Misalnya, karena alasan finansial yang belum mencukupi untuk membeli hunian baik secara tunai atau kredit. Selain itu, waktu menetap yang terbatas di suatu kota juga menjadi faktor yang membuat seseorang memutuskan untuk menyewa. Sayangnya, karena sifatnya temporer dan bukan milik pribadi, kebanyakan orang hanya sekadar melihat kondisi fisik dari rumah atau apartemen itu saja tanpa melihat detail lain saat memutuskan pilihan. Tak heran banyak yang kemudian mengeluh setelah menempati hunian yang sudah telanjur disewanya.

Catat Prioritas Kebutuhan

Diantara banyaknya properti yang disewakan, dalam memilih sebaiknya Anda tak cuma menentukan dari segi kecocokan harga semata. Agar pemilihan unit rumah dan apartemen menjadi pilihan yang tepat, pastikan Anda membuat daftar hal-hal utama apa saja yang ingin Anda dapatkan dari tempat tinggal yang hendak disewa. Misalnya kondisi fisik bangunan, luas minimal , jumlah kamar yang Anda inginkan dari rumah tersebut, lokasi hunian yang memudahkan Anda dan keluarga beraktifitas, serta ada tidaknya perabot dan barang elektronik. Bagi kaum urban yang suka gaya hidup yang praktis, biasanya akan lebih memilih untuk menyewa apartemen. Ini terlihat di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung dimana permintaan unit apartemen semakin tinggi. Hal ini juga diiringi dengan meningkatnya nilai properti di kota-kota tersebut. Namun, jika Anda mencari harga rental yang lebih miring baik untuk rumah dan apartemen yang tak terlalu jauh dari Jakarta, kawasan Depok, Bogor, dan Banten juga bisa jadi alternatif pilihan.

Properti di Indonesia

Seleksi Ketat

Pilihan yang terburu-buru kemungkinan besar akan membawa penyesalan. Untuk itu, pastikan Anda punya beberapa pilihan sebelum memutuskan yang terbaik. Pakai berbagai media, seperti surat kabar atau website properti untuk menyaring pilihan yang Anda inginkan. Catat kontaknya dan selanjutnya lakukan survei langsung ke lokasi rumah atau apartemen tersebut untuk mengetahu detail dari kondisi hunian tersebut. Jika ada kerusakan atau bagian yang perlu diperbaiki, catat dan segera sampaikan pada pemiliknya.

Cek Kontrak

Sebelum Anda menjatuhkan pilihan atas rumah atau apartemen yang ingin disewa, pelajari dulu kontrak yang ditawarkan oleh si pemilik. Baca dengan seksama, mulai dari sistem pembayaran uang muka, sisa pembayaran, perjanjian khusus yang mengatur tentang perawatan dan perbaikan, juga asuransi atas properti. Cek juga identitas dan kepemilikan, juga bukti pembayaran pajak. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan kontrak yang ditawarkan, tunda untuk menandatanganinya dan coba tanyakan lagi apa saja yang menjadi pertimbangan Anda. Dan ketika proses penandatanganan kontrak sudah selesai, pastikan surat tersebut dilegalisir dengan materai dan masing-masing pihak membawa rangkap surat kontraknya.

Memuat Hasil