Bandung Barat

Pilihan Harga Rumah Dijual di Bandung Barat

Dengan meroketnya harga rumah dijual di Bandung Barat, tentu masih banyak calon pembeli dan juga investor yang ragu akan keberadaan opsi rumah dibawah 300 juta di Bandung Barat. Apalagi dengan munculnya proyek – proyek perumahan mewah, kian menanamkan kesan di benak masyarakat luas bahwa Bandung Barat kini dipenuhi oleh hunian tapak yang  berbanderol tinggi.

 

Namun tentu saja pemikiran itu tidak benar karena nyatanya masih cukup mudah untuk beli rumah dijual di Bandung Barat harga dibawah 300 juta Rupiah dan pemukiman itu pun berada di lokasi strategis yang mudah dijangkau.

 

Contohnya adalah sebuah landed house di dalam komplek perumahan syariah tak jauh dari pemukiman elit Kota Baru Parahyangan hanya berkisar 215 jutaan saja. Tetapi, pastilah hunian yang didapat berupa hunian sederhana dengan 2 kamar dan dibangun di atas lahan seluas 66 meter persegi. Meski begitu, rumah syariah ini cocok dihuni oleh sebuah pasangan baru yang belum memiliki anak lebih dari satu orang.

 

Di kawasan lain yang juga termasuk ke dalam kawasan hot Bandung Barat, Batujajar, juga tersebar rumah murah Bandung Barat seharga 200 jutaan. Padahal, Batujajar juga termasuk ke dalam hot area disebabkan letaknya tidak jauh dari Tol Padalarang yang menghubungkan Bandung dengan Cikampek dan Cipali. Cukup banyak hunian murah dijual di Batujajar, Anda hanya perlu rajin cari dan survey secara berkala untuk dapat beli rumah impian segera.

 

Mencari rumah mewah di Bandung Barat? Anda bisa mencarinya di kawasan Parompong, Lembang, dan dalam Komplek Kota Baru Parahyangan Padalarang. Untuk bisa beli salah satu unitnya, minimal dana yang mesti disiapkan adalah sebesar 500 juta Rupiah.

 

Berbeda dengan hunian murah yang berdesain interior sederhana, luxurious house di Bandung Barat kebanyakan bergaya vila. Perbedaan lain yang cukup mencolok adalah, jika rumah mewah dijual di Kota Bandung sebagian besar adalah rumah seken (secondary house) maka rumah mewah di Bandung Barat adalah rumah baru.

 

Rata-rata kenaikan harga rumah di Bandung (Per meter persegi)

 

Tipe Properti 

2016

2017

2018

Rumah

Rp 8,202,732

Rp 9,337,200  

Rp 10,937,500  

 

Fasilitas di Bandung Barat

Waktu Perjalanan dengan Mobil di Bandung Barat

  • Tangkuban Perahu - 1 jam
  • Kota Baru Parahyangan - 6 menit
  • Lembang - 42 menit
  • Cipatat - 52 menit
  • Ngamprah - 16 menit
  • Cililin - 53 menit

Stasiun Kereta Terdekat di Bandung Barat

  • Stasiun Kereta Padalarang
  • Stasiun Kereta Maswatig
  • Stasiun Kereta Sasaksaat

Terminal Bus Terdekat di Bandung Barat

  • Terminal Bus Cijenuk
  • Terminal Bus BatuJajar

 

Meskipun tidak sebanyak dan terintegrasi seperti Bandung Kota, Bandung Barat dapat dikatakan menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang kebutuhan hidup para pemukim yang cukup banyak dan menjangkau keseluruhan area. Adapun beberapa fasilitas yang tersedia yakni:

 

Rumah Sakit

Baik rumah sakit umum atau rumah sakit spesialis, semuanya terdapat di Bandung Barat dengan fasilitas kesehatan yang tergolong cukup baik. Jika dibabakkan, ketersediaan rumah sakit di Bandung Barat mencapai 10 rumah sakit yang tersebar di seluruh kecamatan. Beberapa rumah sakit primer dapat ditemukan di: RSUD Cililin di Jalan Cintakarya Kecamatan Cililin,  RSUD Lembang di Jalan Raya Lembang KM 11,4 No. 11, Kecamatan Lembang, Rumah Sakit Cikalongwetan di Jalan Cikalong No.290 Kecamatan Cikalong Wetan, dan Rumah Sakit Graha Medika Padalarang di Jl. Raya Gadobangkong No.173, Kecamatan Ngamprah.

 

Tempat Perbelanjaan

Pada dasarnya tempat perbelanjaan terpadu sekelas plaza atau mall di Kawasan Bandung Barat belum terbangun. Adapun tempat perbelanjaan untuk kehidupan sehari-hari masyarakat disana masih didominasi oleh kategori pasar, baik pasar tradisional hingga pasar modern. Setidaknya, untuk kategori pasar yang menyediakan tidak hanya kebutuhan pangan, namun juga termasuk kebutuhan sandang, terdapat sekiranya 6 pasar besar seperti pasar tradisional Padalarang di Jl. Raya Purwakarta No.20, Kertamulya, pasar Cijenuk di Jalan Cijenuk Sindangkerta, Cipongkor, pasar Rancapanggung di Jl. Raya Sindangkerta, Waduk, pasar Induk Cikalong Wetan di Jalan Cikalong, Ciptagumati, pasar baru Cipeundeuy di Jl. Raya Cipeundeuy No.587, Cipeundeuy, dan pasar cermat Panorama Lembang Jl. Kayu Ambon No.68, Lembang.

 

Namun untuk sekelas kawasan tingkat Kabupaten, Bandung Barat juga menyediakan beberapa tempat perbelanjaan yang terkategori department store atau supermarket besar. Misalnya saja Ramayana Padalarang di Jl. Raya Padalarang No.475, Kertamulya, YOGYA Junction Lembang di Jl. Raya Lembang No.416, Kayuambon, Indokids Permata Cimahi di Jalan Giok Tanimulya, Ngamprah, serta Giant Supermarket Kota Baru Parahyangan di di Jl. Panyawangan Kav. 2 Blok. A1, Kertajaya. Selain itu, Bandung Barat juga menyediakan tempat perbelanjaan khusus oleh-oleh seperti pusat rujak cireng Ngamprah  Jl. Somawinata No.115, Tanimulya, Ngamprah dan pusat oleh-oleh Peuyeum Bandung Cipatat di Jalan Nasional III Gunungmasigit, Cipatat.

 

Tempat Wisata

Kabupaten Bandung Barat dapat dikatakan menjadi tempat destinasi wisatanya masyarakat yang tinggal di Kota Bandung, Kota Cimahi, maupun beberapa kawasan di sekitaran Jawa Barat. Hal ini dikarenakan ketersediaan destinasi pariwisata yang mencakup dalam semua sektor pengalaman wisata. Untuk sektor primer, sektor destinasi wisata di Bandung Barat terbagi menjadi tiga sektor yakni, wisata alamwisata edukasi, dan wisata keluarga. Wisata alam di Kabupaten Bandung Barat terkenal merupakan sektor yang paling populer untuk dikunjungi, beberapa tempat wisata yang dikenal secara nasional maupun internasional yakni Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, Taman Begonia, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Curug Maribaya, Curug Cimahi, Stone Garden, Sendang Geulis Kahuripan dan Sanghyang Heuleut. Untuk wisata edukasi di Kabupaten Bandung Barat, Observatorium Bosscha masih menjadi primadona karena kepopulerannya. Kawasan penelitian perbintangan dengan ikon teropong bintang terbesarnya merupakan daya tarik utama yang menjadi pengalaman wisata edukatif. Selain Bosscha, aspek edukatif juga banyak disediakan oleh destinasi wisata di sektor wisata keluarga yang dalam beberapa tahun belakangan menjadi tujuan para pelancong di kawasan Bandung Barat.

 

Beberapa tempat wisata keluarga seperti Kampung Gajah Wonderland, Pusat Tanaman Cihideung, Dusun Bambu Lembang, Terminal Wisata Grafika Cikole, Floating Market LembangFarm House Lembang, atau De'Ranch Lembang selain menawarkan objek wisata yang ramah untuk keluarga dengan pemandangan atau spot foto yang instagrammable juga melibatkan aspek edukatif untuk anak-anak.

 

Universitas

Setidaknya terdapat 8 universitas atau sekolah tinggi sejenis yang berada di Bandung Barat dan didominasi oleh yayasan yang dikelola oleh swasta. Beberapa diantaranya yakni: STAI Darul Falah Cihampelas, Politeknik Bandung, Akademi Kebidanan Tridarma Husada, Universitas Advent Indonesia, STIKes Santo Borromeus. STEI LPPM Padalarang, STIKP Siliwangi Bandung, Universitas Maranatha Padalarang

 

Proyek Perumahan dan Apartemen Baru

 

Kawasan Bandung Barat kini menjadi salah satu area incaran para pencari properti, mahalnya harga hunian di Bandung Kota akhirnya membuat mereka kini mulai mengincar daerah pinggiran di Bandung. Nah, bagi Anda yang ingin membeli rumah di Bandung Barat, berikut ini pilihannya :

 

 

Sharia Islamic Highland

Bagi Anda yang ingin mencari rumah dengan konsep syariah, perumahan Sharia Islamic Highland bisa menjadi pilihan menarik, perumahan ini berlokasi di Lembang, Jalan Masjid Nagrak, Sukajaya, Bandung Barat. Perumahan ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas yang lengkap, seperti lapangan basket, area memanah, gazebo, taman luas, masjid, mini outbond dan sistem keamanan 24 jam.

 

Parahyangan Hill Padalarang

Jika Anda ingin mencari rumah denga harga yang terjangkau, Parahyangan Hill Padalarag bisa menjadi pilihan yang menarik. Perumahan yang berada di Jalan Cimareme, Jayamekar, Padalarang, Bandung Barat. Satu unit rumah di sana dijual cukup murah, yakni hanya Rp 170 juta. Lokasi perumahan ini terbilang sangat strategis, karena dekat dengan pintu Tol Padalarang dan Kota Baru Parahyangan.

 

Kota Baru Parahyangan

Kota Baru Parahyagan merupakan sebuah kota mandiri yang berada di Jalan Penyawangan, Bandung Barat. Kota mandiri ini dibangun di atas laha seluas 1.250 hektare dan di sana terdapat beragam proyek properti seperti perumahan, ruko, pusat pendidikan, kesehatan, olahraga, perbelanhaan, bisnis dan hiburan hingga tempat beribadah. Satu unit rumah di sana dijual mulai dari Rp 800 jutaan.  

 

Cluster Butik Cihanjuang

Perumahan ini berada di kawasan Cihanjuang, Bandug Barat, lokasinya hanya 350 meter dari Jalan Raya Cihanjuang. Perumahan ini dibangun dengan konsep minimalis dan nyaman dengan 2 lantai tipe 42/60. Harga satu unit perumahan di sana dijual mulai dari Rp 400 jutaan.  

 

Griya Asri Cirendeu

Bagi Anda yang ingin membeli perumahan di kawasan Cimahi, Bandung Barat, bisa memilih perumahan Griya Asri Cirendeu. Satu unit ,perumahan di sana dijual mulai dari Rp 300 jutaan. Di sana juga disediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti, taman yang luas, sistem keamanan 24 jam, jogging track hingga tempat beribadah.

 

Puri Nusa Indah

Puri Nusa indah merupakan perumahan di kawasan Padalarang, harga rumah yang ditawarkan di sana cukup murah, yakni mulai dari Rp 200 jutaan, unit rumah yang dibangun di sana dibuat dengan konsep minimalis dengan tipe 33 dan luas tanah 72 m2.  Tidak hanya itu, perumahanan di sana pun dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti ruko, pusat pendidikan, jogging track hingga masjid.  

 

Grand Valley Ciburuy

Perumahan Valley Ciburuy dibangun dekat dengan lokasi wisata danau di Situ Ciburuy, Bandung Barat. Lokasi perumahan di hanya berjarak sekitar 10 menit dari pintu Tol Cikamuning - Padalarang dan dekat degan Stasiun Padalarang. Perumahan ini dibangun dengan konsep satu pintu atau one gate system dan sistem keamanan 24 jam. Satu unit rumah di jual mulai dari Rp 400 jutaan.

 

Parahyangan Asri

Bagi Anda yang ingin mencari rumah murah di kawasan Bandung Barat, bisa melihat perumahan Parahyangan Asri, satu unit rumah di sana dijual mulai Rp 150 jutaan, perumahan ini berjarak hanya 7 km dari Batujajar dan 14 km dari Cimahi. Tipe unit rumah yag ditawarkan merupakan tip 27 dengan luas tanah 62,5 m2 dengan 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

 

Graha Kencana Batujajar

Graha Kencana Batujajar berada di Jalan Batujajar Timur, Batujajar, Bandung Barat. Perumahan ini dibangun dengn konsep minimalis modern, tipe unit rumah yang ditawarkan di tempat ini adalah tipe 36 dan 45 dengan harga Rp 305 juta. Perumahan ini juga memiliki fasilitas tempat bermain anak, sistem keamanan 24 jam dan tempat beribadah.

 

Apartemen Kota Baru Parahyangan

Selain perumahan, ternyata Kota baru Parahyangan juga membangun sebuah apartemen, apartemen ini berada di kawasan kota mandiri Kota Baru Parahyangan. Hunian vertikal ini nantinya akan dibangun berdekatan dengan Universitas Kristen Maranatha, dan dibangun di atas lahan 3 hektar dengan tinggi gedung mencapai 26 lantai dengan kapasitas unit mencapai 400 unit.        

 

Proyek Baru di Bandung Barat
Kota Baru Parahyangan 49 - 275 m2 2,3,4 3 Rp 838.680.700 - Rp 5.857.300.900
Sharia Islamic Highland 50 m2 2 1 Rp 737.500.000

Area Favorit di Provinsi Bandung Barat

Bagi para pelancong, area Bandung Barat sejak lama dikenal memiliki banyak destinasi untuk wisata sehingga sangat cocok untuk mereka yang ingin investasi properti khususnya untuk disewakan. Tidak hanya itu, area di Bandung Barat pun juga belakangan menjadi kawasan favorit pencarian rumah, karena harga rumah di sana relatif lebih murah jika dibandingkan dengan harga rumah di kawasan Bandung Kota.

 

Lembang

Lembang dikenal sebagai kawasan yang menyediakan banyak destinasi wisata. Untuk menuju kawasan ini Anda harus menempuh waktu sekitar satu jam atau 15,9 km dari Bandung Kota. karena banyaknya tempat wisata yang ada, tak heran kawasan ini sangat cocok bagi Anda para investor properti dengan motivasi disewakan seperti hotel ataupun vila.   

Beberapa tempat wisata yang ada di Bandung Barat adalah Gunung Tangkuban Perahu yang juga menjadi ikon tempat wisata di Bandung, lalu ada juga observatoprium Bosscha, Air Terjun Maribaya, Farm House susu lembang, tempat pemandian ait panas Situ Sa’i, Puncak Eurad Pingping, Gunung Bendera, Danau Wakatobol dan masih banyak lainnya.

 

Ngamprah

Ngamprah dikenal sebagai pusat pemerintah untuk Bandung Barat, di sana terdapat kantor Kabupaten Bandung Barat. Dipilihnya Ngamprah sebagai ibu kota Bandung Barat karena memang wilayah ini dinilai memiliki prospek pengembangan ibu kota lebih baik jika dibandingkan dengan area lainnya.

 

Padalarang

Bisa dibilang Padalarang menjadi kawasan yang paling prospektif untuk bisnis properti, karena berdasarkan data Lamudi, kenaikan harga tanah di wilayah ini paling tinggi jika dibandingkan dengan Kecamatan lainnya di Bandung Barat. Berdasarkan data Lamudi, harga rata-rata rumah di Padalarang mencapai Rp 10.525.000 per meter perseginya. Karena kondisi ini lah makanya tak heran di sana banyak pengembang besar yang membangun proyek residensial di sana, salah satunya adalah PT Belaputera Intiland yang membangun kawasan terpadu Kota Baru Parahyangan di Padelarang.

 

Cisarua

Selain Lembang, ternyata ada juga kecamatan lainnya di Bandung Barat memiliki tempat wisata yang menarik, yakni Cisarua. Disana terdapat banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi yakni Curug Panganten, Curug Bugbrug, hingga Curug Cimahi. Cisarua juga memiliki potensi untuk pengembangan dibidang Pertanian, perternakan, produk utamanya adalah jamur, susu, tanaman paliwija dan sayur-sayuran.      

 

Parongpong

Bagi mereka para pecinta bunga, nama Parongpong mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga, karena tempat ini Anda bisa melihat banyak sekali pengusaha penjual bunga, mayoritas profesi masyarakat di Parongpong adalah petani bunga, saking banyaknya petani bunga di wilayah Parongpong, pemerintah Bandung Barat mendeklrasikan wilayah Parongpong menjadi kota wisata bunga.