1094

Tanah Disewakan di Indonesia

Urutkan dari:
Terapkan Filter Clear All
  1. Lahan
  2. Sewa

Ragam Keuntungan Sewa Tanah

Tanah di Indonesia

Di beberapa daerah, sewa lahan banyak dimanfaatkan untuk meraup untung dengan cara mengolah pertanian atau perkebunan yang ada di lahan tersebut. Dengan menyewa lahan untuk diolah kembali, banyak pihak yang memanfaatkannnya dengan menanami dengan tanaman yang memiliki nilai investasi tinggi seperti kayu sengon atau jabon yang akhir-akhir ini makin banyak dilakukan oleh beberapa kalangan. Hal ini diangap cukup menguntungkan karena melihat dari perawatan lahan tersebut tidak menyita banyak waktu dan tidak terlalu rumit.

Tak Sebatas Lahan Industri

Lahan sewa juga bisa difungsikan sebagai kolam ikan atau pemancingan. Melihat jenis tanah untuk kolam adalah lahan basah dengan nilai sewa yang lebih murah dibanding lahan kering, hal tersebut diangap memberi peluang return yang maksimal, karena dengan biaya sewa lebih ringan, merka akan memaksimalkan keuntungan dari pengelolaan lahan tersebut.

Namun kini penggunaan lahan sewa tak sebatas untuk usaha pertanian saja. Kini berbagai bidang usaha lain pun banyak yang memburu lahan sewa sebagai lokasi usaha. Bukan hanya di Jakarta, seiring dengan pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah yang mendorong pertumbuhan berbagai usaha. Sejumlah ruang industri dan ruang usaha menyebar di berbagai daerah. Seperti yang terlihat di Bekasi, Cikarang, dan Tangerang. Beberapa kawasan ini banyak diincar melihat pertumbuhan wilayahnya yang cukup pesat. Beberapa industri berskala internasional memilih kawasan tersebut sebagai lokasi pabrik.

Tak hanya untuk industri, kawasan tersebut juga makin diincar untuk mengembangkan lokasi bisnis, seperti pusat belanja, perkantoran, restaurant, juga kios. Kawasan-kawasan tersebut juga dianggap sangat potensial karena makin banyak proyek hunian di sekitarnya yang memberi prospek cerah untuk pertumbuhan bisnis mereka.

Tanah di Indonesia

Prospek di Kawasan Lain

Sewa lahan di kawasan Bekasi tercatat mengalami pertumbuhan yang signifikan, dimana dari catatan Survei Colliers International menyebutkan bahwa harga sewa lahan di Indonesia mengalami peningkatan 25%. Hal ini juga terlihat di Bekasi dan Karawang. Beberapa daerah lain seperti Makasar, Batam, dan Palembang yang pun menjadi wilayah dengan nilai sewa lahan yang terus merambat naik karena beberapa proyek hunian serta kawasan industri makin bertambah di wilayah tersebut.

Kebutuhan lahan sewa tampaknya tak hanya untuk ruang usaha, industri atau pengolahan lahan pertanian semata. Beberapa perusahaan, seperti perusahaan telekomunikasi pun banyak yang membutuhkan sewa lahan untuk membangung tower BTS di beberapa lokasi. Hal ini terbilang cukup menguntungkan karena biasanya perusahaan tersebut bisa menyewa lahan dalam kurun waktu yang terbilang cukup lama, seperti kisaran 5 tahun, atau bahkan 10 tahun sekaligus dengan nilai sewa yang cukup tinggi.

Memuat Hasil