Wanita Terkaya di Dunia 2016 dari Bisnis Properti

Ada yang spesial bagi kaum wanita seantero dunia pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya karena bertepatan dengan Hari Wanita Sedunia. Untuk itu Lamudi ingin menulis sedikit tentang wanita terkaya di dunia 2016 dari bisnis properti.

Dalam sejarah, tanggal tersebut merupakan momentum besar yang sangat bersejarah karena merupakan titik balik dari perjuangan persamaan hak selama berabad-abad bagi kaum perempuan hingga bisa berpartisipasi dalam masyarakat. Mengulik masa kelam dibaliknya, terjadi aksi protes yang digagas oleh para buruh garmen wanita di New York, Amerika Serikat pada tahun 1957 silam yang menuntut kesetaraan ditengah ketidakadilan hak mereka yang terabaikan oleh rekan buruh lelaki dan kondisi buruk yang mereka rasakan. Mereka menyuarakan tuntutan menyangkut kondisi lingkungan kerja yang buruk dan upah yang rendah serta menuntut jam kerja yang lebih pendek. Namun sayang, aksi ini tidak berjalan damai dengan terjadinya tindakan represif yang dilakukan oleh kepolisian setempat.

10 Wanita Terkaya di Dunia 2016 saat ini

Lain dulu lain sekarang, wanita semakin menunjukkan taringnya seiring dengan berjalannya waktu. Tak hanya dalam pekerjaan, kini wanita bahkan terjun sebagai pebisnis dan memliki kekayaan yang tak kalah dari kaum adam. Terkuak bahwa dari populasi 1.612 milyarder yang ada di dunia pada awal tahun ini menurut versi forbes, terdapat diantaranya 164 wanita.


Meskipun tak sebanyak lelaki, hal ini telah membuktikan bahwa wanita tak bisa dipandang sebelah mata. Buktinya, urutan pertama wanita terkaya di dunia adalah
Lilliane Betttencourt yang juga merupakan orang kesebelas terkaya di dunia. Wanita berumur 93 tahun ini merupakan pemilik saham terbesar L’Oreal Paris yang dirintis oleh ayahnya sejak tahun 1907. Wanita berkebangsaan Perancis ini membantu ayahnya merintis perusahaan sejak usia 15 tahun dan kini memiliki kekayaan sekitar 36,8 miliar dolar AS. Wanita terkaya di Eropa yang berusia 93 tahun yang sedang berjuang melawan penyakit demensia ini kini telah digantikan oleh sang cucu yaitu Jean-Victor Meyers yang berusia 25 tahun pada tahun 2012 silam.


Selanjutnya, urutan wanita terkaya kedua di dunia adalah
Alice Walton berada pada urutan keenambelas dengan kekayaan sebesar 32 miliar dolar. Alice yang merupakan pengoleksi seni dan kurator yang memiliki Crystal Bridges Museum of American Art ini merupakan pemilik retail raksasa terbesar di dunia, Wal-Mart. Selain dirinya, 2 saudara kandungnya yaitu Jim dan Bid yang memegang peranan penting dalam perusahaan, serta iparnya, Christy Walton yaitu istri dari saudara laki-laki Alice, John juga mendapatkan bagian dari retailer raksasa ini. Christy dan keluarganya mewariskan kekayaan suaminya yang meninggal karena kecelakaan pesawat pada tahun 2005. Ia memegang saham Wal-Mart sebanyak 11 persen dan juga memiliki saham melalui First Solar yaitu perusahaan penghasil panel surya yang pada pertengahan september tahun lalu bernilai sekitar 1,3 miliar dolar.

# #Dunia Nama Perusahaan Kekayaan Umur Negara
1 11 Liliane Bettencourt L’Oreal US$ 36,9 milyar 93 Perancis
2 16 Alice Walton Wal-Mart US$ 32 milyar 66 Amerika
3 27 Jacqueline Mars Mars US$ 4,5 milyar 76 Amerika
4 31 Maria Franca Fissolo Nutella US$ 22,5 milyar 52 Italia
5 39 Susanne Klatten BMW US$ 18,9 milyar 53 Jerman
6 43 Laurene Powell Jobs Apple, Disney US$ 17,4 milyar 52 Amerika
7 64 Abigail Johnson Fidelity Investment US$ 13,8 milyar 54 Amerika
8 77 Charlene de Carvalho-Heineken Heineken US$ 12,6 milyar 61 Belanda
9 100 Iris Fontbona Antofagasta PLC US$ 10,7 milyar 73 Chile
10 105 Massimiliana Landini Aleotti Menarini US$ 10,2 milyar 73 Italia

6 Wanita Terkaya di Dunia dari Bisnis Properti

Tak hanya itu, diantara 164 milyarder perempuan terdapat beberapa 6 wanita yang bercokol di bidang properti. Siapa saja mereka? Berikut daftar wanita terkaya di dunia tahun 2016 dari bisnis properti:

# #Dunia Nama Perusahaan Kekayaan Umur Negara
1 246 Chan Laiwa Fu Wah International Group US$ 5,2 milyar 75 Cina
2 260 Yang Huiyan Country Garden Holdings US$ 5,1 milyar 34 Cina
3 337 Vivien Chen Nan Fung Group US$ 4,5 milyar 57 Hong Kong
4 533 Wu Yajun Longfor Properties US$ 3,3 milyar 52 Cina
5 731 Yoshiko Mori Mori Trust US$ 2,8 milyar 75 Jepang
6 784 Alexandra Schorghuber Bayerische Bau und Immobilien GmbH US$ 2,8 milyar 57 Jerman

1. Chan Laiwa

Chan Laiwa merupakan wanita terkaya di dunia yang merajai bisnis properti diurutan pertama yang berasal dari Beijing, China. Dalam ranking orang terkaya didunia, ia berada pada urutan ke 243. Perusahaan pribadi yang ia rintis dari tahun 1988 di bidang real estate, Fu Wah International Group yang telah melanglang buana sebagai investor real estate. Perusahaan ini menanam saham pada 2014 silam di Park Hyatt Hotel, Auckland. Proyek ekspansi lainnya yang ia pegang adalahi perjanjian kerjasama dengan pemerintah kota Wellington dalam pembangunan Bandara Internasional Wellington, New Zealand.

2. Yang Huiyan

Wanita muda berumur 34 tahun ini memiliki kekayaan sekitar 5.1 Milyar USD dan kekayaan tersebut didapatkannya pada tahun 2007 setelah sang ayah mentransfer kepemilikan sahamnya di Country Garden Holding. Pada tahun 2015 lalu, Yang Huiyan menempati posisi nomor 24 pada daftar orang terkaya di Tiongkok. Seluruh kekayaannya ini ia dapatkan dari hasil berbisnis dalam bidang properti dan sanggup menjadikan Yang Huiyan sebagai wanita terkaya di Asia.

3. Vivien Chen

Ia adalah nomor 14 dari 50 orang terkaya di Hongkong dan mendapatkan kekayaannya dari bisnis properti. Kekayaannya saat ini mencapai 4.5 Milyar USD dan untuk mencapai apa yang diperolehnya sekarang bukanlah semudah membalikkan telapak tangan. Vivien mulai memegang perusahaan milik ayahnya sejak tahun 2009, namun ia sudah mulai bekerja sejak tahun 1981 dan berkontribusi besar untuk kemajuan perusahaan. Proyek properti perusahaan milik Vivien telah tersebar di negara-negara Asia seperti Hongkong, Macau, Korea Selatan juga Selandia Baru.

4. Wu Yajun

Co-founder dan chairwoman Longfor Properties ini lahir tahun 1964. Merupakan seorang warga negara Cina dan dulunya berprofesi sebagai jurnalis. Bisnis ini ia rintis bersama Cai Kui, mantan suaminya. Mulai dari Chongqing, proyek perusahaan ini merambah ke kota besar lainnya seperti Shanghai, Beijing dan Dalian. Kekayaan yang ia miliki saat ini mencapai 3.3 Milyar USD dan menempatkannya sebagai orang terkaya di Tiongkok nomor 41 pada tahun 2015. Sementara dari daftar milyuner dunia, ia berada di posisi 512.

5. Yoshiko Mori

Pemilik perusahaan Mori Trust ini menduduki peringkat ke 13 dalam daftar 50 orang terkaya di Jepang. Saat ini perusahaan yang dimilikinya mengelola 67 gedung dan 27 hotel di seluruh Jepang. Wanita yang memiliki 2 anak ini total kekayaannya sebesar 2.8 Milyar USD. Shanghai World Financial Center yang merupakan gedung tertinggi di Tiongkok adalah salah satu proyek perusahaan milik Yoshiko. Mori Trust tak hanya membangun banyak gedung, namun perusahaan ini juga sangat memperhatikan masalah pembangunan di masa depan dan urban planning. Tak hanya aktif di bisnis properti, ia juga aktif di bidang seni sehingga ditunjuk menjadi chairperson Mori Art Museum.

6. Alexandra Schorghuber

Satu lagi wanita pengusaha yang mendapatkan aset kekayaannya dari bidang properti. Alexandra, merupakan Ketua Dewan Pembina dan Anggota Dewan dari Bayerische Bau und Immobilien GmbH. Portfolio perusahaan ini meliputi 200 bangunan di area-area terbaik Jerman, seperti Munich, Frankfurt, Berlin dan Dresden. 80% nya adalah bangunan kantor, hotel juga restoran. Ia merupakan milyarder nomer 782 di dunia, berdasarkan data tahun 2015. Sementara di tahun yang sama ia menempati posisi 59 untuk orang terkaya di Jerman.

wanita terkaya di dunia 2016

Data terakhir diupdate dari Forbes tanggal 23 Feb 2015
gambar dari wikimedia commons, twitter/@perennakeii