Tips Sederhana Membuat Ruang Kantor di Rumah

tips_membuat_ruang_kantor

Bekerja tidak selamanya dilakukan di dalam kantor, Anda pun bisa melakukannya di rumah, apalagi saat masa pandemi seperti sekarang ini dimana adanya aturan social distancing, bekerja dari rumah merupakan pilihan yang tepat untuk dilakukan. 

Kalau begitu ceritanya, tentu membuat ruang kerja yang nyaman di dalam hunian merupakan langkah yang tepat. Nah, bagi Anda yang ingin membuat ruang kantor di dalam rumah, berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan.     

Pencahayaan

Perhatikan urusan pencahayaan, karena ruang kerja haruslah memiliki pencahayaan yang cukup. Agar Anda bisa bekerja dengan nyaman. Untuk mensiasati hal ini Anda bisa membuat ruang kerja dekat dengan jendela atau menambahkan lampu meja dengan penerangan yang cukup. 

Sirkulasi Udara 

Jangan lupa untuk memperhatikan urusan sirkulasi udara, karena jika ruang kerja dalam kondisi panas dapat membuat suasana kerja tidak nyaman dan mudah lelah, untuk itu Anda bisa menambahkan kipas angin ataupun air conditioner (AC), atau Anda juga bisa membuat ruang kerja dengan atap ceiling yang tinggi, hal ini dilakukan agar sirkulasi udara bisa mengalir dengan baik. 

Panorama Serta Suara 

Area kerja memerlukan panorama indah agar bisa konsentrasi dengan tenang. Contohnya, menghadap ke jendela, taman, atau berdekatan dengan kolam air mancur. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa mengistirahatkan mata sesaat serta membuat tubuh rileks, al hasil ide-ide brilian dapat menghampiri Anda.

Lihat Juga : Daftar Sewa Kantor Termurah di Jakarta 

Posisi Meja Kerja 

Peletakkan meja yang tidak pas dapat mengganggu konsentrasi serta kenyamanan kerja. Janganlah menempatkan komputer dengan posisi membelakangi jendela, dikarenakan dapat menjadikan Anda silau ketika menatap layar. Posisi yang sangat nyaman yaitu menempatkan meja dengan posisi menghadap jendela atau berada di samping kanan atau kirinya.

Pilih Warna Cat yang Tepat 

Hal yang penting lainnya yaitu pemilihan warna cat. Janganlah meremehkan penentuan warna cat untuk area tempat kerja, warna cat  dapat membangkitkan semangat ataupun konsentrasi seseorang untuk bekerja. Warna cat yang cocok digunakan di ruang kerja adalah ungu, biru, hijau dan putih. 

Pakailah Kursi yang Nyaman

Karena kerja membutuhkan waktu yang lama, maka Anda membutuhkan kursi ergonomis yang sesuai dengan kebutuhan. Pakailah kursi yang nyaman sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari.