Tips Merancang Mushola dalam Rumah di Bulan Ramadhan

Sumber: Pinterest

Bulan Ramadhan 2020 mungkin sangat berbeda dibanding dengan bulan-bulan ramadhan di tahun-tahun sebelumnya. Adanya pembatasan sosial berskala besar pasca status pandemi virus Covid-19 mewabah di dunia, membuat aktivitas pun terbatas. Salah satunya adalah aktivitas ibadah di mushola/masjid. Karena situasi seperti ini, mungkin sebagian besar dari Anda akan sangat merindukan nuansa ibadah bersama (berjamaah) disana. Dibanding Anda berlarut tidak bisa pergi ke mushola/masjid dengan pembatasan sosial ini, ada baiknya untuk membawa nuansanya ke dalam rumah Anda.

Nah, Lamudi.co.id punya sejumlah tips merancang area mushola dalam rumah secara mandiri lho ! Mari kita simak bersama beberapa poin di bawah ini !

Area Hening

Pernahkah Anda melihat area solat untuk imam di masjid atau mushola yang pernah Anda kunjungi? Selain memang untuk ditujukan kepada ‘sang imam’, spot sholat ini memang dirancang agar sang imam memiliki fokus dan keheningan yang tinggi atau kekhusyukan saat memimpin jalannya ibadah sholat. Anda pun dapat mengadopsi tujuan area ini dalam tempat sholat ini ke rumah Anda. Untuk membawa nuansa kekhusyukan ini, Anda bisa menempatkannya di area-area dengan tingkat keheningan tinggi. Misalnya, pada ruangan-ruangan tertentu yang kosong atau sebuah spot yang terletak pada sudut ruang. Namun perlu diingat, area tersebut harus menghadap kiblat ya !

Batasi Sekat

Jika tidak memungkinkan atau tidak memiliki area pada poin sebelumnya, Anda dapat membuat spot sholat temporer dengan menggunakan sekat portabel. Adapun fungsi sekat ini selain membuat area menjadi lebih khusyuk, sekat ini dapat berfungsi sebagai sutrah yakni penghalang orang yang melintasi area sujud.

Gelar Karpet

Saat merancang mushola dalam rumah atau area sholat, ada baiknya untuk menempatkan karpet sebagai alas untuk aktivitas ibadah. Selain membuat nyaman saat sholat dan bersujud untuk-NYA, menempatkan karpet di bawah sajadah juga dapat membuat Anda betah untuk berlama-lama melakukan aktivitas ibadah lainnya selama bulan ramadhan 2020. Misalnya saja saat duduk bersimpuh berzikir atau melakukan tadarus Alquran.

Pastikan Rapih dan Bersih

Sekalipun terlihat baik secara visual, kualitas ibadah akan menjadi menurun pahalanya jika tempat ibadah tersebut tidak bersih dan rapih. Oleh karena itu, bersihkan secara rutin tempat beribadah minimal satu kali dalam satu hari.

Tempatkan Aroma Terapi

Beberapa riset mengatakan bahwa aroma tertentu dapat membawa fokus tinggi dalam sebuah aktivitas. Bicara tentang fokus dalam aktivitas ibadah, hal ini tentu berkenaan dengan kekhusyukan dari kualitas ibadah tersebut. Untuk mengimplementasikan tujuan dari kekhusyukan tersebut, Anda dapat menempatkan beberapa pewangi atau menyemprotkan semprotan pewangi secara berkala sebelum melaksanakan ibadah. Beberapa aroma terbaik yang dapat Anda tempatkan atau semprotkan yakni seperti peppermint, kayu manis, lemon atau lavender.

 

Penulis: Zico Rizki