Tips Mengubah Rumah Anda Menjadi Properti Sewa

property

Semakin banyak pemilik rumah yang menyewakan properti mereka ketimbang menjualnya. Jika pasar real estate sekitar Anda sedang bagus, ide menyewakan sangat layak dipertimbangkan.

Berikut ini, sejumlah tips yang Lamudi  telah susun sebagai bahan pertimbangan untuk membantu Anda mewujudkannya!

 

 Menghitung Biaya

Mortgage calculator. House, noney and document.
© ingimage

Pastikan Anda menghitung harga sewa sebelum mengumumkannya. Apa saja yang harus Anda masukkan dalam kalkulasi? Biaya pembayaran untuk hipotek, pemeliharaan, perbaikan yang dibutuhkan di masa mendatang, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang menyewakan rumah lengkap dengan perabotan, perhitungkan juga kemungkinan kerusakan dan biaya perbaikannya.

 

Tingkat Kestrategisan

Calculator and chart
© ingimage

 

Jangan menentukan harga sewa sebelum mempertimbangkan seberapa strategis lokasi properti Anda. Jika Anda baru-baru ini merenovasi rumah, hal ini juga dapat alasan untuk menaikkan harga sewanya.

 

Upgrade Rumah Anda

paint
© ingimage

Perbaikan dan merenovasi rumah tidak hanya menarik minat penyewa, tapi juga membuat biaya sewa lebih tinggi. Pertimbangkan untuk merenovasi rumah Anda dengan konsep ramah lingkungan. Pasalnya, rumah bergaya “green living” ini sedang diminati di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

 

Promo yang Menarik

table
© ingimage

Jangan salah! Kata-kata promosi yang eyecatching dapat membantu Anda menarik penyewa rumah lebih cepat. Simak baik-baik lima kesalahan umum paling sering yang dilakukan agen real estate saat mempromosikan properti mereka.

 

Jangan Mengelola Sendiri

manage
© ingimage

Mengelola properti seorang diri berpotensi menghabiskan waktu Anda, sekaligus bisa menyebabkan Anda stres. Kenapa tidak menyewa perusahaan manajemen properti saja? Apalagi, semakin banyak pemilik tanah yang memilih mengeluarkan 10% dari uang sewa bulanan untuk perusahaan manajemen daripada mengelola properti mereka sendiri. Tapi, lakukan penelitian sebelum menentukan pilihan Anda. Telisik lebih jauh track recordperusahaan manajemen properti tersebut, juga biaya yang dikenakan.