Tips Memilih Bank Penyalur KPR

(Sumber foto: shutterstock)

Jangan pernah menunda untuk membeli rumah, karena semakin Anda menundanya maka semakin sulit memilikinya. Hal tersebut dikarenakan harga rumah setiap tahunnya terus merangkak naik, disebabkan karena tingginya permintaan dan semakin menyempitnya lahan. 

Sebenarnya untuk membeli rumah tidak perlu dengan metode pembayaran cash, calon pembeli  juga bisa membelinya dengan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari perbankan. Cara ini bisa dijadikan solusi menarik untuk membeli hunian jika memang belum memiliki biaya yang cukup.   

Jika tertarik untuk menggunakan KPR, Anda pun harus jeli memilih lembaga penyalur KPR.. Pilihlah bank yang membuat Anda merasa nyaman. Buatlah daftar penyalur KPR di daerah Anda, carilah informasi tentang produk KPR yang ditawarkan. Temui pelayanan konsumen KPR dan gali informasi sebanyak-banyaknya. 

Nah, untuk Anda yang berencana membeli rumah melalui skema KPR, berikut ini adalah tips memilih bank penyalur KPR.    

Bandingkan Bunga KPR 

Pada dasarnya setiap setiap bank memiliki besaran bunga KPR yang berbeda-beda, untuk itu carilah bank yang menawarkan bunga yang kecil dan dapat menguntungkan Anda. Tanyakan dengan detail perihal besaran bunga yang mereka tawarkan baik bunga promo/fixed atau floating.  

Memberikan Pelayanan yang Baik 

Pilihlah bank yang memberikan pelayanan yang baik, hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana cara mereka menjelaskan produk KPR dengan detail, kemudian mereka juga dapat menjelaskan simulasi KPR dengan baik. 

Biaya KPR

Saat mengajukan KPR, Anda juga diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya, mulai dari biaya propisi, administrasi, asuransi jiwa, asuransi kebakaran dan biaya notaris. Carilah bank yang menawarkan biaya yang ringan dan sesuai dengan kemampuan Anda.