Tarif Tol Surabaya – Solo 2020 Terbaru & Terlengkap

Ilustrasi tarif tol Surabaya - Solo (sumber : shutterstock)

Proses pembangunan Tol Trans Jawa kini masih terus berlanjut, jalur bebas hambatan yang akan menghubungkan ujung barat sampai timur Pulau Jawa tersebut menjadi salah satu ruas tol terpadat yang dibangun di dalam negeri. Salah satu tol yang banyak dilalui adalah Tol Surabaya – Solo. Nah, bagi Anda yang saat berniat ingin menggunakan jalan tol tersebut, berikut ini adalah tarif tol Surabaya – Solo.      

Jika Anda dari Surabaya dan ingin menuju Solo, ada beberapa ruas tol yang harus dilalui. Yakni tol Jalan Tol Surabaya-Mojokerto (36.27 km), Jalan Tol Kertosono-Mojokerto (40.5 km), Tol Ngawi-Kertosono (87.02 km),  Tol Solo-Ngawi (90 km).    

Jarak tempuh perjalanan antara Surabaya dan Solo jika menggunakan tol trans Jawa sendiri bisa mencapai 253,79 km dengan waktu tempuh 4 jam. Waktu ini, relatif lebih cepat jika tanpa menggunakan tol yang bisa memakan waktu hingga 10 jam. 

Tarif Tol Surabaya – Solo 2020  

Jalur 

Golongan 

Tarif Tol Surabaya – Solo 

Tol Surabaya – Mojokerto

Kelas I 

30.500 

Tol Mojokerto- Kertosono 

Kelas I 

46.000 

Tol Kertosono – Ngawi 

Kelas I 

88.000 

Tol Ngawi – Solo 

Kelas I 

91.000 

Rest Area di Tol Surabaya – Solo

Setelah mengetahui tarif tol Surabaya – Solo, ada baiknya Anda juga mengetahui tentang lokasi rest area yang ada di sepanjang jalur tol Surabaya – Solo, hal ini disebabkan karena memang jarak antara Surabaya dan dan Solo cukup jauh.    

Surabaya – Mojokerto

Sepanjang jalur tol Surabaya – Mojokerto ataupun sebaliknya, setidak ada sekitar 2 rest area, yakni di KM 726 serta KM 754. Masing-masing rest area memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari toilet, tempat ibadah, tempat makan, pom bensin dan lain-lain. 

Mojokerto- Kertosono 

 Sepanjang jalur tol ini, Anda akan menemukan dua tempat rest area, yakni rest area Karang Dagangan dan rest area Coral Merchandise. Kedua tempat istirahat tersebut terbilang cukup lengkap, di sana Anda bisa belanja oleh-oleh atau istirahat. 

Kertosono – Ngawi 

Untuk jalur bebas hambatan ini ada 3 tempat istirahat, yakni pada KM 597 A, KM 575 A dan KM 519 A.Ketiga tempat istirahat sangatlah bersih. Di sana Anda bisa beristirahat ataupun mengisi perut yang kosong, karena banyak terdapat tempat makan.             

Ngawi – Solo 

Di jalur tol ini Anda akan menemukan satu tempat istirahat, yakni di KM 519 A. Fasilitas di tempat ini sangatlah lengkap, mulai dari tempat ibadah, tempat makan, tempat istirahat, area belanja. Di tempat ini juga sering diadakan acara pijat gratis, terutama saat musim mudik tiba.