Tanaman Hias Indoor Terpopuler di Instagram

Shutterstock

Menempatkan tanaman hias indoor dikatakan menjadi salah satu tips menambah kualitas dalam mendekorasi sebuah ruangan. Manfaatnya sendiri hadir dari peningkatan nilai estetika ruangan menjadi lebih indah hingga kualitas udara yang baik dari ruangan tersebut.

Tidak hanya dalam kepentingan dekorasi, tanaman hias indoor ini juga sering menjadi media tersendiri untuk meningkatkan estetika dari foto sebuah produk atau bahkan foto pribadi.

Nah, jika kalian yang saat ini sedang mencari tanaman hias indoor baik untuk dekorasi atau properti foto, sejumlah tanaman hias indoor populer yang tercatat dari jumlah impression di instagram bisa jadi patokan pilihanmu.

Dari data impression tersebut, sekiranya ada 5 tanaman hias indoor yang paling disukai pengguna instagram di seluruh dunia. Apa saja tanaman hias tersebut? Yuk kita simak bersama !

Ceriman (Monstera Deliciosa)

Tanaman Monstera
Pinterest

Digadang sebagai tanaman yang kekinian, tanaman monstera atau ceriman atau swiss cheese plant merupakan tanaman tropis yang memiliki daun berbentuk hati dengan lubang-lubang pada setiap helai daunnya. Memiliki daun dan batang yang cukup besar, umumnya tanaman ini berwarna hijau pekat. Biasanya, tanaman ini diadopsi untuk menambah kesan estetik dari interior ruangan bergaya minimalis atau skandinavia.

Tidak hanya estetik, tanaman monstera memiliki manfaat untuk memperbaiki kualitas udara dalam ruangan. Tanaman ini juga dapat tumbuh di luar ruangan. Perawatan tanaman ini tergolong sangat mudah dan relatif resistan terhadap hama/penyakit tumbuhan.

Meskipun estetik dan sederhana perawatannya, tanaman ini tergolong berbahaya karena terdapat racun pada seluruh bagiannya. Jangan sampai terkonsumsi oleh anak dan binatang peliharaan kalian. So, tempatkan secara bijak ya!

Tanaman Hias Indoor Pilea (Pilea Peperomioides)

Tanaman Hias Indoor Pilea
Pixabay

 

Tergolong paling populer selayaknya tanaman hias monstera, tanaman Pilea diketahui berasal dari Tiongkok. Tergolong dalam famili Uricaceae, Pilea memiliki daun hijau mengkilap berbentuk bulat pipih menyerupai pancake. Tanaman hias ini sering juga disebut sebagai chinese money plant atau pancake plant.

Bentuknya yang estetik ini sering membuatnya cocok ditempatkan di sudut manapun dalam ruang rumah. Sama seperti monstera, Pilea juga sering menjadi pemanis interior skandinavia dan minimalis. Untuk kesan estetik terbaik, kalian bisa menempatkan tumbuhan ini pada pot diatas rak gantung atau pot gantung.

Tumbuh maksimal 30 cm, perawatannya tanaman ini tergolong sangat mudah, minim penyiraman dan minim penyinaran matahari secara langsung.

Karet Kebo (Ficus Elastica)

Pixabay

Sering disebut juga sebagai tanaman karet merah, tanaman hias ini diketahui berasal dari asia selatan. Berwarna hijau dan merah marun, tanaman yang memiliki tinggi biasanya 25-30 meter ini kini banyak diadopsi menjadi tanaman hias mini 50 cm hingga 1 meter.

Karet Kebo menjadi populer tidak hanya dari perawakannya saja yang cantik, namun dari khasiatnya. Baik akar, getah, dan daunnya dapat menjadi obat untuk beberapa penyakit seperti bisul, maag, reumatik, nyeri sendi dan stroke. Jika ditempatkan didalam atau diluar rumah, tanaman Karet Kebo juga dapat berperan sebagai filter untuk udara kotor menjadi udara bersih.

Kaktus Kubis (Echeveria Glauca)

Pixabay

 

Merupakan spesies tumbuhan sukulen, bentuk tanaman ini sangat menarik menyerupai bunga mawar atau sayuran kubis. Setiap daun dalam tanaman ini berbentuk presesi mulai dari pangkal hingga ujung batang. Variasi warna dari tanaman ini tergolong banyak mulai dari warna hijau, kuning, merah, hingga warna campuran.

Perawatannya bisa dikatakan gampang-gampang sulit. Dimana penyiramannya hanya membutuhkan sedikit air, namun harus mendapatkan asupan cahaya matahari minimal 4 jam dalam sehari.

Tanaman Hias Indoor Haworthia (Haworthia Fasciata)

Tanaman Hias Indoor Haworthia
Pixabay

Berasal dari Afrika Selatan, tanaman Haworthia sama seperti kaktus kubis yang sangat menyukai sinar matahari dengan penyiraman minim. Memiliki perawakan yang unik dan mungil berukuran 1-3 cm, haworthia memiliki corak bercak atau garis putih di setiap helai daunnya. Karena perawakannya seperti hewan zebra, tanaman ini juga sering disebut sebagai tanaman zebra.