Syarat Mengajukan KPR Untuk Wiraswasta

(Foto: alexanderstein/pixabay)

Rumah merupakan kebutuhan primer untuk setiap orang, baik itu lajang ataupun bagi mereka yang sudah berkeluarga. Selain memiliki fungsi sebagai tempat berkumpul dan berlindung, keberadaan rumah juga dapat menegaskan status sosial seseorang, makanya tak heran saat ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk memiliki rumah idaman.

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki rumah idaman, salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank. Namun, sebelum mengajukan permohonan ke bank, si pemohon harus juga menyertakan beberapa persyaratan yang harus dilakukan, salah satunya seperti slip gaji atau keterangan status karyawan tetap dari perusahaan yang bersangkutan.

Namun pertanyaannya sekarang, bagaimana dengan mereka yang berprofesi sebagai wiraswasta seperti pemilik toko, percetakan, atau pemilik rumah makan yang notabene tidak memiliki slip gaji dan tidak memiliki penghasilan tetap, apakah mereka juga bisa mengajukan KPR ke bank?

Bagi mereka yang berprofesi sebagai wiraswasta, ternyata juga bisa mengajukan kredit perumahan ke bank, namun memang persyaratan-persyaratan yang diajukan berbeda dengan pengajuan bagi mereka yang berprofesi karyawan tetap. Nah, berikut ini adalah beberapa persyaraatan untuk pengajuan KPR untuk wiraswasta.

  • Syarat Ijin Usaha

Anda harus menyiapkan Syarat Ijin Usaha Perdagangan atau SIUP, laporan keuangan usaha, rekening Koran usaha, daftar supplier, serta data pemasukan bersih minimal dua kali dari angsuran yang diajukan. Contohnya, jika Anda ingin mengajukan KPR untuk rumah seharga Rp 350 juta dengan cicilan per bulan Rp 2 juta rupiah, maka pemasukan bersih perbulan Anda harus 2x dari cicilan per bulan yaitu Rp 4 juta rupiah.    

  • Syarat Administrasi

Anda juga diwajibkan untuk melampirkan beberapa syarat administrasi, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Akta Pernikahan (bila sudah menikah), dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

  • Syarat Rumah  

Syarat rumah yang ingin diajukan KPR untuk wiraswasta harus memiliki sertifikat Surat Hak Milik (SHM) sebagai jaminan ke bank. Diikuti dengan surat Ijin Mendirikan Bangunan ( IMB), dan juga akses depan rumah tersebut bisa dilalui mobil.