SIUP Online, Cara Mudah Buat SIUP Tanpa Antri

Ilustrasi SIUP (Sumber Shutterstock)

Bagi Anda pemilik ruko (rumah toko) yang berencana untuk menjalankan bisnis, tentunya membutuhkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), hal ini sangat penting guna menjamin bahwa status usaha Anda legal dimata hukum. Nah, bagi Anda yang berencana untuk membuat SIUP, sebenarnya sekarang ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat SIUP, salah satunya menggunakan aplikasi SIUP online.      

Apa Itu SIUP? 

Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP adalah legalitas yang dimiliki oleh orang atau perusahaan untuk menjalankan usaha perdagangan. Perdagangan yang dimaksud adalah kegiatan jual-beli, sewa beli ataupun sewa menyewa. Setiap usaha yang bergerak di sektor perdagangan wajib memiliki SIUP 

Jenis SIUP 

Pada dasarnya SIUP terbagi menjadi beberapa jenis, yakni : 

  • SIUP Kecil yang diperuntukan untuk perusahaan yang memiliki kekayaan bersihnya lebih dari Rp 50 juta hingga Rp 500 juta. 
  • Siup Menengah yang diperuntukan untuk perusahaan yang memiliki kekayaan Rp 500 juta hingga Rp 10 miliar.  
  • SIUP Besar adalah surat izin usaha yang diperuntukan untuk perusahaan yang memiliki kekayaan bersih lebih dari RP 10 miliar   
  • SIUP Mikro, diperuntukan untuk mereka yang menjalankan bisnis dengan sekala kecil atau mikro 

Fungsi SIUP Online

SIUP Online memang sengaja diluncurkan untuk membantu pelaku bisnis untuk mendapatkan izin usaha dengan cepat dan transparan. Jika dulu mengajukan pembuatan SIUP dengan cara yang berbelit-belit kini sangat mudah, karena bisa dilakukan melalui aplikasi.    

Setiap pemerintah kota di, memiliki cara dan website pendaftaran SIUP online berbeda-beda. Jika di Jakarta Anda dapat melihatnya di www.jakevo.jakarta.go.id, jika di Bandung bisa dicek pada website www.dpmptsp.bandung.go.id, di kota Sidoarjo dapat dilihat pada website www.dpmptsp.sidoarjokab.go.id, Semarang ada di www.izin.semarangkota.go.id, di Yogyakarta ada pada alamat website www.pmperizinan.jogjakarta.go.id lalu ada juga di Medan dengan alamat website di  www.dpmptsp.pemkomedan.go.id dan di wilayah Surabaya ada pada website www.ssw.surabaya.go.id 

Baca Juga: Perbedaan AJB dan PPJB 

Cara Menggunakan SIUP Online

  • Register di jakevo.jakarta.go.id 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka website jakevo.jakarta.go.id, kemudian Anda register dengan cara isi data pribadi, seperti KTP, KK, nomor NPWP, alamat, tempat tanggal lahir dan nomor telp. 

  • Klik Menu Buat Permohonan Baru 

Langkah berikutnya adalah klik menu buat permohonan baru, setelah itu kemudian mengisi kolom tipe permohonan dan tipe pengajuan dan lokasi dimana izin diberikan. Pada menu ini Anda juga diwajibkan untuk mengisi formulir pendaftaran, isilah kolom pendaftaran tersebut dengan teliti. Selanjutnya pemohon juga diwajibkan untuk mengunggah berkas persyarat untuk membuat SIUP, mulai dari fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi NPWP, Surat Pernyataan Kedudukan Usaha beserta pas foto pemohon. 

  • Menu Izin Saya

Setelah semua berkas dikirimkan, kemudian Anda bisa memantau perkembangan pembuatan SIUP melalui menu izin saya, di sana ada beberapa icon seperti izin baru, izin dalam proses, izin selesai, izin butuh perbaikan, izin ditolak dan total perusahaan. Jika SIUP Anda sudah selesai, maka akan terlihat notifikasi di icon izin selesai dari sana Anda bisa mengetahui bahwa SIUP sudah selesai dibuat.