Sidoarjo, Kawasan Penyangga dengan Hunian Murah

Banyak kaum urban yang berlomba-lomba ingin tinggal di ibu kota karena berbagai macam alasan, di antaranya seperti tersedianya lapangan pekerjaan, fasilitas sosial baik pendidikan atau kesehatan yang menunjang, serta tersebarnya tempat nongkrong dan kuliner. Tetapi, makin berkembangnya kota, polusi dan harga properti juga makin meningkat. 

Surabaya merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Timur dan fenomena di atas juga sedang terjadi di sini. Kenaikan harga tanah di kota ini sudah menginjak Rp 14,8 juta per meter persegi dan kemungkinan akan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya. Tetapi, mereka tetap mencari celah untuk bisa memiliki hunian sendiri. Salah satu solusinya adalah melipir ke daerah penyangga.

Bersama dengan Gresik, Sidoarjo merupakan kota penyangga Kota Surabaya. Kabupaten ini hanya berjarak 35 menit dari pusat kota. Untuk harga hunian, harganya masih relatif murah karena masih dibanderol Rp 8 juta per meter perseginya. 

Pengembang Ciputra Grup membangun sebuah kompleks perumahan di daerah penyangga ini yang diberi nama Citra Garden. Perumahan yang mengusung konsep arsitektur modern minimalis hijau dan asri ini dibangun di atas lahan seluas 26 hektar.

Dibangun dengan konsep hijau dan asri, beberapa fasilitas taman dibangun di perumahan ini seperti Taman Green Hill, Taman Fiorensa, Taman Cahaya. Fasilitas lainnya berupa outdoor gym, jogging track, club house, hingga waterpark. Juga, kawasan ini juga dilengkapi dengan keamanan CCTV 24 jam.

Masalah harga, hunian di Citra Garden memiliki berbagai macam luas bangunan. Untuk harga, yang paling murah adalah seharga Rp 500 jutaan sedangkan yang paling mahal adalah Rp 4 miliar.

Perumahan ini memiliki akses yang sangat mudah ke ibu kota karena dekat dengan jalur tol Surabaya – Porong. Hunian ini juga dekat dengan Bandara Internasional Juanda karena hanya berjarak 30 menit saja.

Selain Infrastruktur, Citra Garden juga dekat dengan beberapa fasilitas seperti pendidikan, kesehatan, dan juga tempat hiburan. Sebut saja beberapa fasilitas terdekat adalah SMPN 1 Sidoarjo, SMAN 1 Sidoarjo, Klinik Citra Husada, Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo, dan beberapa sentra kuliner ternama.

Penulis : Muhamad Gufron 

Editor   : Novriyadi