Rumah unik yang nyentrik. Properti paling menginspirasikan dunia.

Beberapa orang menemukan inspirasinya lewat film atau serial TV klasik. Yang lainnya bertujuan untuk menghubungkan pengunjung dengan sejarah atau alam. Apapun tujuannya, beberapa rumah unik ini telah mengundang perhatian dunia untuk idenya yang cemerlang. Dan untuk setiap kasusnya, properti ini layak untuk diberi penghargaan akan orisinalitasnya.

Rumah Paling Tipis di Dunia: Polandia

Penghuni: Penulis dan beberapa orang kreatif melalui program ‘artist-in-residence (seniman di tempat tinggal)’

Terukur hanya 152cm di sisi terlebarnya, Keret House menjadi berita utama di 2012 dimana properti berikut instalasi seni pertama kali dilakukan. Bangunan ini dijejalkan di celah antara 2 gedung – satunya peninggalan pra-Perang Dunia Kedua dan satu lagi gedung peninggalan paska perang Polandia di perkampungan Yahudi di Warsaw. Arsitek Jakub Szczesny menjelaskan:”Saya jatuh cinta dengan ruang diantara dua gedung dari era yang berbeda. Saya memutuskan untuk menghubungkannya.

 

Rumah Pesawat Terbang: Nigeria

Penghuni: Said dan Liza Jammal

Properti ini telah menjadi daya tarik turis di Abuja, ibukota Nigeria. Rumah Pesawat Terbang ini juga memiliki sejarah yang sangat romantis: rumah ini dibangun pada tahun 2002 oleh Said Jammal sebagai simbol cinta untuk istrinya Liza, yang suka bertualang. Kami menantang Anda untuk menyaingi Said dalam mengekspresikan cinta.

 

Rumah Flintstone: Amerika Serikat

Penghuni: Korie Edises dilaporkan telah membeli rumah ini pada tahun 1996 seharga US $800.000

Masih ingat dengan keluarga zaman batu yang lucu The Flintstones? Ini adalah rupa rumah mereka di dunia nyata – paling tidak dari luarnya. Berlokasi di Kalifornia, properti ini awalnya hanya eksperimen besar yang menggunakan bahan bangunan yang berbeda. Baja dan rangkaian kawat yang dibangun diatas balon raksasa, lalu dicor dengan semen. Rumah ini paling bagus dilihat dari Interstate 208, jalan tol yang menghubungkan San Jose ke San Francisco.

 

Rumah Kerang Raksasa: Meksiko

Penghuni: Keluarga Mayorga

Rumah kerang ini membawa pengalaman tinggal di tepi pantai ke level berikutnya. Properti berbentuk kerang laut berlokasi di Mexico City ini terinspirasi akan karya Gaudí dan Frank Lloyd Wright. Ini adalah contoh dari “arsitektur-alami” oleh desainer struktur Javier Senosiain yang mengkombinasikan elemen alami bumi dengan prinsip desain moderen.

 

Rumah Kubah Anti Gempa: Indonesia

Penghuni: para warga Ngelepen Baru

Proyek non-profit Domes for the World (Kubah Untuk Dunia) terlahir setelah terjadinya gempa parah yang menghantam area Yogyakarta pada tahun 2006. Yayasan ini telah membangun kembali kampung Ngepelen sejak saat itu, termasuk membangun 71 rumah EcoShell dan beberapa fasilitas warga lainnya.

 

Rumah Transformer: Hong Kong

 

Penghuni: Arsitek Gary Chang

Disadur dari waralaba mainan dan film animasi populer Transformer, Apartemen Gary Chang di Hong Kong terlihat hanya seperti studio apartemen sederhana. Tapi, jika ditilik lebih teliti, pengunjung dapat menemukan kalau apartemen ini dapat menjelma menjadi 24 jenis ruangan yang berbeda. Dengan hanya luas 32 meter persegi, Chang berhasil memuat ruang TV, dapur, ruang cuci baju, spa, kamar mandi, dan ruang lainnya. “Daripada saya yang pindah dari satu ruang ke ruangan lainnya, saya hanya diam – rumah saya yang berpindah untuk saya” ujarnya.