Kriteria Rumah Incaran Milenial Selama Pandemi Covid-19

Kriteria Hunian Milenial
Pixabay

Besarnya aktivitas penjelajahan di internet selama masa pandemi Covid-19 menyebabkan pertumbuhan traffic yang signifikan pada sektor-sektor tertentu. Pencarian properti via internet pun diketahui menjadi salah satu sektor yang tumbuh belakangan ini. Portal properti global Lamudi.co.id melansir diantara sejumlah user pencari properti pengguna kategori generasi milenial disebut menjadi yang paling banyak ditemukan. Mayoritas mereka pun tercatat lebih mencari hunian tapak (rumah incaran milenial).

Dilihat dari behaviour-nya, terdapat sejumlah kriteria yang tercatat sebagai rumah incaran milenial. Nah, apa saja sekiranya kriteria rumah incaran milenial selama masa pandemi Covid-19 di 2020? Mari kita simak kriteria-kriterianya di bawah ini !

Harga di Bawah Rp500 juta

Selama masa pandemi Covid-19, Lamudi.co.id mencatat kriteria utama dari rumah incaran mereka berkaitan dengan faktor besaran harga. Data pencarian properti mengatakan mayoritas generasi milenial diketahui mencari rumah dengan harga di bawah Rp500 jutaan. Bisa dikatakan, semakin murah harga dan promo yang ditawarkan oleh developer properti, para milenial akan memprioritaskan hunian tersebut. Kriteria ini sebenarnya telah menjadi behaviour umum para pencari properti golongan milenial dalam pencarian properti di internet. Hal ini disebabkan oleh faktor pendapatan generasi milenial yang mayoritas berada dalam kategori menengah ke bawah.

Ketersediaan Fasilitas Internet

Sebagai kebutuhan primer untuk generasi milenial, penyediaan fasilitas internet menjadi salah satu kriteria prioritas dalam rumah incaran milenial di tahun 2020. Mau berlokasi di perkotaan atau kawasan penyanggah (satelit), para pencari properti kategori milenial diketahui lebih memprioritaskan proyek perumahan dengan keberadaan fasilitas tersebut. Prioritas fasilitas ini disinyalir berkenaan dengan aktivitas bisnis online dan besarnya penelusuran internet yang banyak digandrungi oleh generasi milenial.

Rumah Primer Modern Minimalis

Meskipun terdapat banyak daftar properti yang ditawarkan di internet saat ini, rumah primer berdesain minimalis adalah yang paling banyak menjadi kriteria rumah incaran milenial tahun 2020. Mengapa rumah primer? Hal ini ditinjau dari behaviour para user yang memang berencana untuk memiliki rumah pertama. Dalam 5 tahun terakhir, proyek rumah baru (primer) berdesain minimalis disebut menjadi tren yang dikembangkan oleh developer. Berkaitan dengan tren tersebut, milenial memiliki persepsi tren desain rumah ini memang merupakan ‘rumah untuk milenial’.

 

Penulis: Zico Rizki