9 Inspirasi Rumah Gaya Jepang, Nyaman Ditempati!

Rumah Gaya Jepang
Ilustrasi Foto: Unsplash

Setiap negara memiliki karakteristik arsitektur rumah masing-masing. Anda yang sedang membangun rumah dan ingin mengaplikasikan gaya rumah dari negara lain, Jepang cocok dijadikan pilihan. Rumah gaya Jepang sudah banyak diaplikasikan di Indonesia.

Ciri khas rumah gaya Jepang adalah banyaknya elemen kayu. Hal ini dikarenakan kayu dapat menahan gempa yang seringkali terjadi. Selain itu, rumah Jepang juga memiliki atap overstek yang lebar. Bentuknya melengkung miring guna melindungi penghuni dari empat musim.

Ciri khas tadi dapat digunakan di rumah Anda. Untuk inspirasinya, berikut ini ada 9 dekorasi rumah Jepang dengan arsitektur menarik. Tentunya nyaman juga ditempati!

Rumah Gaya Jepang Tradisional

Souce: pinterest

Pertama ada gaya tradisional atau disebut sebagai minka. Biasanya tipe rumah ini ditemukan di desa-desa atau pegunungan Jepang. Ciri khas budaya yang berada di dalam rumah ini masih sangat kental. Sebagai contoh sudah pasti ada tatami, washitsu, genkan, dan fusuma. Selain itu, teras yang luas serta bebatuan yang ada di halaman juga jelas terlihat. 

Baca Juga: Daftar Perumahan Bukit Golf Cibubur Termurah

Rumah Gaya Jepang Gandare House

Source: pinterest

Gandare house unik dan akan menjadi sorotan di area tertentu. Aksen kayu disulap menjadi gaya modern pada bagian luar. Tetapi elemen khas Jepang bagian dalam yang terbuat dari material kayu, tidak berubah sama sekali. Rumah gaya Jepang modern ini sangat nyaman ditempati, apalagi dengan pencahayaan alami yang datang dari jendela besar rumah.

Baca Juga: Daftar Apartemen 31 Sudirman Termurah

Rumah Gaya Jepang Scandinavian

Source: pinterest

Gaya Scandinavian sudah menjadi tren sejak lama. Bahkan di Indonesia, sudah banyak proyek rumah dijual yang mengusung konsep ini. Dipadukan dengan Jepang atau disebut sebagai Japandi, beberapa ciri khas yang dapat diterapkan adalah menggunakan warna putih pada dinding, memperbanyak elemen kayu dan menggunakan pintu geser atau washitsu.

Modern Dominasi Kaca

Source: pinterest

Seperti yang disebut di atas bahwa salah satu ciri khas rumah di Jepang adalah atap overstek lebar dan miring. Nah, hal itu dapat dipadukan dengan gaya rumah modern. Contohnya seperti di atas yang mendominasi kaca. Rumah ini cocok dibangun di dataran tinggi yang memiliki pemandangan alam yang menyegarkan mata.

Rumah Gaya Jepang Minimalis

Source: pinterest

Banyak menjadi dambaan banyak orang, rumah gaya Jepang minimalis ternyata sangat cocok diaplikasikan ke rumah impian Anda. Sama seperti yang lainnya, minimalis gaya Jepang menggunakan warna monokrom di banyak bagian. Bedanya adalah jendela tidak dipasang di bagian depan. Selain itu, supaya kesan Jepang tadi semakin terasa, Anda dapat menggunakan gerbang geser material kayu.

Gaya untuk Halaman Luas

Source: pinterest

Anda yang memiliki lahan luas dapat membuat gaya rumah Jepang sederhana. Gaya ini dipadukan oleh beberapa warna seperti putih biru dan hijau. Pada bagian depan, sediakan teras yang menjadi ciri khas rumah Jepang. Terasnya dapat dibuat lebih modern dengan meletakkan bangku dan meja. Tidak lupa hias halaman sedemikian rupa.

Ada Sentuhan Batu Alam

Source: pinterest

Rumah Jepang sudah terasa natural. Nah tambahan batu alam akan membuatnya semakin alami. Di beberapa titik Anda dapat memasang batu alam. Buat mini taman dengan bunga-bunga cantik di sekitarnya. Dengan begitu, meski Anda berada di tengah kota, hawa sejuk dan segar seperti di pegunungan akan terasa.

Model untuk Lahan Sempit

Source: pinterest

Di Jepang harga tanah dijual sangat mahal. Kalau hanya mampu membelinya sekian meter saja, apakah dapat membangun rumah? Jawabannya bisa. Anda dapat membangunnya secara vertikal seperti gaya rumah Jepang yang satu ini. Sederhana saja, yang penting cahaya baik dari lampu atau jendela sudah maksimal. Sisanya Anda dapat dekorasi sesuka hati. 

Rumah Jepang “Country”

Source: pinterest

Sama seperti rumah gaya Jepang tradisional, gaya rumah satu ini banyak ditemukan di desa atau pegunungan Jepang. Melihatnya saja sudah terasa tenang dan hangat karena warna coklat dan hitam yang ada. Selain itu, halamannya luas sehingga tidak sumpek.

Bagaimana? Unik dan mudah ditiru untuk dijadikan inspirasi bukan? Dengan warna earth tone nampaknya rumah gaya Jepang ini pun akan disukai oleh banyak masyarakat Indonesia. Apakah Anda salah satunya?