10 Desain Ruang Tamu Minimalis yang Murah untuk Dibangun

Memiliki ruang tamu dengan desain yang menarik merupakan idaman bagi siapa saja, desain ruang tamu yang eye catchy tentunya akan membuat suasana rumah semakin hangat, terutama ketika tamu datang, bisa dipastikan mereka akan betah berlama-lama di rumah Anda. 

Nah, bagi Anda yang saat ini berencana untuk mendesain ruang tamu, berikut ini adalah contoh desain ruang tamu minimalis untuk Anda. 

Ruang Tamu Minimalis dengan Warna Pastel 

Salah satu ciri ruang tamu minimalis adalah digunakannya warna pastel, pengaplikasian warna pastel ini tentunya dapat membuat kesan ruangan terasa lapang. Hindari menggunakan warna tajam seperti merah, kuning atau biru, karena warna ini akan menciptakan kesan yang penuh pada ruangan. 

Ruang Tamu Minimalis Bergaya Retro

Jika ingin membuat suasana unik pada ruang tamu, Anda bisa membuat area ini dengan gaya retro, caranya sederhana Anda bisa menempatkan kursi dan meja jengki berukuran kecil. Untuk mempermanis ruangan jangan lupa untuk menempatkan hiasan di dinding ataupun tanaman agar ruang tamu terasa lebih segar.      

Ruang Tamu Minimalis Gaya Klasik

Jika memiliki luas ruang tamu lebih besar, pemilik rumah bisa membuat ruang tamu dengan gaya klasik, cara sederhana gunakan sofa kulit berukuran sedang, kursi rotan serta karpet, agar suasana terasa lebih terang, Anda bisa menambahkan lampu baca.       

Ruang Tamu Skandinavia 

Anda juga bisa menerapkan ruang tamu bergaya skandinavia, dengan cara menggunakan furniture kayu, kemudian menempatkan beberapa tanaman hijau agar tampilan ruangan terasa asri. Jangan lupa untuk menggunakan bantal bercorak agar tidak terasa monoton.   

Fungsional 

Luas ruang tamu minimalis biasanya tidak terlalu besar, untuk itu Anda harus pintar untuk mengatur posisi furnitur agar ruang terasa lebih padat. Gunakan furnitur yang fungsional dan tidak terlalu besar untuk menyiasati ruangan yang sempit.       

Simple 

Karena keterbatasan luasan ruangpemilik rumah bisa membuat desain ruang tamu minimalis yang simple. Dengan cara menggunakan sofa bed, meja kecil ditambah warna cat yang terang agar ruangan terkesan lapang.   

Elegan

Kendati ruang tamu rumah minimalis tidak terlalu besar, Anda juga bisa menggunakan konsep yang elegan, yakni dengan menggunakan furnitur yang berkualitas, penataan warna cat yang cozy serta ambient light.     

Ruang Tamu Menghadap Jendela

Jika berniat membuat ruang tamu menghadap jendela, Anda bisa menggunakan desain ruang tamu di atas, tambahkan sofa serta kursi retro. Jangan lupa gunakan tanaman dan hiasan dinding untuk mempercantik ruangan.  

Ruang Tamu Minimalis Berkonsep Tropis 

Konsep ruangan tropis saat ini banyak digemari, jika Anda ingin mengaplikasikan konsep tersebut di rumah minimalis, cara sederhana pemilik rumah bisa menggunakan furnitur yang terbuat dari kayu, tambahkan kaca yang mendapat langsung ke taman.  

Ruang Tamu Minimalis Hitam Putih 

Ruang tamu dengan konsep hitam putih juga bisa dijadikan pilihan yang menarik, gunakan cat tembok putih untuk menimbulkan kesan yang lapang, kemudian pilihlah furnitur dan pernak-pernik berwarna hitam untuk menimbulkan kesan yang kontras pada ruangan.