10 Jenis Pohon Peneduh Rumah untuk Ciptakan Hawa Sejuk

pohon peneduh rumah
Ilustrasi jenis pohon peneduh rumah (Sumber: freepik)

Kehadiran pohon di halaman depan rumah ternyata tidak hanya dapat mempercantik tampilan rumah, tetapi juga dapat membuat suasana rumah terasa sejuk. Nah, bagi Anda yang saat ini berencana untuk menanam pohon di rumah, berikut ini adalah beberapa jenis pohon peneduh rumah yang bisa menciptakan hawa sejuk. 

Jenis Pohon Peneduh Rumah 

Pohon Beringin 

Salah satu jenis pohon peneduh yang bisa dipilih adalah pohon beringin. Jenis pohon ini memiliki ukuran yang cukup besar baik bagian batang pohon hingga daunnya. Makanya tak heran banyak pemilik rumah yang memilih jenis pohon ini untuk menghalau sinar matahari untuk masuk ke dalam rumah secara langsung. 

Pohon Cemara 

Pohon Cemara atau casuarinaceae merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk di tanam di halaman rumah Anda. Pohon ini memiliki ukuran yang cukup tinggi sehingga dapat menghalau sinar matahari masuk ke rumah. Tanaman ini juga sangat mudah di rawat. 

Pohon Kersen 

Pohon kersen memiliki bentuk yang rindang, daunnya banyak dan buahnya kecil-kecil berwarna merah. Pohon kersen biasanya di tanam di halaman rumah karena selain dapat mempercantik tampilan rumah pohon ini juga bisa membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk. 

Pohon Akasia 

Pohon akasia biasa juga disebut pohon duri, pohon ini memiliki banyak manfaat seperti sebagai bahan baku membuat mebel atau kertas. Pohon ini sangat cocok digunakan untuk penghijauan di rumah. 

Pohon Pucuk Merah 

Pohon ini memiliki bentuk yang lebat, rimbun dan daun yang berwarna merah. Karena bentuknya yang rimbun tak heran tanaman ini sering digunakan layaknya kanopi pada rumah. Saat musim kemarau, pucuk pohon ini akan berubah menjadi merah, sehingga akan membuat rumah Anda terlihat lebih cantik. 

Pohon Tanjung 

Pohon tanjung sering digunakan sebagai peneduh rumah, karena tumbuhan ini memiliki bentuk yang tinggi dan rindang. Tinggi pohon ini bisa mencapai 15 meter sehingga bisa menghalau terik sinar matahari. 

Pohon Mangga

Jenis pohon penyejuk rumah lainnya adalah pohon mangga, pohon ini memiliki bentuk yang besar dan rindang. Selain itu, keunggulan menanam pohon ini adalah perawatan yang mudah dan buahnya bisa dikonsumsi. 

Pohon Ketapang Kencana    

Pohon ketapang kencana sering digunakan sebagai peneduh rumah. Bentuk tumbuhan ini sangat cantik dan dapat tumbuh tinggi, banyak orang yang menanam pohon ini untuk memperindah taman di rumah. 

Pohon Flamboyan 

Pohon flamboyan memiliki bentuk yang rindang seperti payung, pohon ini sering ditanam oleh pemilik rumah karena memiliki bunga berwarna cerah, pohon ini sering dimanfaatkan sebagai peneduh rumah. 

Pohon Tabebuya

Pohon Tabebuya memiliki bentuk batang besar dan tinggi, kendati besar akar pohon ini tidak akan merusak pondasi rumah, banyak pemilik rumah yang menanam pohon ini sebagai penghias dan peneduh rumah.

Baca Juga: Jenis Tanaman Hidroponik dan Media Tanamnya, Lengkap!