Pohon Natal Unik dari Barang Bekas yang Murah

Suasana natal sudah mulai terasa, lagu-lagu bertema serupa bergema di rumah, di sekolah, atau di mobil bagi Anda yang merayakannya. Dalam menyambut perayaan besar bagi umat Kristiani ini, sejumlah tempat dihias sehingga menambah kental suasana natal. Namun, banyak dari niat tersebut yang terganjal dengan biaya yang selangit terlebih untuk membeli pohon natal. Siapa bilang pohon natal harus mahal? Anda juga bisa membuat sendiri pohon Natal yang unik dari barang bekas yang murah.

Bagi penduduk negara 4 musim, menebang pohon cemara hidup kini sudah mulai ditinggalkan dengan alasan pelestarian lingkungan sehingga beralih kepada ragam alternatif kreatif dari bahan daur ulang. Bagi kita yang hidup di negara 2 musim, apabila membeli pohon natal dipasaran terasa menguras kantong, mengapa tidak mencoba membuat sendiri saja? Selain menghemat, memberdayakan barang bekas menjadi lebih bermanfaat dengan sentuhan kreatifitas bersama keluarga bisa jadi momen yang menambah suasana hangat kebersamaan menjelang natal. Penasaran ide-ide pohon natal unik yang kreatif dan menarik? Sembari bongkar-bongkar gudang, intip list berikut karena bisa jadi barang- barang ini selalu langsung dibuang atau tak disadari malah menumpuk dan berdebu di rumah. Berikut kompilasi ide pohon natal unik dari barang bekas ala Lamudi dari bahan kaleng bekas, koran, majalah, buku, botol, dan limbah rumah tangga lainnya:

Ide Pohon Natal Unik dari Kaleng Bekas

Pohon natal unik dari kaleng bekas? Kaleng cat, mentega, kue, atau bahkan sarden seringkali terlupakan. Untuk kaleng kue, mungkin bisa didaur ulang sebagai tempat kue kering. Namun bagaimana dengan kaleng yang lain? Sebagaian besar mungkin hanya terbuang percuma, sementara proses produksi dan daur ulangnya tentu rumit. Lain halnya dengan proses pengolahan sampah yang sudah terkoordinir dengan baik di negara-negara maju, daur ulang bisa memperpanjang fungsi sampah kaleng disekitar kita.

Tak melulu berbentuk seperti ranting dan pohon, susun saja kaleng-kaleng dari yang paling besar hingga kecil dipaling atas. Hanya dengan bantuan perekat seperti magnet sheets atau double tape dan aksesoris seperti cat untuk mewarnai kaleng dan tali warna warni yang dilingkarkan di sisi kaleng, praktis bisa Anda kreasikan bersama keluarga di rumah. Terakhir tempelkan pernak-pernik seperti pita, dan ornamen lainnya. Lalu, tancapkan paku di kaleng teratas dan tempelkan hiasan bintang sebagai puncak, Anda tak memerlukan waktu lama untuk meyelesaikan pohon natal dalam format yang berbeda. Sedangkan dengan kaleng kornet atau sarden yang cenderung pipih, Anda bisa pula menyusun terbalik dengan sisi lubang kaleng menghadap ke depan dan diisi dengan bola hiasan natal yang digantung di dalamnya.

 

Ide Pohon Natal Unik dari Koran / Majalah Bekas

Menggantikan ketergantungan terhadap penebangan pohon, majalah atau koran bekas yang tidak terpakai lagi bisa jadi ide unik pohon natal daur ulang selanjutnya. Daripada menumpuk di sudut ruang dan tak lagi dibaca karena sudah tidak terpakai, dengan sedikit kesabaran dan keterampilan bisa kita ubah menjadi DIY mini christmas tree. Caranya, lipat setiap lembar halaman majalah dari mulai cover dengan melipat bagian ujung atas kanan halaman ke bawah seperti segitiga, lalu lipat sekali lagi. Teruskan step tersebut hingga halaman akhir. Lalu lipat keatas sudut segitiga yang menghadap kebawah. Rekatkan lembaran dan pastikan majalah tersebut bisa berdiri dengan sendirinya. Terakhir berikan sentuhan dengan menyemprotkan cat spray keseluruh permukaan atau oleskan lem, lalu taburkan gliter dan berikan hiasan bintang di puncaknya.

 

Kreasi Pohon Natal dari Kardus Bekas / Karton yang Tidak Terpakai

Ingin membuat pohon natal unik dari bahan bekas lainnya? Cukup kumpulkan kardus bekas sebagai ide, lalu bentuk menyerupai dimensi pohon natal.  Terdapat bermacam-macam versi kertas kardus atau karton bekas yang bisa Anda aplikasikan sesuai dengan keinginan dan ketersediaan bahan yang Anda miliki.

Jika potongan yang tersedia relative  panjang, Anda bisa mulai gunting  kardus tersebut menjadi 4  bagian lalu digabungkan dengan menggunakan kardus yang berbentuk lingkaran kecil. Tak hanya itu Anda juga bisa membentuk piramida dari potogan kardus yang kemudian disusun dari ukuran besar ke kecil.

 

 

Tumpukan Buku Bekas Bisa Jadi Elemen Dekorasi


Anda gemar membaca buku dan punya banyak koleksi? Atau mungkin buku bekas yang tak lagi terpakai? Yuk, keluarkan semua koleksi buku Anda lalu tumpukan satu per satu hingga membentuk pohon natal dari bawah hingga keatas seperti bermain
Uno Stacko. Jaga agar tumpukan buku tetap seimbang hingga membentuk puncak di paling atas, seru juga dilakukan bersama keluarga. Atau buka bagian tengah halaman buku dan tumpuk. Jangan lupa, hias pohon natal unik ini melingkar dengan lampu LED atau bohlam agar lebih menyerupai Christmas tree.

 

 

 

Bubur Kertas untuk Pohon Natal

Cara membuat pohon natal dari barang bekas seperti kertas koran juga menarik. Aplikasikan daur ulang dengan teknik bubur kertas dengan merendam potongan kecil kertas koran. Sembari menunggu lunak, buat kerangka pohon natal dengan menggunakan kawat kasa.

Lalu buat adonan lem dengan mencampur tepung kanji yang dimasak bersama air mendidih sambil diaduk agar tidak menggumpal. Setelah jadi, campurkan lem secukupnya dengan bubur kertas lalu tempelkan ke kerangka dan tunggu hingga kering. Jika sudah kering, langsung hias sesuai keinginan. Pohon natal bubur kertas ini tak kalah bagus dengan yang ada di pasaran, bukan?

 

Pohon Natal dari Botol Bekas atau Gelas Plastik

Membuat pohon natal dari botol bekas plastik aqua atau botol wine kaca misalnya, kini memiliki pohon natal besar bukan sekedar impian. Buat kerangka awal dengan besi atau kayu dan jalin botol satu persatu dengan menggunakan tali dan tumpukan hingga kepuncak. Terakhir, berikan sentuhan ornamen yang juga terbuat dari barang bekas seperti bohlam, kertas, atau potongan kardus bekas atau hiasan tali yang melingkari pohon natal botol plastik ramah lingkungan ini.

Pohon Natal Minimalis dengan Washi Tape, LED warna warni, atau Beads

Jika lahan rumah Anda minimalis sehingga sulit memajang pohon natal super besar, kenapa tidak mengakalinya dengan teknik yang lebih simple? Selain membuat pohon natal dari barang bekas, gunakan saja lampu LED warna warni atau rangkaian panjang beads bekas kalung warna warni yang digantungkan ditembok membentuk pohon natal. Lalu, susun hadiah natal dan ornamen kecil lainnya di lantai. Space kecil di rumah toh tak jadi penghalang karena hiasan ini juga tak kalah meriah.

Melirik kembali gudang dan mengumpulkan bahan-bahan yang bisa di reuse atau recycle bisa memunculkan ide-ide baru untuk dibuat menjadi sesuatu yang menarik. Kreasi pohon natal dari barang bekas yang Anda buat ditengah kondisi lingkungan saat ini, sedikit banyak turut membantu dalam upaya pelestarian lingkungan. Selain bahan yang mudah didapat dan murah, caranya pun cukup mudah dan menyenangkan sebagai persiapan natal bersama keluarga. Jadi, tertarik untuk berkreasi pohon natal dari barang bekas? Lihat juga disini untuk inspirasi dekorasi Natal dari barang bekas dan jika Anda ingin tahu daftar harga pohon natal 2015