Menyeruput Kopi Sambil Berselfie Ria di Kopi Kotaku

(Foto: Zico Rizki/Lamudi)

Kopi bukan sekadar minuman nikmat berkafein. Lewat kopi, beragam semangat, ide, dan obrolan bisa dibagikan. Prinsip inilah yang dipegang Kopi Kotaku sekaligus menjadikannya berbeda dari coffee shop lainnya.

Beberapa waktu lalu tim Lamudi sempat mampir ke kedai kopi yang beralamat di Jalan Wijaya I No.73, Petogongan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tersebut. Suasana clean dan simple begitu terasa di sana, makanya tak heran banyak pengunjung yang merasa betah berlama-lama menghabiskan waktu di coffee shop ini.      

Saat pertama kali menginjakan kaki di dalam kedai, maka pengunjung akan melihat sebuah bar besar berbentuk oval di balik dinding kaca pintu masuk. Seketika itu pula aroma kopi tercium seolah menggoda setiap pengunjung untuk segera memesan secangkir kopi pilihan.

Masuk lebih dalam, Anda akan melihat sebuah ruang  seating besar dengan kombinasi warna putih pada dinding dan langit-langitnya, serta warna abu-abu muda di bagian lantainya.

Di area tersebut juga dilengkapi dengan furniture meja, kursi, dan sofa yang semuanya dibuat dari kayu maple yang dipernis warna coklat muda. Guna menciptakan kesan lapang, ragam furniture tersebut juga sengaja di setting berdekatan dengan dinding.

Menariknya, di coffee shop ini Anda akan melihat sejumlah aksesoris foto polaroid yang dipajang rapih sepanjang ruangan, parket dan belakang bar. Tidak hanya itu, di kedai ini Anda juga akan melihat beberapa pajangan foto kuil Fushimi Inari Taisha Jepang sehingga memunculkan nuasa negeri Matahari Terbit tersebut. Di Jakarta, suasana kafe dengan nuansa Jepang seperti ini sangat sedikit ditemui.

Menurut Rama Janitra, founder dan owner Kopi Kotaku, kedai ini memiliki konsep Jepang dengan nuansa clean and simple. Ide untuk merumuskan konsep tersebut tercetus dari keempat pemilik tempat ini yang memang menyukai budaya Jepang.

Rama juga mengatakan, desain interior Kopi Kotaku ini terinspirasi dari coffee shop di Jepang yang memiliki ciri khas ruangan satu motif dengan komposisi beberapa warna pilihan dan furnitur yang seragam. 

Spot Foto yang Iconic

Meskipun didesain dengan konsep yang berbeda pada coffee shop yang banyak ditemukan di Jakarta, Kopi Kotaku juga memasukkan unsur kekinian yang melabelkan Kopi Kotaku sebagai coffee shop zaman now‘, dengan membuat iconic photography spot.

Spot tersebut dapat Anda temukan di ujung ruang seating utama, yakni sebuah mural yang disusun dari kumpulan foto polaroid yang diterangi oleh sinar tipis dari lampu sorot kuning.

Uniknya, foto-foto polaroid yang disusun merupakan foto para customer yang pernah hadir menikmati sajian kopi di Kopi Kotaku, berbeda dengan foto-foto polaroid yang tersusun dari pintu masuk yang objeknya merupakan sajian kopi kopi atau proses pembuatan sajian kopi. Rama menambahkan, selain menjadi tempat berfoto utama, mural itu juga didedikasikan sebagai ‘wall of memory’ untuk para customer yang pernah hadir.

Di tengah-tengah keutamaan spot berfoto yang ikonik di Kopi Kotaku, Rama dan para owner lainnya juga memiliki harapan besar agar segala sudut di coffee shop yang mereka rintis bersama menjadi spot foto terbaik untuk customer yang memiliki passion dalam fotografi.

Demi mewujudkan harapan itu, Kopi Kotaku mengangkat penerangan yang terbaik agar foto-foto yang dihasilkan memiliki kualitas terbaik. Kopi Kotaku mengangkat kombinasi penerangan dari dua warna, yakni putih dan kuning.

Selain sebagai lighting berfoto, kombinasi sinar lampu putih dan kuning juga bertujuan untuk memberikan kesan layout ruangan yang lebih luas serta suasana yang comfy dan hangat.

Penulis  : Zico Rizki

Editor    : Novriyadi