Redam Panas Rumah dengan Insulasi Atap

insulasi atap
Source: shutterstock

Insulasi atap

Tidak dapat dipungkiri kalau lapisan ozon semakin menipis sehingga mengakibatkan bumi menjadi panas. Hal ini berdampak juga pada rumah yang kita tempati. Kalau tidak ada peredam panas yang cukup, rumah akan terasa sangat panas dan pengap.

Ada banyak cara untuk meredam panas di dalam rumah, contohnya dengan insulasi atap.

Pengertian Insulasi Atap

Insulasi atap adalah material yang berfungsi untuk meredam panas dari atap rumah. Dengan hadirnya insulasi atap ini, ruangan dalam rumah akan jauh lebih sejuk. Bahkan, Anda dapat mengurangi penggunaan Air Conditioner (AC).

Jenis-jenis Insulasi Atap

Jenis Insulasi Atap Alumunium Foil

Jenis ini paling banyak digunakan di banyak rumah. Terdiri dari dua lapisan yang bekerjasama untuk meredam panas.

Lapisan pertama ada alumunium foil itu sendiri yang berfungsi untuk memantulkan cahaya matahari hingga 97%, sehingga panas di dalam ruangan akan berkurang sebanyak 40% lebih. Selain itu, lapisan ini juga dapat meredam suara hingga 7db.

Lapisan selanjutnya adalah lapisan berongga tiga lapis. Ada polyethylene, bubble pack dan glasswool. Ketiganya bekerjasama untuk meredam suara dan mengurangi suhu panas. 

Jenis Insulasi Atap Bahan Bubble Oil

Jenis ini tidak jauh berbeda dengan alumunium oil. Perbedaannya hanya pada permukaannya yang berbentuk susunan lingkaran.

Jenis Insulasi Polyester

Bahan polyester ini relatif lebih mahal dari bahan-bahan lainnya, tetapi penggunanya tetap banyak. Hal tersebut dikarenakan selain bahannya ringan, kemampuan menyerap panasnya sangat baik. Jenis yang sering digunakan adalah R 3.5.

Bahan Glass Wool

Menjadi salah satu insulasi atap terbaik, bahan glasswool ini banyak digunakan di pabrik dan gedung perkantoran. Terbuat dari serat fiberglass yang diolah sebaik mungkin sampai membentuk lapisan seperti wool.

Insulasi Atap Bahan Polyurethane Foam

Kalau atap rumah Anda menggunakan genteng, kayu, asbes, beton, dan metal, insulasi atap polyurethane foam sangat cocok digunakan. Bahan ini memiliki tekstur cair dan padat sehingga dapat menyerap panas lebih baik. Selain itu, tidak mudah luntur juga untuk cuaca ekstrem.

Cara Memasang Insulasi Atap

Mudah, cara memasang insulasi atap yakni Anda hanya perlu menempelkannya langsung ke lapisan atap rumah. Peralatan yang Anda perlukan selama pemasangan adalah jaring kawat, lem, guntung, jenis insulasi atap, dan tangga. 

Kalau sudah terpasang, cara kerja insulasi atap ini akan terasa pada hari ke-2 atau ke-3. Sebelumnya, panas dari luar akan masuk langsung ke dalam ruangan. Namun kalau sudah terpasang insulasi atap ini, panas akan ditangkap lalu diserap sehingga ruangan Anda akan terasa sangat sejuk.