Desain & Gambar Kolam Renang Pribadi di Rumah. Yuk Tiru!

desain kolam renang pribadi di rumah

Kolam renang pribadi adalah salah satu fasilitas mewah dan bergengsi yang hampir ingin dimiliki oleh masyarakat yang tinggal di perumahan besar di Jakarta. Selain memberi kesan prestise pada sebuah hunian, fasilitas ini nyatanya memberi keseimbangan hawa sejuk bagi beberapa orang yang percaya dengan Fengshui, dengan elemen airnya. Kolam renang dapat dimanfaatkan untuk berolahraga, atau sekedar refreshing melepas lelah dengan bersantai di sekitar kolam. Dan perlu diperhatikan saat mendesainnya, sesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki, kedalaman, hingga sirkulasi air agar tetap bersih. Berikut ini beberapa langkah menarik yang dapat diterapkan bagi Anda yang ingin memiliki desain gambar kolam renang pribadi di rumah sendiri.

Perencanaan Lahan Untuk Kolam Renang Pribadi

Untuk tahap desain awal kolam renang, setidaknya perlu disiapkan luas lahan minimal 6 x 3 meter, namun jika Anda hanya memiliki lahan yang sempit, 3 x 3 pun dinilai cukup, namun sudah digabung dengan fitur lain, misalnya taman belakang atau samping rumah. Serta sebuah lahan untuk mendirikan bak penampungan untuk mengatur penyaringan air kolam agar terus bersih.

Kalkulasi Biaya Kolam Renang Pribadi di Rumah

Untuk biaya desain kolam renang pribadi yang harus disiapkan, yang perlu diperhatikan adalah biaya pokok seperti kontruksi pengecoran beton dan sevice oleh pembangun, serta biaya penambalan dan pemasangan keramik. Lalu biaya tambahan seperti penyaringan, biaya penyedot air, mesin penyedot endapan lumpur yang sering muncul di dasar kolam, paralon. Dan tidak boleh ketinggalan untuk perawatan dan pengolahan seperti disinfektan, kapur dan tawas, instalasi listrik ke peralatan kolam renang.

Lihat Juga : Daftar Perumahan Vasaka Residence Termurah

Desain Kolam Renang Pribadi Untuk Keluarga

Sederhananya, desain kolam renang pribadi ini memiliki dua bagian kolam, satu untuk kolam orang dewasa satu lagi untuk anak anak. Memang pada lahan yang sempit, keduanya kerap dijadikan satu, hanya dilakukan kemiringan yang menjorok ke dalam di titik tertentu untuk menjadikannya kolam renang untuk orang dewasa.

Desain Gambar Kolam Renang Dinamis (Tidak Persegi)

Kolam renang dinamis seperti gambari di atas, sering dimiliki oleh keluarga di Eropa maupun daratan Amerika. Fungsinya lebih banyak digunakan untuk dekorasi rumah, atau sekedar menikmati berendam di musim panas. Jarang difungsikan untuk olah raga. Desain seperti ini memang memakan biaya yang lebih mahal, namun terlihat lebih indah. Cukup berikan tangga berundak pada salah satu tepi kolam yang dapat digunakan untuk berpijak.

desain kolam renang dinamis tidak persegi

Desain Kolam Renang Persegi

Kolam renang dengan desain seperti ini paling banya dimiliki oleh orang Asia terutama Indonesia. Selain biaya pembuatannya murah, kolam renang dengan tampilan kotak pun lebih mudah dikerjakan. Dari mulai penggalian tanah, perataan, hingga penyusunan kerangka kolam, semua mudah dikerjakan. Namun yang perlu diingat adalah kolam seperti ini justru sulit dibersihan karena sudut yang terbentuk kerap ditumbuhi lumut, sehingga perlu waktu tambahan untuk membersihkannya.

Lihat Juga : Daftar Perumahan Srimahi Residence Termurah

Desain Gambar Kolam Renang Indoor Atau Outdoor

desain kolam renang indoor

Dalam ruangan, luar ruangan maupun setengah tertutup, penerapan kolam renang di rumah tentu dilakukan dengan tujuan dan sisa lahan yang dimiliki. Indoor kerap digunakan di perkotaan panas untuk menghindari dari sengatan sinar matahari, dan outdoor yang lebih populer sehigga bisa menikmati suasana malam saat berenang.

Gambar Kolam Renang Tropis

Kesan tropis begitu terasa dengan adanya pohon palem di sekitar kolam renang. Gambar kolam renang berikut tentu sangat memungkinkan ditiru untuk pool di rumah Anda sebab Indonesia adalah negara tropis.

Gambar Kolam Renang Minimalis

Jika Anda adalah pecinta desain modern minimalis, maka gambar kolam renang yang satu ini cocok untuk Anda. Di bagian samping kolam pun hanya perlu meletakkan sofa yang juga berdesain minimalis untuk melengkapi penampilan keseluruhan.

Baca Juga: Daftar Kolam Renang di Bogor yang Murah & Bagus