Medan dan Surabaya Siap Menyusul Jakarta?

Setelah Jakarta, ada dua kota besar lain yang punya potensi untuk bisa melakukan pengembangan gedung pencakar langit yaitu kota Surabaya di Jawa Timur dan Medan di Sumatera Utara. Dari kedua kota besar inilah yang memang saat ini sedang mengalami pertumbuhan bisnis yang cukup signifikan dan mengesankan.

Indikator ini sudah terlihat dari sejumlah pertumbuhan dari pusat perbelanjaan, ruang perkantoran dan juga apartemen. Khusus bagi ruang perkantoran ini, sudah terjadi sebuah fenomena yang sangat menarik. Menurut hasil riset dari Colliers International Indonesia yang terbaru ini, sebuah paradigma bisnis yang modern ini memang sangatlah membutuhkan ruang perkantoran yang berada di gedung-gedung tinggi.

Menurut Ferry Salanto selaku Associate Director Research Colliers International Indonesia mengatakan bahwa sudah tidak ada lagi pembangunan proyek properti di bidang rukan atau ruko. Para perusahaan dan para pebisnis terlebih lagi yang memang agresif dalam melakukan sebuah ekspansi usahanya, sudah mempertimbangan dengan matang untuk mempunyai kantor di gedung-gedung yang tinggi.

Surabaya saat ini sudah tampil paling depan dengan menampakkan banyak kemajuan yang signifikan. Kendati hal itu dari total pasoknya memang hanya sebesar 278.598 meter persegi atau sekitar 4 persen dari keseluruhan total dari pemasok perkantoran yang ada di Jakarta, namun permintaan memang terus menerus menguat.

Pada sekarang ini sampai tahun 2017 yang akan datang sudah ada sekitar 12 gedung perkantoran yang baru dan akan menghiasi cakrawala kota Surabaya. Luas dari total bangunannya mencapai hampir 318.821 meter persegi. Lalu salah satu pencakar langit yang ada di Surabaya adalah Tunjungan Plaza V yang punya tinggi sebanyak 50 lantai yang memang dikembangkan oleh pemegang proyek properti handal Pakuwon Group yang berada di superblok Tunjungan City.

Tunjungan Plaza ini terdiri dari beragam macam fungsi mulai dari perkantoran, kondominium mewah dan pusat perbelanjaan. Harga dari ruang kantornya pada saat ini masih dipatok dengan harga Rp. 26,5 juta setiap meter perseginya.

Lalu sementara itu di Medan, walaupun memang saat ini gedung pencakar langitnya disana masih bisa dihitung jari, namun tahun 2013 ini juga sedang dibangun sebuah proyek properti gedung yang setinggi 50 lantai. Gedung pencakar langit ini terletak di atas bangun dari sebuah pusat belanja yang ada dalam kawasan dari pengembangan Podomoro City Deli, Medan.

Lihat Juga: Proyek Halton Place Medan Mewah

Investor Relation dari Agung Podomoro Land yaitu Wibisono kemudian mengatakan bahwa di dalam gedung pencakar langit tersebut ada ruang perkantoran yang letaknya berada tepat di atas pusat perbelanjaan.

Lalu untuk permasalahan ketinggian dari bangunan yang memang belum diputuskan ini terkait dari kebutuhan pasar. Keberanian dari APLN yang membangun gedung pencakar langit yang berada di Medan ini dianggap sebuah pengamat memang sebagai sebuah pertaruhan.

Lihat Juga: Unit Perumahan Murah Dijual di Mayfair Medan