Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Rumah

 

Kebersihan adalah hal yang terpenting dalam rumah, karena jika tidak sering dibersihkan, bisa-bisa rumah akan menjadi sarang penyakit, kotor dan berbau. Berbicara mengenai membersihkan rumah, tahukah Anda ternyata cuka yang selama ini digunakan sebagai penyedap makanan bisa digunakan untuk membersihkan rumah.

Ingin tahu bagaimana caranya, berikut ini  tips membersihkan rumah dengan menggunakan cuka :

Cuka Untuk Membersihkan Karpet

Cuka teryata juga bermanfaat untuk membersih noda pada karpet, caranya sederhana pertama campurkan cuka dan air dengan perbandingan 50:50. Kemudian semprotkan campuran air cuka tersebut ke noda di karpet tunggu hingga 2 menit, setelah itu gosok-gosokan noda tersebut dengan kain kering hingga kotoran memudar.

Cuka Untuk Membersihkan Kloset

Air cuka juga dapat membersih kloset, caranya semprotkan air cuka dibagian noda membandel lalu gosok dengan sikat toilet hingga noda menghilang.

Cuka Untuk Membersihkan Kaca

Jangan biarkan kaca rumah Anda terlihat kusam dan berjamur, bersihkan dengan menggunakan air cuka. Caranya campurkan cuka dengan air dengan perbandingan 50:50 kemudian usapkan campuran air cuka di permukaa kaca kemudian bersihkan dengan kain lembut.

Cuka Untuk Membersihkan Lantai   

Air cuka ternyata juga bisa sebagai pengganti sabun pembersih lantai, caranya tuangkan cuka sebanyak 150 ml dengan air sebanyak 2,5 liter, kemudian gunakan campuran air tersebut sebagai sabun untuk membersihkan lantai.

 Cuka Untuk Menghilangkan Kerak Kamar Mandi

Air cuka juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda kerak di kamar mandi. Caranya sangat sederhana, campurkan garam dengan air cuka. Lalu semprotkan air tersebut pada bagian kerak di kamar mandi kemudian gosok dengan dengan sikat kamar mandi lalu bersih kan dengan air.

 Cuka Untuk Meghilangkan Karat Perabotan Rumah

Jika perabot metal atau besi rumah Anda banyak berkarat, Anda bisa menghilangkannya dengan air cuka. Caranya sempotkan air cuka dibagian karat lalu gosok dengan sikat gigi hingga karat menghilang, kemudia bersihkan dengan air.

 

Picture by Artheos/pixabay