Lima Jogging Track Seru di Kota Makassar

Melirik kota-kota di bagian timur Indonesia, tentunya tidak lepas dengan kota yang satu ini, Makassar. Kota yang dulu dikenal sebagai Ujung Pandang ini merupakan ibu kota dari provinsi Sulawesi Selatan. Makassar sendiri merupakan kota terbesar di kwasan Indonesia Timur dan wilayah metropolitan terbesar kedua di luar Pulau Jawa. Dari segi pembangunan dan infrastruktur, Makassar merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dengan wilayah seluas 199,26 km2 dengan kepadatan penduduk mencapai 1,4 juta jiwa.

Kota ini kerap menjadi refleksi dari keberadaan Jakarta. Dari segi pembangunan hingga kebiasaan masyarakat sekitar. Salah satunya dapat dilihat dengan diselenggarakannya “Car Free Day” di dua lokasi, yang secara resmi diadakan oleh pemerintah setempat pada 2014 lalu. Ada mingguan ini kerap menjadi ajang masyarakat untuk berolahraga hingga bersosialisasi. Nah, jogging merupakan salah satu olah raga favorit yang kerap dilakukan warga Makassar. Ingin tahu, lintasan mana saja yang kerap ramai digunakan? Ini dia!

 Lapangan Karebosi

Lapangan ini merupakan titik 0 kilometer di kota Makassar. Memang sejak dulu lapangan ini digunakan sebagai pusat warga Makassar untuk berolahraga. Dan kegiatan lari yang menjadi favorit banyak dilakukan di pagi atau sore di tempat ini. Setelah dilakukan peremajaan terhadap lapangan ini, lintasan lari pun didirikan melingkari setengah lapangan Karebosi. Semakin segar jika Anda berlari, sekitar lapangan ini ditumbuhi rimbunnya pepohonan di sepanjang lintasan lari. Hal inilah yang membuat suasana lebih sejuk. Namun tidak hanya berlari, ada juga kegiatan asyik yang bisa dilakukan seperti bersepeda ataupun senam.

Taman Segitiga Macan

Kawasan ini memiliki hal serupa dengan Lapangan Karebosi. Taman Macan juga kerap ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar yang hendak berolahraga saat pagi dan sore hari. Pepohonan di taman ini pun cukup rindang dan banyak. Keberadaan taman pun tidak hanya digunakan untuk berolahraga. Taman Macan kerap digunakan untuk tempat bermain anak anak, karena ada beberapa fasilitas bermain di sini. Karena itu, tidak jarang orang tua membawa anak-anak mereka seusia balita untuk bermain di sini.

 Lapangan Hertasning

Lapangan bola yang terletak di arah timur kota Makassar ini menjadi kegemaran masyarakat untuk berlari baik pagi maupun sore hari. Walau memang tidak sebanyak masyarakat yang menggunakan Karebosi dan Taman Macan. Namun tentunya ada hal yang dapat diunggulkan di taman ini, yaitu adanya lintasan berbatu yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang hendak melakukan terapi rematik. Atau sekadar berjalan di atas bebatuan guna melancarkan peredaran darah ke eluruh tubuh akibat tekanan pada telapak kaki.

Halaman Mesjid Al-MArkaz Al-Islami

Halaman masjid ini cukup luas dan memadai untuk warga yang ingin berlari pagi atau sore. Namun lebih baik melakukan olahraga itu di harui Sabtu dan Minggu. Mengapa? Karena di hari biasa sebagian besar halaman masjid ini digunakan sebagai sarana parkir mobil dan motor. Namun di akhir pekan suasanannya cukup sepi. Selain berlari, tidak jarang warga yang memanfaatkan halaman masjid ini untuk belajar mengendarai motor hingga bersepeda santai.

Universitas Hasanuddin (UNHAS), Tamalanrea

Selain menjadi pusat pendidikan ternama di kota ini, ternyata Universitas Hasanuddin juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk berolahraga. Memang tidak ada yang menyangsikan sejuknya udara di kampus ini saat berlari pagi maupun sore. Tidak hanya mahasiswa semata, warga sekitar pun banyak berolahraga di sini.