KPR Refinancing, Cara Mudah Dapatkan Dana Pinjaman

(Foto: nattanan/pixabay)

Pernah mendengar istilah KPR Refinancing? KPR Refinancing adalah skema peminjaman dana kepada pihak perbankan dengan anggunan rumah yang dimiliki. Nantinya pihak perbankan akan menilai seberapa besar harga rumah Anda dan dari nilai tersebutlah Anda bisa mendapatkan besaran pinjaman.

Sebagai contoh, saat ini Anda sedang membutuhkan biaya pengobatan yang sangat besar. saat Anda akan mengajukan KPR refinancing, Anda kemudian menjadikan rumah Anda sebagai jaminan untuk mendapatkan bantuan dana dari bank penyedia kredit. Setelah diperiksa maka harga wajar rumah Anda dinilai Rp 100 juta, maka bank biasanya akan memberikan kredit maksimal 80 persen atau sebesar Rp 80 juta.

Manfaat KPR Refinancing

Banyak orang yang menggunakan skema peminjaman ini untuk melunasi angsuran rumah dan modal usaha. Namun tak sedikit juga yang menggunakan bantuan dana  ini sebagai modal usaha dengan menggunakan dana tersebut sepenuhnya. Anda yang saat ini sedang membutuhkan pendanaan yang bersifat mendesak dan dalam jumlah yang besar, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengajukan KPR refinancing ini.

Cara Mengajukan KPR Refinancing

Datang ke Bank Penyedia KPR Refinancing

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah datang ke bank penyedia produk KPR refinancing lalu ajukan permohonannya. Jangan lupa untuk membawa data diri ketika mengajukan permohonan.

Pihak bank akan menilai rumah

Setelah mengajukan permohonan, kemudian pihak bank akan melakukan survei ke rumah dan menilai harga rumah yang Anda miliki. Proses dan langkah penilaian ini kemudian akan menentukan berapa besar presentase kenaikan harga rumah. Dan Anda pun kemudian akan mendapatkan konfirmasi harga atau nilai rumah milik Anda secara keseluruhan.

Bila berminat untuk mengajukan KPR jenis ini, sebaiknya lakukan setelah Anda membeli rumah tersebut minimal satu tahun karena nilai rumah dan tanah akan naik dalam kurun waktu satu tahun. Apalagi jika rumah Anda terletak di lokasi yang strategis. Kemungkinan besar nilai rumah akan jauh lebih tinggi.

Penentuan harga rumah

Setelah melakukan survei dan semua persyaratan telah dilengkapi maka pihak bank akan segera melakukan akad kredit dan mencairkan dana maksimal satu bulan setelah pengajuan dilakukan. Biasanya dana yang diberikan sebesar 80 persen dari total nilai rumah yang telah ditentukan.

Syarat KPR Refinancing

Saat di bank, jangan lupa untuk membawa beberapa syarat di bawah ini:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Surat Menikah
  • Sertifikat tanah
  • IMB
  • Bukti pembayaran PBB tahun terakhir
  • Slip gaji
  • Surat keterangan bekerja
  • NPWP
  • Fotkopi Akta Jual Beli