KPR BRI – Cara, Syarat & Biaya

Bank BRI, merupakan salah satu bank BUMN yang memberikan fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dengan bunga kompetitif. Terdapat dua jenis KPR BRI, yaitu KPR biasa yang bisa digunakan oleh masyarakat luas dan KPR bersubsidi dari pemerintah yang bisa digunakan oleh Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) agar mereka mendapatkan hunian layak tinggal.

KPR BRI BERSUBSIDI

KPR BRI merupakan program kredit perseorangan dari Bank BRI guna mempermudah seseorang untuk memiliki rumah idaman mereka, baik itu rumah baru atau rumah bekas dengan limit tertentu. BRI KPR ini memiliki besar bunga yang berbeda sesuai dengan program. BRI KPR Bersubsidi digunakan khusus untuk MBR sesuai dengan aturan pemerintah.

BRI KPR NON SUBSIDI

Sedangkan kredit rumah BRI non subsidi ditujukan untuk masyarakat di luar Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan ketentuan bunga floating (mengambang). Program Kredit Kepemilikan Rumah BRI ini bisa digunakan untuk membeli rumah komersil baik baru maupun bekas, dengan syarat developer harus sudah bekerja sama dengan BRI.

MACAM BUNGA KPR di Bank BRI

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bunga KPR BRI bermacam-macam besarnya. Untuk KPR Non Subsidi, bunga yang berlaku adalah 6,5% (fixed 1 tahun pertama) dan 9,5% (fixed 3 tahun pertama). Besar suku bunga setelah masa fixed habis adalah bunga mengambang (floating) mengikuti kebijakan Bank Indonesia. Masa tenor cicilan KPR di bank BRI bisa mencapai 20 tahun. Sedangkan suku bunga KPR bank BRI subsidi adalah 5% hingga masa tenor selesai.

Syarat Pengajuan KPR BRI

Untuk seseorang yang akan mengajukan aplikasi KPR di BRI, tentunya penting untuk mengetahui apa saja syarat pengajuan yang dibutuhkan. Ternyata, syarat KPR bank BRI cukup mudah, persyaratan umumnya yaitu:

  1. Mengisi formulir aplikasi KPR bank BRI
  2. WNI cakap hukum
  3. Membuka rekening BRItama
  4. Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  5. Lokasi tempat tinggal/ lokasi bekerja/ usaha/ praktik debitur berada di kota dimana KC / KCP berada
  6. Melampirkan dokumen kredit

Jika Anda merasa semua syarat pengajuan KPR tersebut telah terpenuhi, maka Anda bisa langsung mengajukan aplikasi ke Bank BRI terdekat dengan membawa dokumen yang diperlukan.

Syarat Dokumen KPR BRI

Syarat dokumen KPR BRI yang harus dibawa dan dipenuhi untuk pengajuan aplikasi pun tak banyak, yaitu:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi KK
  3. NPWP
  4. Pas foto terbaru pemohon beserta pas foto suami atau istri (jika ada)
  5. Surat keterangan gaji

Untuk pemohon KPR subsidi, syarat dokumennya agak sedikit berbeda dengan pemohon KPR non subsidi. Beberapa dokumen pengajuan yang harus ditambahkan adalah:

  1. Fotokopi SK terakhir pegawai tetap
  2. Surat keterangan gaji per bulan atau slip gaji
  3. Surat keterangan atau rekomendasi dari perusahaan (bila perlu)
  4. Menyerahkan surat permohonan

Biaya Mengajukan KPR di Bank BRI 

Saat mengajukan permohonan KPR ke bank BRI, debitur juga diwajibkan untuk membayar beberapa biaya sebagai berikut : 

  1. Biaya provisi sebesar 1% dari total dari pinjaman 
  2. Biaya administrasi 0,1% dari total pinjaman yang telah disetujui 
  3. Biaya asuransi 
  4. Biaya akad 

 

Baca lebih lanjut untuk cara, syarat, serta pengajuan kpr bcakpr btn, serta suku bunga kpr terendah