Keunggulan Papan Gypsum untuk Dinding Rumah

(Foto: Novriyadi/Lamudi)

Kehadiran papan gypsum untuk mempercantik tampilan rumah memang sudah lama digunakan, biasanya papan jenis ini banyak dipakai sebagai plafon atap rumah, sifatnya yang mudah dibentuk dan dipasang menjadikan alasan mengapa papan gypsum ini banyak dipilih.

Selain digunakan sebagai plafon, ternyata papan gypsum juga dapat digunakan sebagai bahan pelapis untuk dinding interior rumah. Ya, jika dahulu masyarakat hanya mengetahui cara konvensional (plesteran batu bata) untuk membuat dinding, ternyata kini ada cara baru yang lebih efisien dan praktis.

Menurut R .Krisma Hadianto, Strategy & Product Manager PT Petorjaya Boral Plasterboard (produsen papan gypsum), menggunakan bahan ini untuk membuat partisi interior rumah ternyata banyak keunggulannya jika dibandingkan dengan dinding beton.

Beberapa keunggulan gypsum diantaranya adalah :  

Papan Gypsum Lebih Ringan

Jika dibandingkan dengan dinding beton, bobot gypsum jauh lebih ringan, hal ini justru menjadi keunggulan dari penggunaan bahan ini. Karena akan membuat penghuni rumah menjadi aman, terutama ketika terjadi gempa.        

Mudah Dipasang

Pemasangan gypsum untuk dinding interior ternyata sangat mudah, Anda hanya menyiapkan rangka dinding lalu bahan ini bisa langsung ditempel. Proses pengerjaannya pun relatif cukup cepat. Bandingkan dengan dinding beton, Anda harus menyiapkan semen dan batu batanya terlebih dahulu kemudian proses pembuatannya pun cukup lama .     

Mudah Diperbaiki

Selain mudah dipasang, ternyata gyopsum mudah diperbaiki, contohnya jika dinding mengalami kerusakan seperti berlubang atau lecet, Anda  hanya cukup mendempul bagian yang rusak tersebut, atau memotong dibagian yang rusak dan menempelkannya kembali dengan papan gypsum yang baru.

Ramah Lingkungan

Papan gypsum ramah terhadap lingkungan, karena jika bahan material ini sudah tidak terpakai lagi maka gypsum tidak akan mencemari tanah sebab akan langsung melebur dalam tanah. Bahan material ini juga bisa menghemat penggunaan energi pada rumah, contohnya jika ruangan rumah Anda ber-AC, gypsum lebih mudah membuat ruangan menjadi dingin karena sifat materialnya yang tidak menyerap hawa dingin.  

Harga Papan Gypsum Lebih Hemat

Dengan menggunakan gypsum, maka Anda akan bisa meminimalisir biaya pengeluaran ketika membangun rumah, karena sifat gypsum yang ringan sehingga tidak mengharuskan Anda untuk membuat pondasi rumah yang kuat. Selain itu Anda pun bisa pula memasang sendiri bahan material ini untuk dinding, sehingga tak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk tukang bangunan.