Gampang! Inilah Cara Memperbaiki Bel Rumah

Ilustrasi foto: shutterstock

Bel rumah memiliki peran penting, terutama untuk Anda yang memiliki rumah cukup besar. Dengan adanya benda ini, tamu yang datang ke rumah tidak perlu berteriak memanggil Anda.

Berada di luar rumah, di mana bel terkena panas atau hujan sehingga ada kemungkinan dapat rusak. Kalau sudah rusak, tentu akan sulit mengetahui tamu datang, apalagi jika Anda berada di belakang rumah.

Bagi Anda yang masih awam dengan kerusakan bel rumah, di sini akan dijelaskan secara sederhana apa saja masalah yang mungkin terjadi pada bel serta cara memperbaikinya. Simak ulasan lengkapnya.

Kenapa Bel Tidak Berbunyi?

Ada dua masalah yang bisa saja terjadi. Pertama adalah bel berdengung tetapi tidak mengeluarkan suara, atau tidak sama sama sekali berdengung atau berbunyi. Jangan didiamkan, karena nanti elektromagnetiknya akan terbakar bel rumah menjadi tidak berfungsi. Kalau sudah begitu, Anda harus membeli bel baru lagi.

Bel Rumah Berdengung Tetapi Tidak Berdering

Saat menekan tombol bel, Anda hanya mendengar suara dengung tanpa dering, berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan:

  • Periksa piston yang bisa saja macet. Saat macet, mungkin Anda memberikan minyak pada piston tersebut. Padahal sebenarnya Anda tidak boleh melakukannya. Kalau itu sudah terjadi, Anda harus mengganti elektromagnetiknya atau bahkan mengganti unit bel baru.
  • Periksa kondisi bel. Buka penutup bel dan pastikan semua kabel terhubung pada terminal. Bahkan, kalau bisa Anda membersihkannya secara berkala menggunakan amplas halus.
  • Periksa secara seksama apakah ada kabel yang putus. Jika sudah menemukannya, kupas pembungkus dari ujung kabel. Kemudian sambung dengan kabel yang sesuai.

Bel Rumah Sama Sekali Tidak Berdengung dan Berdering

Saat Anda menekan tombol, tetapi tidak terdengar suara dengung, bel atau bahkan klik, kemungkinan besar permasalahan datang dari listrik yang tidak tersambung ke sistem bel rumah tersebut. Bagaimana cara mengatasinya?

  • Periksa pemutus sirkuit, bisa saja masih dalam keadaan mati
  • Periksa trafo yang bisa jadi terbakar. Sebelum memeriksa trafo, matikan aliran listrik terlebih dahulu.
  • Periksa secara seksama kabel yang terhubung, mulai dari trafo hingga tombol bel rumah
  • Cek tombol bel. Komponen ini menjadi bagian yang banyak bergerak, jadi ada kemungkinan sumber kerusakan datang dari situ. Lepas dengan sekrup yang menempel. Jika perlu, bersihkan hingga tidak ada debu menempel di dalamnya.
  • Jika sudah mengecek tombol tetapi masih belum berfungsi, Anda dapat membeli tombol baru yang tersedia di toko perangkat rumah tangga.

Baca Juga: Penyebab AC Tidak Dingin & Cara Memperbaikinya