Cara & Syarat Agar Gadai Sertifikat Rumah Disetujui

Ilustrasi gadai sertifikat rumah (sumber: shutterstock)

Memilih pinjaman dana di bank menjadi salah satu solusi cerdas bagi mereka yang ingin mendapatkan dana baik untuk mengembangkan bisnis ataupun untuk keperluan lainnya. Karena selain lebih terjamin, bunga kredit pada bank relatif lebih kecil jika dibandingkan harus memilih meminjam uang melalui rentenir.   

Tentu ketika mengajukan permohonan kredit melalui bank ataupun lembaga keuangan lainnya ada serangkaian prosedur yang harus dilengkapi oleh debitur, salah satunya adalah dengan menyertakan agunan sebagai jaminan. Di Indonesia ini ada beberapa surat berharga yang dapat digadaikan, seperti BPKB mobil, motor, surat pengangkatan pegawai atau SK dan sertifikat rumah/tanah.

Salah satu agunan yang sering digadaikan oleh debitur adalah gadai sertifikat rumah/tanah. Pasalnya sertifikat rumah ini dianggap memiliki nilai yang tinggi dan tidak mengalami penyusutan nilai jika dijual kembali.

Nah, bagi Anda yang ingin mengajukan kredit dengan cara gadai sertifikat rumah dan masih bingung bagaimana cara melakukannya, kali ini Lamudi akan membahas beberapa persyaratan untuk mengajukan kredit dengan cara gadai sertifikat rumah/tanah.  

Gadai Sertifikat Rumah/Tanah di Bank

Bank menjadi salah satu tempat favorit bagi para debitur yang ingin mencari dana dengan menggadai sertifikat rumah. Ada beberapa jenis kredit yang dapat diambil dengan menggadai sertifikat rumah ini mulai dari kredit modal kerja, kredit investasi, kredit multiguna dan lain-lain.

Syarat Gadai Sertifikat Rumah di Bank

Tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh debitur ketika ingin gadai sertifikat rumah di bank diantaranya adalah : 

  • Fotokopi KTP 
  • Fotokopi Surat Nikah (jika sudah menikah) 
  • Fotokopi Kartu Keluarga 
  • Fotokopi NPWP 
  • Fotokopi slip gaji 
  • Fotokopi keterangan karyawan dari perusahaan 
  • Fokopi buku tabungan

Kondisi Rumah yang Digadaikan di Bank 

Selain itu, pihak bank juga memiliki beberapa kriteria jenis rumah yang dapat digadaikan contohnya, rumah tidak boleh dekat dengan tower sutet, tidak banjir, dan luas jalan di depan rumah minimal 3 meter.

Jumlah Maksimal Pinjaman Jika Gadai Sertifikat Rumah di Bank 

Jumlah maksimal pinjaman yang dapat diterima oleh pemohon maksimal 80 persen dari total nilai agunan. Contohnya jika nilai rumah Anda ditaksir Rp 100 juta, maka maksimal pinjaman yang akan Anda terima adalah Rp 80 juta. 

Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian   

Selain pada bank, Anda pun dapat juga menggadai sertifikat rumah/tanah di pegadaian, ada beberapa jenis produk pegadaian yang dapat menerima sertifikat rumah sebagai agunan. Contohnya seperti KCA (Kredit Cepat dan Aman), KRASIDA (Kredit Dengan Sistem Gadai), hingga KAGUM (Kredit Aneka Guna Untuk Umum).

Syarat Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian  

Syarat menggadaikan sertifikat rumah di pegadaian pun terbilang  sederhana, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen, diantaranya adalah : 

  • Fotokopi KTP 
  • Fotokopi Kartu Keluarga 
  • Fotokopi NPWP 
  • Sertifikat rumah asli
  • Mengisi formulir pinjaman