Inilah Susunan Media Filter Aquarium yang Benar

Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak orang memilih untuk memelihara ikan hias sebagai hobi baru mereka. Tetapi, tahukah Anda jika ternyata memelihara ikan hias pun tidak bisa sembarangan sebab aquarium yang baik tentu bisa menunjang kehidupan si ikan itu sendiri. Jika sembarangan, risiko ikan mati akan jadi jauh lebih besar. Sehingga aquarium Anda pun perlu memiliki sistem filtrasi yang baik pula agar ikan bisa tumbuh sehat. Nah, bagaimana susunan media filter aquarium yang benar? Cek di bawah ini!

 

Jenis – jenis Filter Aquarium

Sebelum membahas mengenai susunan media filter aquarium yang benar, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis – jenis filter yang biasa digunakan di dalam aquarium. Berikut ini adalah jenis – jenis filter aquarium yang umum ditemui: 

Filter Mekanik

Filter mekanik adalah jenis filter yang paling banyak diketahui orang sebab lebih mudah ditemui di pasaran dan juga lebih mudah dikenali. Filter mekanik adalah filter tahap awal dan mesti ada di dalam aquarium, keberadaannya tidak dapat diganggu gugat. Contoh filter aquarium mekanik adalah kapas, busa, dan dacron.

Filter Kimia

Filter kimia merupakan jenis filter yang digunakan untuk menyaring bahan berbahaya di dalam aquarium seperti ammonia. Penggunaan filter aquarium kimia juga memerlukan perhitungan khusus. Juga tidak boleh dibiarkan terlalu lama berada di dalam aquarium sebab jika sudah terlalu banyak menyerap bahan berbahaya dan dibiarkan berada di dalam akuarium, akan berakibat fatal untuk ikan. Filter kimia pun tidak direkomendasikan untuk aquarium aquascape sebab bisa menyerap nutrisi dari tumbuhan di dalam air. Benda yang termasuk ke dalam jenis filter aquarium kimia ini adalah batu zeolit serta karbon aktif.

Filter Biologis

Terakhir, ada filter biologis yang juga menjadi satu hal penting di dalam aquarium. Dengan adanya filter biologis ini, amonia yang terkandung di dalam air bisa diubah menjadi nitrat dengan bantuan bakteri. Contoh filter biologis yang umum digunakan oleh penghobi serta pemelihara ikan hias biasanya Bio Ball, Bio Crystal, serta Marine Pure.

Filter Undergravel

Filter ini meniru konsep alam dengan menggunakan bakteri dan substrat. Jenis filter aquarium undergravel biasanya merupakan perpaduan antara filter biologis dengan filter mekanis. Kelebihan jenis filter ini adalah filter undergravel sangat minim perawatan dan tak perlu terlalu sering dibersihkan.

Susunan Media Filter Aquarium yang Benar

Susunan Media Filter Aquarium Atas

  1. Saringan air. Dengan adanya saringan air ini bisa menahan kotoran agar tidak naik ke busa atau kapas.
  2. Busa. Busa berfungsi untuk menyaring kembali air yang sudah naik ke atas melewati saringan.
  3. Karbon aktif atau zeolit. Ketiga, air yang sudah lewat dari saringan dan busa kemudian disaring lagi menggunakan karbon aktif atau zeolit. Sehingga apabila terdapat zat berbahaya kemudian zat tersebut bisa terserap.

 

Susunan Filter Aquarium Bawah

  1. Bio Ball. Proses filter biologis dimulai dari Bio Ball, dimana Bio Ball akan menjadi rumah bagi bakteri pengurai.
  2. Bio Ring. Bio Ring pun menjadi rumah bagi bakteri yang akan mengubah nitrit menjadi nitrat.

 

Harga Filter Aquarium Terbaru

Berikut adalah daftar harga filter aquarium terbaru yang bisa dijadikan acuan sebelum membeli:

 

Nama

Harga

Kapas / busa 1×1 meter

Mulai dari Rp 11.000

Kapas busa biofoam aquascape ukuran 25x10x5 cm

Mulai dari Rp 10.000

Batu zeolit repack 1 kg

Mulai dari Rp 3.000

Karbon aktif kemasan 200 gram

Mulai dari Rp 4.500

Bio Ball ukuran 3cm

Mulai dari Rp 100 per pcs

Bio Ring Keramik

Mulai dari Rp 145 per pcs

Marine Pure 8”x8”x1”

Mulai dari Rp 499.000

*harga dapat berubah sewaktu-waktu

Tutorial Cara Pasang Filter Aquarium 

Berikut adalah video tutorial cara pasang filter aquarium yang benar. Selamat mencoba!

Video: Noonie Bounce on Youtube

Baca Juga : 10 Desain Kolam Ikan Minimalis di Teras Rumah!