10 Desain Fasad Rumah Minimalis yang Murah Dibangun

Ilustrasi fasad rumah minimalis (sumber : Shutterstock)

Desain fasad rumah atau bagian depan rumah merupakan hal terpenting dari sebuah bangunan hunian, karena kesan pertama bagus atau tidaknya sebuah rumah dapat terlihat dari desain fasad rumah. 

Seiring berjalannya waktu, desain fasad rumah selalu berkembang, saat ini banyak bentuk desain fasad rumah mulai dari bohemian, klasik, neo klasik, mediterania, mid-century. Salah satu bentuk fasad rumah yang banyak digemari saat ini adalah adalah minimalis modern, desain ini banyak dipilih karena dapat memaksimalkan setiap sudut ruangan, terutama bagi mereka yang memiliki luas lahan yang tidak luas. 

Nah, bagi Anda yang ingin membuat fasad rumah dengan desain minimalis modern, berikut ini adalah beberapa contoh gambar desain fasad rumah minimalis modern yang bisa dijadikan inspirasi.    

Contoh Desain Fasad Rumah Minimalis 1 Lantai 

Desain Fasad Rumah Minimalis 1 Lantai Type 36 

Rumah dengan tipe 36 memang memiliki keterbatasan ruang, namun tidak perlu khawatir bagi Anda yang memiliki hunian dengan tipe 36 masih bisa membangunnya dengan desain minimalis modern, dengan desain model ini Ada bisa memanfaatkan setiap sudut ruangan dengan baik.

       

Desain Fasad Rumah Minimalis Modern 1 Lantai Type 48 

Bila ingin membangun rumah dengan tipe 48, Anda bisa mencontoh desain fasad rumah minimalis di atas. Desain ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki luas lahan rumah tidak terlalu besar,.sehingga bisa memaksimalkan seluruh sudut area untuk digunakan berbagai kebutuhan.   

Desain Fasad Rumah Minimalis 1 Lantai Type 90 

Jika berencana membangun rumah dengan type 90, Anda bisa menggunakan desain fasad rumah minimalis di atas, desain ini terlihat simple namun cukup mencuri perhatian, perpaduan warna monokrom membuat tampilan fasad terlihat terang dan bersih.  

Desain Fasad Rumah Minimalis 1 Lantai dengan Taman Kecil 

Jika menginginkan memiliki hunian dengan taman yang tidak terlalu besar bisa mengikuti contoh desain fasad rumah minimalis di atas. Banyak orang memang berkeinginan untuk memiliki taman yang kecil agar dapat memaksimalkan ukuran ruang yang lain, seperti memperbesar carport atau ruang tamu.

Denah Fasad Rumah Minimalis Tema Jepang 

Bagi mereka yang terinspirasi dengan rumah jepang modern, bisa melihat desain rumah fasad di atas. Rumah ini memiliki luas 11.6m x 12m yang memadukan antara bahan material alami dan modern. Seperti kayu, besi, baja, kaca, beton dan lain-lain.  

Gambar Fasad Rumah Minimalis dengan Taman Luas 

Memiliki taman yang luas merupakan dambaan banyak pemilik rumah, gambar di atas merupakan desain rumah dengan taman yang besar. Rumah ini memiliki luas tanah 120 meter persegi dengan luas bangunan 80 meter persegi.  

Desain Fasad Rumah Minimalis 2 Lantai 

Denah Fasad Rumah Minimalis 2 Lantai Ukuran 8×13

Desain rumah minimalis dapat diaplikasikan ke berbagai ukuran, jika Anda berencana untuk membangun rumah dengan ukuran 8m x 13 m bisa menggunakan gambar desain di atas. Desain tersebut terlihat cukup unik dan mencuri perhatian, dinding rumah, banyak dihiasi dengan kaca, sehingga dapat memungkinkan cahaya masuk ke dalam rumah secara optimal   

 Fasad Rumah Minimalis 2 Lantai Luas Tanah 90 

Jika rumah Anda memiliki luas tanah  90 meter, bisa mencontoh desain rumah berikut. Karena ukurannya tidak terlalu besar, terpasang pemilik rumah harus merelakan beberapa bagian dari rumah untuk difungsikan ke area yang lain. Contohnya seperti memperkecil ukuran taman yang digunakan untuk carport  

Fasad Rumah Minimalis 2 Lantai  Luas Tanah 100 meter 

Salah satu ciri rumah berdesain minimalis adalah memiliki bentuk geometris atau kubus Atapnya pun tidak berbentuk segitiga seperti rumah kebanyakan, melainkan datar. Makanya tak heran desain rumah minimalis selalu mencuri perhatian, gambar desain rumah di atas merupakan denah fasad rumah minimalis dengan ukuran 100 meter persegi.

Denah Fasad Rumah Minimalis 2 Lantai Luas Tanah 120 meter 

Gambar di atas merupakan desain rumah minimalis dengan luas tanah 120 meter persegi. Rumah ini memang terlihat cukup besar. Karena jarak antara plafon dan lantai cukup tinggi. Agar dapat menyerap sinar matahari secara maksimal rumah ini juga menggunakan kaca dengan ukuran cukup besar.