100 Gedung Tertinggi di Dunia 2016

Saat ini, tak ada bangunan yang bisa mengalahkan gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa. Dengan tinggi hingga 828 meter, gedung yang terletak di tanah Dubai ini pun dinobatkan menjadi gedung paling tinggi di seluruh dunia. Namun, ini bukan satu-satunya gedung pencakar langit yang mengagumkan… Di masa depan, ada juga sejumlah gedung yang sedang dibangun lainnya seperti calon gedung tertinggi di dunia Kingdom Tower setinggi 1 kilometer dan Sky City setinggi 838 meter yang siap memukau Anda kelak. Dari negara mana saja 100 gedung tertinggi di dunia? Apa saja calon gedung tertinggi di dunia yang akan mengalahkan Burj Khalifa yang sedang dalam pembangunan? Baca penjelasan dari Lamudi berikut ini.

Kategori Gedung Pencakar Langit

Perkembangan pesat sebuah kota megapolitan sebagai nadi perekonomian kini terlihat dengan keberadaan kawasan komersial dimana aktifitas ekonomi dan perputaran uang terjadi setiap harinya. Deretan gedung pencakar langit yang bertengger di sejumlah kawasan bisnis premium pun berlomba-lomba dirancang sedemikian rupa untuk menunjukkan prestisnya. Bukan hanya sekadar gedung, sebuah bangunan lumrahnya harus memiliki keunikan tersendiri jika ingin menggaet atensi apalagi untuk menyandang gelar ikonik. Mulai dari arsitektur hingga ketinggiannya, menjulangnya gemerlap pencakar langit di seluruh dunia pun dinilai dapat menaikan reputasi dan pride perusahaan pengembang yang telah merampungkan proyeknya.

Kharisma yang dihadirkan oleh pemandangan indah city skyline terlebih di malam hari juga sangat memukau, bahkan ada loh komunitas penikmat pencakar langit. Bangunan raksasa ini pun dapat menyita perhatian publik yang tertuju kepada kota dimana gedung tersebut berlokasi karena dapat menjadi ikon yang merefleksikannya sebagai salah satu kota penting di dunia. Keberadaan gedung tertinggi di dunia pun mampu menggaet wisatawan tak hanya lokal, namun juga mancanegara sehingga wajar jika negara berlomba-lomba untuk mengembangkan gedung pencakar langit dengan tinggi yang fantastis untuk mengalahkan rekor-rekor yang ada sebelumnya. Melirik kategori gedung pencakar langit berdasarkan ketinggiannya, terbagi menjadi:

  1. kategori skycraper dengan ketinggian diatas 150 meter
  2. kategori supertall dengan ketinggian diatas 300 m
  3. kategori megatall yang melebihi ketinggian 600 m.  

Penasaran 100 gedung tertinggi di dunia dari negara mana saja? Berikut Lamudi sebutkan secara berurut:

Daftar 100 Gedung Tertinggi di Dunia Tahun 2016

Posisi #1 – Burj Khalifa, Dubai UAE

Terbang ke negeri seribu satu malam, disitulah Anda akan menemukan Gedung Burj Khalifa yang menyabet gelar paling jangkung didunia. Berada di Dubai, Uni Emirat Arab gedung pencakar langit yang masuk ke dalam kategori megatall ini memiliki ketinggian total arsitektur 829,8 meter atau 2723 kaki. Pembangunannya dimulai pada tahun 2004 dan rampung pada tahun 2010 silam. Hingga kini, Burj Khalifa masih mempertahankan gelarnya sebagai tower tertinggi di dunia dan menjadi ikon dari kota yang berada di sepanjang pantai selatan Teluk Persia tersebut. Bangunan ini merupakan mix used yang fungsinya mencakup hotel yang berjumlah 304 kamar, apartemen 900 unit, dan kantor. Oleh karena itu, bangunan ini merupakan ikon global dengan menampilkan model perkotaan dimasa depan dengan mengusung global movement paket lengkap perkotaan layak huni. Bangunan ini pun tersentralisasi dengan langsung terhubung dengan sistem transportasi massa. Arsitekturnya juga dinilai mengusung referensi nilai tradisional Islam namun secara bersamaan juga mencerminkan komunitas global yang modern. Memiliki 160 lantai, Anda juga tak perlu khawatir karena gedung ini juga memiliki elevator tercepat di duniacukup kilat dengan kecepatan 60 km/jam. Luar Biasa! Namun sayangnya di tahun 2019 nanti Burj Khalifa akan tergeser posisinya menjadi gedung tertinggi nomor dua di dunia.

Posisi #2 – Shanghai Tower, Shanghai China

Dari namanya, Anda tentu tahu dimana gedung ini berlokasi. Ya, tepat berada di Shanghai, Tiongkok gedung ini sekaligus menyabet gelar tertinggi di Asia. Mulai dengan konstruksi awal di tahun 2009, gedung tertinggi kedua di dunia Shanghai Tower ini beres pada tahun 2015 dan menggeser posisi Makkah Royal Clock Tower. Memiliki ketinggian total 623 m atau 2073 kaki, Shanghai Tower memiliki 121 lantai dengan dilengkapi elevator berkecepatan 18 meter per detik. Luar biasa! Arsitekturnya juga unik dengan mewujudkan prototype baru untuk sebuah gedung tinggi dan memiliki filosofinya tersendiri. Bentuk melengkung dan menyerupai spiral menyimbolkan bangsa Cina yang dinamis dan moderen. Rampungnya proyek Shanghai Tower Construction & Development pun melengkapi trio pencakar langit ciri khas kota Shanghai di Lujiazui Finance and Trade Zone yang diantaranya adalah Jin Mao Tower dan Shanghai World Financial Center. Shanghai Tower menawarkan gedung pencakar langit berkonsep mix used yang terdiri dari restoran, toko, dan kantor bagaikan hidup disebuah kota vertikal. Tak meninggalkan nilai tradisional kebersamaan, gedung ini memliki sky lobby sebagai pusat sosialisasi bagi penghuni dan pengunjung. Hebatnya lagi, gedung ini juga terbukti menjadi salah satu gedung paling berkelanjutan di dunia dengan kulit transparan yang melapisi gedung secara keseluruhan sehingga dapat menghemat energi dengan modulasi suhu.

Posisi #3 – Makkah Royal Clock Tower, Mekah Arab Saudi

Gedung milik Kementrian Agama Islam ini berada di jantung kota suci bagi umat muslim,  Mekah, Arab Saudi. Merupakan proyek Raja Abdul Azis, moderenisasi melalui Makkah Royal Clock Tower cukup kentara. Menjulang dengan total ketinggian 601 m atau 1972 kaki, pembangunannya dimaksudkan untuk memberikan akomodasi yang nyaman untuk jamaah yang datang setiap tahunnya saat musim haji. Kompleks Abraj Al-Bait dengan menara jam ikonik ini menghabiskan waktu 10 tahun dalam pembangunannya. Waktu penyelesaian yang lama ini dapat dimaklumi untuk ukuran gedung dengan 121 lantai. Menara jam yang ikonik pun berdiri didalam kompleks Abrajj Al-bait. Memegang rekor jam terbesar dan tertinggi kedua di dunia, jam ini kental dengan nuansa islami dengan terdapatnya tulisan “Allah Maha Besar” di sisi atas dan Al-Qur’an di sisi timur dan barat. Dipuncak menara terdapat sebuah mozaik bulan sabit emas seberat 35 kg yang menambah ikonik gedung Menara Royal Clock Tower. Pemandangan malam hari yang cantik pun memukau dengan sorotan lampu LED yang mengarah ke menara.

Posisi #4 – One World Trade Center, New York Amerika Serikat

Merupakan bangunan kantor tertinggi di Amerika Serikat, One World Trade Center mengukuhkan sentral ekonomi di kota New York dan menjadi ikon baru bagi sipil setelah terjadinya aksi teror. Arsitektur yang memadukan inovasi, desain perkotaan, keselamatan, dan berkelanjutan pun memperpanjang rekam jejak Amerika dalam tradisi konstruksi bangunan tinggi. Desain gedung yang meruncing keatas menyimbolkan masa depan dan harapan. Bentuknya yang kubik pada permukaan dasarnya dan kemudian menjulang keatas membentuk delapan segitiga sama kaki membentuk sebuah oktagon yang sempurna. Canggihnya, perkantoran 94 lantai ini langsung terhubung melalui transportasi bawah tanah. Gedung berdesain ramping setinggi 541,3 m atai 1776 kaki ini ini menjadi trio ikonik gedung New York bersama dengan dua gedung lainnya diantaranya Chrystler Building dan Empire State Building.

Posisi #5 – TAIPEI 101, Taipei Taiwan

TAIPEI 101 menjulang  tinggi 508 meter untuk bisa berada di posisi kelima terjangkung di dunia dan kedua di Asia. Gedung dengan 101  lantai ini terletak di Taipei, Taiwan dan berfungsi sebagai perkantoran dan pusat perbelanjaan. Berdiri kokoh sejak tahun 2004, bangunan pencakar langit kebanggaan masyarakat Taiwan ini sempat menjadi yang tertinggi di dunia pada masanya. Tak hanya tertinggi, bangunan ini juga termasuk kedalam jajaran salah satu bangunan berkelanjutan di dunia dan juga meraih prestasi LEED Platinum untuk operasional dan pemeliharaan gedung pada tahun 2011. Berbentuk bagaikan pagoda dengan susunan 8 tumpuk dari dasarnya, bangunan ini juga memiliki makna dari namanya yang berarti hari pertama dalam tahun baru yaitu 1 januari. Oleh karena itu, gedung ikonik Taiwan ini selalu meramaikan malam pergantian tahun dengan atraksi lampu menara yang dimatikan kemudian dihidupkan berurutan dari 8 tumpukannya pada saat countdown 8 detik menuju pergantian tahun dan kemudian dilanjutkan dengan pesta kembang api.

Posisi #6 – Shanghai World Financial Center

Pencakar langit jangkung setinggi 492 m ini adalah simbol perdagangan dan kebudayaan yang menjulang di Pudong, Shanghai. Konsep mix used yang terdiri dari 62 lantai perkantoran, pertokoan, restoran, dan juga Park Hyatt Hotel di lantai 79 hingga lantai 93 ini mampu menyabet gelar hotel tertinggi, dan sisanya hingga ke lantai 100 merupakan obsvertaorium pengunjung. Dari segi desain dan arsitektur, dengan bentuk prisma yang mewakili simbol kuno yaitu surga dan dunia, bentuk lonjong masing-masing menara mampu mengefisiensi dengan menggunakan lantai dasar untuk kantor kemudian di bagian tengahnya untuk hotel. Lift yang digunakan juga sangat cepat dengan kecepatan 63 km/jam. Tak hanya itu, fiitur yang paling menonjol adalah menara paling atas terdapat lubang sebesar 164 kaki yang berfungsi untuk mengurangi tekanan angin besar. Gedung yang masuk dalam kategori supertall yang dibangun pada tahun 1997 dan beroperasi pada tahun 2009 silam ini sekilas mirip seperti pembuka botol raksasa.

Posisi #7 – International Commerce Center, Hongkong

Kembali ke Tiongkok, Hongkong juga punya gedung supertall dengan tinggi 484 meter dan terdiri dari 108 lantai. Yang spesial, 98 persen penghuni gedungnya merupakan lembaga keuangan terkemuka di dunia. Tetap memperhatikan kelestarian lingkungan, penghematan energi juga dilakukan ICC melalui sistem terkomputerisasi untuk manajemen penggunaan energi sehingga mampu menekan penggunaan listrik sebanyak 6,4 juta kWh atau sebesar 11 persen. Masih pula diikuti dengan sistem pengaturan AC dan juga daur ulang dalam pembuangan sampahnya. Ingin merasakan sensasi berenang di kolam renang tertinggi? Disini tempatnya, karena di gedung tertinggi ke 7 di dunia International Commerce Centre ini Anda bisa merasakan berenang di kolam renang yang berada di lantai 108. Terbayang indahnya?

 

Posisi #8 – Petronas Twin Tower 1 dan 2, Kuala Lumpur Malaysia

Berada di negara tetangga, Malaysia, Petronas Twin Tower 1 dan 2 berada di posisi 8 jajaran menara tertinggi di dunia. Sempat menjadi yang terjangkung di dunia, menara ini tetap berada di nomor satu di Asia Tenggara. Malaysia pun menunjukkan taringnya untuk ikut serta dalam ekonomi global dengan keberadaan Petronas Tower sebagai simbol. Gedung bergengsi yang dibangun pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998 ini berdiri setinggi 451,9 m dengan jumlah lantai 88. Geometri budaya Islam dalam desain dan arsitekturnya yang mencerminkan warisan budaya Malaysia juga menjadi dasar dalam arsitekturnya. Sebagai menara kembar, kedua menara terlihat terikat melalui sebuah skybridge yang menghubungkan keduanya di lantai 41 dan 42, sekaligus sebagai strategi evakuasi.

 

Posisi #9 – Zifeng Tower, Nanjing China

Bangunan tertinggi di dunia selanjutnya kembali berada di China tepatnya di kota Nanjing. Tak dapat dipungkiri jika Tiongkok memegang peranan penting dalam perekonomian dunia sehingga wajar jika merajai rangking 10 gedung tertinggi di dunia dengan persentase 40 persen. Tower dengan nama lain Nanjing Greenland Financial Center ini digunakan sebagai kantor dan hotel. Dengan ketinggian 450 m atau 1476 kaki dan memiliki 66 lantai, gedung ini berhasil berada di posisi ketujuh seantero Asia. Zifeng Tower dibangun pada tahun tahun 2005 dan berhasil dirampungkan pada tahun 2010 semakin melengkapi deretan pencakar langit dengan ketinggian diatas rata-rata di Tiongkok.

 

Posisi #10 – Wilis Tower, Chicago Amerika

Dibandingkan dengan Tiongkok, Amerika Serikat memiliki pencakar langit paling banyak di dunia. Wilis Tower yang berada di Chicago ini meraih posisi kedua dengan tinggi 442,1 m dan terdiri dari 108 lantai ini rampung cukup singkat yaitu dalam jangka waktu 4 tahun dan mulai beroperasi pada tahun 1974. Skycraper dengan kategori supertall ini pun sempat menjadi yang tertinggi di dunia pada masanya dan kini menempati posisi kedua tertinggi di Amerika Serikat setelah One World Trade Center. Meskipun dibangun pada zaman yang belum berkelanjutan, elemen hemat energi mulai dipasang seperti diantaranya sistem hemat air yang dapat menghemat 38 juta liter air per tahun dan perabot dengan daya listrik rendah. Namun jangan salah, konstruksi bangunannya menerapkan metode efisiensi yang mencakup lantai luas untuk perkantoran dan berbagai lantai yang lebih kecil untuk tenant terbukti ekonomis dan diadaptasi oleh pencakar langit di zaman selanjutnya seperti Burj Khalifa.

Daftar 100 gedung tertinggi di dunia saat ini

# Nama Gedung Kota Negara Tinggi (meter) Jumlah Lantai Tahun Dibangun
Sky Mile Tower Tokyo Bay Jepang 1700 m 2045
1 Kingdom Tower Jeddah Arab Saudi 1000 m 205 2019
Sky City Changsa China 838 m 202 berhenti
2 Burj Khalifa Dubai UAE 828 m 162 2010
3 Wuhan Riverfront Erqi Tower Wuhan China 808 m 121 akan
4 Qianhai Tower Shenzhen China 800 m akan
5 Bengaluru Turf Tower Bengaluru India 660 m 156 akan
6 KL118 Kuala Lumpur Malaysia 644 m 123  sedang
7 Signature Tower Jakarta Jakarta Indonesia 638 m 113 2020
8 Wuhan Greenland Center Wuhan China 636 m 125 2017
9 Shanghai Tower Shanghai China 632 m 128 2015
10 Rama IX Super Tower Bangkok Thailand 615 m 130 2021
11 Lanco Hills Signature Tower Hyderabad India 600 m 112 akan
12 Makkah Royal Clock Tower Hotel Mekkah Arab Saudi 601 m 120 2012
13 Kingkey Jingdou Shenzhen China 600 m akan
14 Baishizhou Redevelopment Tower 1 Shenzhen China 600 m akan
14 Ping An Finance Center Shenzhen China 600 m 115 2016
16 Goldin Finance 117 Tianjin China 596.5 m 114 2018
17 Baoneng Shenyang Global Financial Center Shenyang China 568 m 128 2016
18 Lotte World Tower Seoul South Korea 555 m 123 2016
19 Global Business Center Seoul South Korea 553 m 105 2021
19 One World Trade Center New York Amerika 541 m 104 2014
20 Al Noor Tower Tangier Morocco 540 m 114 2018
21 CTF Finance Centre Guangzhou China 530 m 111 2016
21 Tianjin Chow Tai Fook Binhai Center Tianjin China 530 m 97 2018
12 Zhongguo Zun Beijing China 528 m 108 2018
23 Dalian Greenland Center Dalian China 518 m 88 2018
24 Taipei 101 Taipei Taiwan 508 m 101 2004
25 Shanghai World Financial Center Shanghai China 492 m 101 2008
26 Hengqin Headquarters Tower 2 Zhuhai China 490 m 106 2017
27 International Commerce Centre Hong Kong China 484 m 108 2010
28 Nordstorm Tower New York Amerika 472 m 99 2018
29 Chengdu Greenland Tower Chengdu China 468 m 100 2018
29 International Commerce Center 1 Chongqing China 468 m 100 2017
29 Guangdong Building Tianjin China 468 m 91 2018
30 Lakhta Center Saint Petersburg Russia 463 m 86 2018
31 Riverview Plaza A1 Wuhan China 460 m 82 2017
32 Changsha IFS Tower T1 Changsha China 452 m 88 2017
32 Petronas Tower 1 Kuala Lumpur Malaysia 452 m 88 1998
32 Petronas Tower 2 Kuala Lumpur Malaysia 452 m 88 1998
33 Suzhou IFS Suzhou China 450 m 95 2017
33 Zifeng Tower Nanjing China 450 m 66 2010
34 China Resources Centre Block A Nanning China 445 m 90 2018
35 Sears Tower Chicago Amerika 442 m 108 1974
36 World One Mumbai India 442 m 117 2016
37 KK100 Shenzhen China 442 m 100 2011
38 Guangzhou International Finance Center Guangzhou China 439 m 103 2010
39 111 West 57th Street New York Amerika 438 m 82 2017
40 Wuhan Center Wuhan China 438 m 88 2016
41 106 Tower Dubai UAE 433 m 107 2018
42 Dongguan International Trade Center 1 Dongguan China 427 m 88 2018
43 Marina 101 Dubai UAE 427 m 101 2015
44 432 Park Avenue New York Amerika 426 m 85 2015
45 Trump International Hotel & Tower Chicago Amerika 423 m 98 2009
46 Jin Mao Tower Shanghai China 421 m 88 1999
47 Princess Tower Dubai UAE 413 m 101 2012
48 Al Hamra Tower Kuwait City Kuwait 413 m 80 2011
48 Two International Finance Centre Hong Kong Hong Kong 412 m 88 2003
48 LCT Landmark Tower Busan South Korea 412 m 101 2018
49 GIFT Diamond Tower Ahmedabad India 410 m 87 2017
50 Huaguoyuan Tower 1 Guiyang China 406 m 64 2017
50 Huaguoyuan Tower 2 Guiyang China 406 m 64 2017
51 23 Marina Dubai UAE 395 m 89 2012
52 CITIC Plaza Guangzhou China 391 m 80 1997
53 Capital Market Authority Headquarters Riyadh Arab Saudi 385 m 77 2015
54 Shun Hing Square Shenzhen China 384 m 69 1996
55 Eton Place Dalian Tower 1 Dalian China 383 m 81 2015
56 Burj Mohammed bin Rashid Abu Dhabi UAE 381.2 m 88 2014
57 Empire State Building New York Amerika 381 m 102 1931
58 Elite Residence Dubai UAE 380.5 m 87 2012
59 Central Plaza Hong Kong Hong Kong 374 m 78 1992
59 Federation Tower (East Tower) Moskow Russia 374 m 95 2015
60 Dalian International Trade Center Dalian China 370.1 m 86 2016
60 The Address the BLVD Dubai UAE 368 m 72 2016
60 Bank of China Tower Hong Kong Hong Kong 367 m 70 1990
60 Bank of America Tower New York Amerika 366 m 54 2009
60 Almas Tower Dubai UAE 363 m 68 2009
61 JW Marriott Marquis Dubai Tower 1 Dubai UAE 355 m 82 2012
61 JW Marriott Marquis Dubai Tower 2 Dubai UAE 355 m 82 2012
62 Emirates Office Tower Dubai UAE 354.6 m 54 2000
63 OKO Tower – South Tower Moskow Russia 354 m 85 2015
64 The Marina Torch Dubai UAE 352 m 86 2011
65 Forum 66 Tower 2 Shenyang China 351 m 68 2015
66 The Pinnacle Guangzhou China 350.3 m 60 2012
67 Tuntex Sky Tower Kaohsiung Taiwan 347 m 85 1997
68 Aon Center Chicago Amerika 346.3 m 83 1973
69 The Center Hong Kong Hong Kong 346 m 73 1998
70 John Hancock Center Chicago Amerika 344 m 100 1969
71 ADNOC Headquarters Abu Dhabi UAE 342 m 76 2015
71 Ahmed Abdul Rahim Al Attar Tower Dubai UAE 342 m 76 2015
72 The Wharf Times Square Wuxi China 339 m 68 2014
73 Chongqing World Financial Center Chongqing China 338.9 m 78 2014
74 Mercury City Tower Moskow Russia 338.8 m 75 2012
75 Tianjin Modern City Office Tower Tianjin China 338 m 65 2015
76 Tianjin World Financial Center Tianjin China 337 m 79 2010
77 Twin Towers Guiyang, East Tower Guiyang China 335 m 74 2017
77 Twin Towers Guiyang, West Tower Guiyang China 335 m 74 2017
78 Shimao International Plaza Shanghai China 333 m 61 2005
78 Rose Tower Dubai UAE 333 m 72 2007
79 Minsheng Bank Building Wuhan China 331 m 68 2008
80 China World Trade Center Tower 3 Beijing China 330 m 74 2009
80 Ryugyong Hotel Pyongyang Korea Utara 330 m 105 1992
81 Hon Kwok City Center Shenzhen China 329.4 m 80 2015
82 Keangnam Hanoi Landmark Tower Hanoi Vietnam 328.6 m 72 2012
83 Al Yaqoub Tower Dubai UAE 328 m 69 2013
83 Longxi International Hotel Huaxi Village China 328 m 72 2011
84 Wuxi Suning Plaza 1 Wuxi China 328 m 68 2014
85 The Index Dubai UAE 326 m 80 2010
86 The Landmark Abu Dhabi UAE 324 m 72 2012
86 Deji Plaza Phase 2 Nanjing China 324 m 62 2013
87 Yantai Shimao No.1 The Harbour Yantai China 323 m 59 2015
88 Q1 Gold Coast Australia 322.5 m 80 2005
89 Wenzhou World Trade Center Wenzhou China 322 m 68 2010
90 Guangxi Finance Plaza Nanning China 321 m 68 2016
90 Burj Al Arab Dubai UAE 321 m 60 1999
91 Nina Tower Hong Kong Hong Kong 320.4 m 80 2007
92 Sinar Mas Center 1 Shanghai China 319.6 m 66 2016
93 Chrysler Building New York Amerika 318.9 m 77 1930
93 Global City Square Guangzhou China 318.9 m 67 2015
94 New York Times Building New York Amerika 318.8 m 52 2007
95 HHHR Tower Dubai UAE 317 m 72 2010
96 Chongqing IFS T1 Chongqing China 316 m 65 2016
97 Nanjing International Youth Cultural Centre Tower 1 Nanjing China 315 m 68 2015
98 MahaNakhon Bangkok Thailand 314.2 m 75 2016
99 Bank of America Plaza Atlanta Amerika 312 m 55 1992
100 Moi Center Shenyang China 311 m 75 2012
101 U.S. Bank Tower Los Angeles Amerika 310.3 m 73 1989
102 Menara Telekom Kuala Lumpur Malaysia 310 m 55 2001
103 Ocean Heights Dubai UAE 310 m 82 2010
104 Fortune Center Guangzhou China 309.4 m 73 2015
105 Pearl River Tower Guangzhou China 309.4 m 71 2011
106 Jumeirah Emirates Towers Hotel Dubai UAE 309 m 56 2000
107 Stalnaya Vershina Moskow Russia 308.9 m 72 2015
108 Burj Rafal Riyadh Arab Saudi 308 m 68 2013
109 Wanda Plaza 1 Kunming China 307 m 70 2016
110 Wanda Plaza 2 Kunming China 307 m 70 2016
111 Franklin Center Chicago Amerika 306.9 m 60 1989
112 Cayan Tower Dubai UAE 306.4 m 76 2013

*sedang dibangun, *akan dibangun (sumber: skyscraperpage.com)

Calon Gedung Tertinggi di Dunia yang Sedang Dibangun

Seakan tak puas dengan gedung-gedung tertinggi yang sudah ada, pengembang konstruksi gedung di belahan dunia masih berlomba-lomba membangun gedung pencakar langit. Misalnya saja, proyek The Kingdom Tower di Saudi Arabia yang diperkirakan akan selesai pada taun 2017. Dibangun di Jeddah, gedung ini digadang-gadang akan mengalahkan tinggi Burj Khalifa. Pondasi gedung ini mencapai 100 meter, sedangkan ketinggian The Kingdom Tower sendiri akan mencapai 999 meter! Biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan gedung ini sekitar $1.2 milyar dan arsitek yang merancang pencakar langit ini yaitu Adrian Smith & Gordon Gill. Tidak kalah juga baru saja tahun ini diresmikan pembangunan Sky Mile Tower di Tokyo Bay, Jepang yang memiliki ketinggian 1,7 kilometer, nyaris dua kali lipat Kingdom Tower.

Sky Mile Tower, Jepang

Pada tahun 2045 nanti, Sky Mile Tower Jepang akan menjadi calon gedung tertinggi di dunia, mengalahkan Kingdom Tower dan Burj Khalifa. Gedung serba canggih ini akan memiliki lift tanpa kabel yang bisa bergerak secara vertikal maupun horizontal. Dirancang oleh arsitek Kohn Pedersen Fox dan perusahaan arsitek Leslie E. Robertson Associates, gedung yang berlokasi di Tokyo Bay ini akan cukup untuk menampung setengah juta orang.

The Kingdom Tower, Saudi Arabia

Dibangun di Jeddah, inilah gedung yang direncanakan mengambil gelar gedung tertinggi dari Burj Khalifa. Bagaimana tidak? Kingdom Tower direncanakan akan menjulang hingga 1 kilometer dari tanah! Gedung yang terletak di kota Laut Merah ini, awalnya, dirancang setinggi 1.6 kilometer. Namun, hal itu dibatalkan karena faktor geologi lokal yang tidak cocok. Kingdom Tower yang memakan biaya hingga US$ 1.2 miliar ini diperkirakan baru rampung pada tahun 2017. Cukup lama dan ini bisa dimaklumi. Bagaimanapun, tidak mudah untuk memompa beton basah setengah mil  ke udara. Belum lagi jika harus membangun pondasi dan menyusun kerangka untuk gedung yang memiliki 167 lantai ini.

Azerbaijan Tower, Azerbaijan

Azerbaijan Tower adalah proyek pencakar langit yang berada di Khazar Islands dan akan memiliki tinggi 1.051 meter dengan 189 lantai. Diperkirakan akan selesai pada tahun 2019, pengerjaan gedung ini menelan biaya sekitar US$2 milyar. Gedung ini digagas oleh seorang aristokrat di Azerbaijan, yaitu Ibrahim Ibrahimov. Menara berbentuk silinder ini akan memiliki 8 hotel di dalamnya dan tentu saja menjadi pusat bisnis di masa yang akan datang.

Sky City, China

Tahun lalu, karena isu keamanan dalam negeri dan kurangnya persetujuan pemerintah, pengerjaan “Sky City” mendadak dihentikan. Padahal, gedung yang didirikan di China ini—tepatnya kota Changsha—akan menawarkan berbagai fasilitas menarik bagi warga Tiongkok. Sebut saja: sekolah, rumah sakit, fasilitas kantor, 17 helipad dan apartemen untuk 30 ribu orang lebih. Wow! Tak heran, gedung ini menelan biaya US$ 1.46 miliar. Kini, pembangunan gedung setinggi 838 meter ini telah kembali dilanjutkan. Pemiliknya berjanji, Sky City akan selesai pada akhir tahun 2014.

Signature Tower, Indonesia

Siapa yang sangka, Signature Tower yang akan menjadi gedung tertinggi kelima di dunia itu berada Indonesia? Gedung setinggi 637 meter dengan 111 lantai ini diprediksi mengambil gelar gedung tertinggi se-Asia Tenggara dari tangan Menara Petronas, yang tingginya hanya 452 meter dengan 88 lantai. Berlokasi di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Signature Tower direncanakan menggabungkan hotel mewah, observatorium, ruang kantor, pusat konferensi dan pusat perbelanjaan dalam satu gedung. Tak mengherankan bila biayanya pembangunannya mengalahkan Kingdom Tower dan Sky City, yakni US$ 2 miliar. Terletak di salah satu zona seismik paling aktif di dunia, bangunan dengan desain berbasis kinerja ini dijadwalkan selesai tahun 2020.

Philippine Diamond Tower, Filipina

Di negara tetangga, Filipina, juga terdapat proyek pembangunan gedung tertinggi di dunia yang sedang berlangsung. Adalah Philippine Diamond Tower diperkirakan selesai tahun 2019 mendatang akan memiliki ketinggian 612 meter. Ketinggian gedung ini sengaja dibuat 612 meter, karena Hari Kemerdekaan Filipina diperingati setiap bulan ke 6 (Juni) tanggal 12. Dipersiapkan menjadi landmark seluruh negara Filipina, perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam proyek pembangunan ini sangat yakin bahwa Philippine Diamond Tower akan selesai tepat waktu dalam 3 tahun.

Rama IX Super Tower, Thailand

Tak ketinggalan, Negeri Gajah Putih – Thailand juga memiliki sebuah proyek pembangunan gedung pencakar langit yang bernama Rama IX Super Tower. Ketinggian bangunan ini adalah 615 meter dengan jumlah 125 lantai . Didesain oleh Architects 49 Ltd, proyek ini berlokasi di Grand Square, Rama IX Road. Di dalam gedung ini nantinya akan terdapat serviced apartment, hotel, ruang perkantoran dan juga pusat perbelanjaan. Konstruksi gedung ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2021.

Baca lebih lanjut disini tentang gedung tertinggi di Indonesia