Daftar Mudik Gratis 2019 Terlengkap

Ilustrasi mudik (Foto: Pixabay)

Permasalahan yang kerap dialami oleh masyarakat kita ketika ingin pergi ke kampung halaman adalah mahalnya harga tiket transportasi. Namun tidak perlu khawatir, bagi Anda yang saat ini ingin melakukan aktivitas mudik, sekarang sudah banyak perusahaan yang melakukan kegiatan mudik gratis.

Kegiatan ini dilakukan baik oleh perusahaan swasta ataupun pemerintah dengan menggunakan moda transportasi kapal laut, bus, hingga kereta api. Acara ini tentunya bisa menjadi angin segar bagi masyarakat yang ingin bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung dengan biaya yang terjangkau.    

Nah bagi Anda yang saat ini ingin mengikuti kegiatan pulang kampung cuma-cuma, berikut ini adalah daftar acara yang bisa Anda ikuti :      

Mudik Gratis Departemen Perhubungan

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Departemen Perhubungan tahun 2019 juga mengadakan mudik bersama gratis, kegiatan tersebut dilakukan dengan menggunakan moda transportasi kereta api, kapal laut dan dan bus. Untuk pendaftarannya sendiri sangat sederhana Anda hanya membuka website Dephub kemudian memilih jenis kendaraan yang digunakan dengan syarat pendaftaran Kartu Keluarga, KTP dan STNK .  

Mudik Gratis Pelindo

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) mengadakan acara gratis mudik untuk masyarakat, tahun ini mereka menyiapkan 17.500 tiket mudik yang diperuntukan menjadi 2000 tiket kapal laut dan 15.000 karcis kapal. Cara mendaftarnya sangat mudah, Anda hanya membuka website Pelindo dan memilih tujuan kampung halaman serta jadwal kepulangan.         

Mudik Gratis Jasa Raharja

PT Jasa Raharja (Persero) tahun 2019 ini juga mengadakan program mudik, mereka menyediakan 85 rute pulang kampung bersama dengan pilihan menggunakan bis atau kereta api. Sama seperti perusahaan lainnya, proses pendaftaran program ini bisa dilakukan menggunakan online yaitu tinggal mengklik portal Jasa Raharja di sana kemudian Anda hanya memilih kota yang dituju kemudian masukan nomor telepon.

Mudik Gratis Pemprov Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan kegiatan mudik bersama, acara tersebut nantinya akan diadakan tanggal 30 Mei. dalam program itu pemprov telah menyediakan tiket bus gratis sebanyak 16.578 orang. Untuk mengikuti kegiatan ini, pemudik bisa mendaftar diri melalui situs Pemprov Jakarta kemudian mengisi kolom no KTP, nama lengkap, jenis kelamin, alamat, nomor telepon, alamat email dan kota tujuan.

Mudik Gratis KAI         

Tahun 2019, PT KAI membuat kegiatan mudik bersama, kali ini mereka menyediakan 2.500 kursi kereta cuma-cuma. Angka tersebut lebih besar sekitar 65% dari kuota tahun 2018 lalu. Jika Anda tertarik mengikuti ke kegiatan tersebut, bisa melihatnya di website KAI dengan syarat harus memiliki identitas diri seperti KTP, SIM, pasport.

Mudik Garuda Indonesia

Garuda Indonesia membuat acara pulang kampung bersama dengan menggunakan bis, dengan tujuan rute Bandar Lampung, Wonogiri, Solo, Surabaya, Klaten hingga Rembang. Proses pendaftarannya dimulai pada tanggal 4 April 2019 dan akan ditutup pada tanggal 12 Mei 2019, untuk info lebih lanjut bisa lihat di sini           

Mudik Askrindo

PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) mengadakan event pulang kampung bersama gratis, mereka menyediakan tiket gratis menuju berbagai kota di Indonesia mulai dari Sibolga, Yogyakarta, Klaten, Surabaya, Wonogiri, Medan, Semarang dengan kota keberangkatan dari Jakarta, Batam, Medan hingga Palangkaraya. Jenis kendaraan yang digunakan adalah bus dan kapal laut.