Ulasan Jembatan Terpanjang di Dunia, Nomor 7 Bikin Takjub!

Jembatan Terpanjang di Dunia
Ilustrasi Foto: Pixabay

Ulasan jembatan terpanjang di dunia. 

Perkembangan berbagai sektor di dunia terus terjadi, salah satunya pada infrastruktur. Dulu, perjalanan terhambat akibat kondisi geografis. Tetapi kini bukan sudah menjadi masalah lagi. Hal tersebut dikarenakan jembatan yang melewati pemukiman, hutan, bahkan laut sudah dibangun.

Dan kalau Anda belum tahu, di setiap negara sudah memiliki jembatan andalannya masing-masing. Bahkan, beberapa dari mereka sudah diberi label sebagai jembatan terpanjang di dunia. Kira-kita apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini:

Atchafalaya Basin Bridge

Jembatan Atchafalaya Basin atau yang disebut juga sebagai Louisiana Airborne Memorial Bridge adalah jembatan paralel yang menghubungkan Amerika Serikat dengan Louisiana. Dibangun di atas rawa dengan panjang 29.9 km dan termasuk ke dalam jembatan terpanjang nomor tiga di Amerika Serikat.

Jembatan Kereta Maglev Shanghai

Jembatan terpanjang selanjutnya ini didesain untuk kereta cepat. Kereta cepat ini bernama Maglev dan dapat melaju dengan kecepatan 600 km/jam. Berlokasi di Cina yang menghubungkan antara Kota Shanghai dengan Shanghai Pudong International Airport. Kalau Anda menaiki kereta dan melintasi jembatan ini, akan sangat efisien dan cepat!

Jembatan Donghai

Masih berada di Cina, Jembatan Donghai atau yang disebut juga sebagai Daqiao juga masuk ke jembatan terpanjang di seluruh dunia. Memiliki panjang 30.5 kilometer yang terhubung dari daratan Shanghai ke Pelabuhan Laut Yangshan.

Jembatan Terpanjang di Dunia Runyang Bridge

Runyang Bridge (Runyang Changjiang Daqiao) memiliki panjang 32.5 kilometer. Melintasi Sungai Yangyze di Provinsi Jiangsu, Cina. Tidak hanya panjang, tetapi juga unik. Hal tersebut dikarenakan kedua jembatan terhubung oleh sebuah pulau bernama Pulau Shiyezhou. Selama perjalanan, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan yang sangat indah.

Jembatan Teluk Hangzhou

Melihat jembatan trans samudra, sebuah jembatan yang menghubungkan Jiaxing dan Ningbo bernama Jembatan Teluk Hangzhou dinobatkan menjadi jembatan trans samudra terpanjang di dunia. 

Jembatan ini selesai pada Juni 2007 dan mulai digunakan pada Mei 2008. Dengan panjang 35.6 kilometer melintasi samudra, Hangzhou Bay Bridge memperpendek perjalanan dari Jiaxing ke Ningbo yang tadinya empat jam menjadi dua jam saja.

Jembatan Grand Tianjin

Pada tahun 2011, Jembatan Grand Tianjin dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di dunia. Memiliki panjang sekitar 113,7 kilometer yang menghubungkan dua kota, Langfang dan Qingxian. 

Hal yang unik adalah jembatan ini tidak hanya dilewati oleh kendaraan roda dua dan empat saja, tetapi juga hingga kereta api.

Jembatan Grand Danyang

Kini, title jembatan terpanjang di dunia diberikan kepada Jembatan Grand Danyang. Tercatat di Guiness Book of World Records, jembatan ini memiliki panjang 164,8 kilometer yang menghubungkan kota Beijing dan Shanghai. 

Selama perjalanan, Anda akan melewati sawah, sungai, danau, dan hutan sehingga dapat menikmati pemandangan yang sangat indah.