Cek Sertifikat Tanah Bisa Pakai Aplikasi BPN Online

(picture by fanycrave1/pixabay)

Sekarang mengecek asli atau palsunya sertifikat tanah tidak perlu repot-repot lagi untuk datang ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), karena Anda bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi BPN online yang diberi nama sentuh ATRBPN.

Melalui aplikasi BPN tersebut, Anda bisa melakukan berbagai hal mulai dari mengecek keaslian sertifikat, mengecek proses pembuatan balik nama sertifikat, serta mendapatkan informasi dan biaya untuk mengurus sertifikat.

Aplikasi BPN online ini memang sengaja dibuat untuk memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan sertifikat tanah. Contohnya seperti untuk mengecek keaslian sertifikat, Anda tinggal mengklik menu info sertifikat, kemudian masukan nomor Hak, nomor sertifikat, nomor surat ukur. Setelah itu Anda pun bisa langsung mengetahui serfikat Anda

Di dalam aplikasi BPN online tersebut juga terdapat menu “Informasi Berkas”. Menu ini dapat digunakan untuk mengetahui informasi berkas secara online yang didaftarkan di seluruh Kantor Pertanahan di Indonesia yang telah terdaftar secara online. Caranya sangat sederhana, tinggal meng klik menu Info Berkas, setelah masuk Anda diwajibkan untuk mengisi kantor pertanahan tempat Anda melakukan proses pembuat sertfikat, nomor berkas, tahun berkas dan PIN.

Tidak hanya itu, di dalam aplikasi BPN ini pun Anda bisa mendapatkan informasi tentang syarat dan biaya untuk proses balik nama sertifikat, membuat sertifikat hibah, mengganti sertipikat karena rusak, mengubah sertifikat HGB menjadi SHM dan lain-lain.

Menariknya lagi, bagi Anda yang ingin mengetahui status serfikat tanah tempat tinggal, Anda juga bisa mengunjungi peta.bpn.go.id. Melalui situs tersebut Anda bisa melihat peta area rumah dengan lengkap beseta informasi status tanah yang tercatat di BPN. Bentuk informasi tersebut ditampilkan dengan bentuk peta sangat detail, berikut dengan informasi tanah seperti Hak Milik, Hak Guna Usaha, Hak Guna Bangunan, Hak Pengelolaan, Hak Wakaf hingga Tanah Adat.

Cara Menggunakan Aplikasi BPN Online

Download BPN Online  

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload BPN online, aplikasi tersebut diberi nama “Sentuh Tanahku”. Setelah itu registrasi, dengan menuliskan dikolom user name, alamat email beserta password. Setelah itu Anda akan mendapatkan email balasan kemudian bisa langsung menggunakan aplikasi. 

Mengecek Keaslian Sertifikat Tanah

Jika ingin mengecek keaslian sertifikat yang dimiliki, bisa mengklik menu “Info Sertipikat” kemudian klik daftar sertipikat setelah itu akan muncul data lengkap sertipikat yang dimiliki, jika data tersebut tidak muncul maka sertipikat yang dimiliki tidak terdaftar di kantor BPN.          

Mengecek Proses Pembuatan Sertifikat          

Bagi mereka yang sedang dalam proses pembuatan sertifikat di kantor BPN dan ingin mengertahui bagai proses pembuatan berlangsung bisa menggunakan aplikasi ini. Caranya sederhana, klik menu “Informasi Berkas” kemudian isi kolom lokasi kantor BPN yang mengerjakan sertifikat, masukan nomor berkas dan tahun pembuatan. setelah akan muncul informasi lengkap tentang kapan sertipikat akan selesai dibuat.       

Cara Mempetakan Tanah yang Dimiliki

Caranya klik menu “Plot Bidang Tanah” kemudian masukan data informasi tanah, kemudian klik simbol data plotting, cari lokasi tanah, arahkan kursor ke lahan Anda dan klik simpan plot lalu foto sertifikat dan kirim. Plot tanah selesai kemudian BPN akan memverifikasi bidang tanah yang  diajukan.