Ini Dia Cara Pasang Antena TV di Rumah, Jangan Salah Ya!

Illustrasi Cara Pasang Antena TV

Apa Fungsi Antena TV?

Antena TV adalah alat yang berfungsi untuk menangkap sinyal TV. Dengan adanya antena, maka kualitas gambar atau tayangan televisi menjadi lebih jernih dan suaranya pun jadi lebih jelas.

Perlu diketahui, saat ini ada berbagai macam antena TV pilihan masyarakat Indonesia. Mulai dari antena tiang hingga antena dengan bentuk lainnya. Pada artikel ini akan dibahas cara memasang semua jenis antena yang umum digunakan.

Lihat Juga: Daftar Apartemen Tree Park City Termurah

 

Cara Pasang Antena TV

Bagi Anda yang belum tahu, beginilah cara mudah pasang antena TV di rumah:

  • Pilih Jenis Antena

Ada beberapa jenis antena TV yang bisa Anda pilih. Pilihlah sesuai kebutuhan dan juga kemudahan, apakah antena TV dalam ruang / indoor, atau antena televisi luar ruang. Jika rumah Anda berada dekat dengan stasiun pemancar, maka antena indoor sudah cukup. Namun apabila rumah Anda jauh dari stasiun pemancar, maka pilihlah antena jenis outdoor.

  • Pastikan Jenis Konektor Antena

Saat memilih kabel antena, pastikanlah terlebih dahulu konektor yang akan digunakan. Sebab terdapat dua jenis konektor yakni RF yang memiliki lubang di bagian tengah dan IEC yang memiliki silinder di bagian tengah.

Lihat Juga: Daftar Perumahan Griya Pesona Asri Termurah

  • Hubungkan Antena dengan TV

  1. Pertama, matikan terlebih dahulu televisi Anda dan cabut daya listriknya. Ini untuk menjaga keselamatan Anda dari bahaya setrum dan juga mencegah kerusakan pada TV maupun antena. 
  2. Tancapkan antena ke port input pada bagian belakang atau samping TV kemudian kencangkan. Apabila menggunakan kabel tambahan, sambungkan kabel tersebut ke antena serta port televisi.
  3. Nyalakan kembali TV Anda, kemudian pindai ulang saluran televisi, agar bisa tahu channel mana saja yang kini sudah tersedia di televisi Anda.
  4. Atur letak antena (jika indoor) sesuai kebutuhan atau kejernihan yang diinginkan.

Baca juga : Opsi Smart TV Terbaik 2022